TRANSFORMASI DIGITAL SEBAGAI BAGIAN DARI STRATEGI PEMASARAN DI RUMAH SAKIT SILOAM PALANGKA RAYA TAHUN 2020

Kevin Chrisanta Budiyatno

Abstract


Transformasi digital dalam bidang pelayanan kesehatan diterapkan melalui pendekatan berbasis teknologi demi meningkatkan pelayanan kesehatan yang terpusat pada pasien. Dalam kaitannya dengan rencana strategis pemasaran, maka transformasi digital tercakup di dalam bauran pemasaran produk, promosi, dan tempat/distribusi. Penilaian pengembangan teknologi pelayanan kesehatan bisa didasarkan pada tujuh area besar, yaitu 1) Manajemen teknologi informasi kesehatan terintegrasi; 2) Citra medis (medical images); 3) Rekam medis elektronik; 4) Teknologi informasi dan gawai yang bersifat portable; 5) Akses terhadap e-Health; 6) Telemedicine; serta 7) Kerahasiaan data medis. Transformasi digital di Rumah Sakit Siloam Palangka Raya menunjukkan dampak perbaikan dalam hal efisiensi biaya dan alur proses, namun belum mampu menunjukkan cakupan adopsi pemanfaatan yang memuaskan berkaitan dengan latar belakang pemahaman masyarakat akan teknologi. Meskipun demikian, transformasi digital dapat dijadikan sebagai bagian dari strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah kunjungan pasien ke rumah sakit.

Keywords


Transformasi digital; stragegi pemasaran; rumah sakit

Full Text:

PDF

References


Gillpatrick, T. (2019) ‘The Digital Transformation of Marketing: Impact on Marketing Practice & Markets’, Economics, 7(2), pp. 139–156. doi: 10.2478/eoik-2019-0023.

Kraus, S., Jones, P., et al. (2021) ‘Digital Transformation: An Overview of the Current State of the Art of Research’, SAGE Open, 11(3). doi: 10.1177/21582440211047576.

Kraus, S., Schiavone, F., et al. (2021) ‘Digital transformation in healthcare: Analyzing the current state-of-research’, Journal of Business Research, 123, pp. 557–567. doi: 10.1016/j.jbusres.2020.10.030.

Marques da Rosa, V. et al. (2021) ‘Digital technologies: An exploratory study of their role in the resilience of healthcare services’, Applied Ergonomics, 97(July), p. 103517. doi: 10.1016/j.apergo.2021.103517.

Marques, I. C. P. and Ferreira, J. J. M. (2020) ‘Digital transformation in the area of health: systematic review of 45 years of evolution’, Health and Technology, 10(3), pp. 575–586. doi: 10.1007/s12553-019-00402-8.

Mehta, A. et al. (2020) ‘The New Era of Digital Transformation in Healthcare: “Emerging Technologies for Value-Centered Marketing in Healthcare Ecosystem”’, European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 07(11), pp. 5310–5316.

Syed, M. et al. (2021) ‘Essentials of Healthcare Marketing’, Asian Journal of Medicine and Health, (April), pp. 73–79. doi: 10.9734/ajmah/2021/v19i230306.

Trinugroho, I. et al. (2021) ‘Adoption of digital technologies for micro and small business in Indonesia’, Finance Research Letters, (May), p. 102156. doi: 10.1016/j.frl.2021.102156.




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v8i2.5547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.