STRATEGI STP DAN 4P PADA MARKETING PRODUK LAYANAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT SULTAN IMANUDDIN PANGKALAN BUN DI ERA PANDEMI COVID-19

Noormaya Sari, Nyoman Maha Dwi Udiyana, Maya Khrisna Silahartini

Abstract


Pandemi COVID-19 berdampak luas pada pemasaran produk maupun jasa rumah sakit. Tujuan penelitian ini  untuk menganalisis sejauh mana produk layanan rawat jalan di Rumah Sakit Sultan Imanuddin dapat memenuhi kebutuhan pengguna layanan dan menentukan strategi pemasaran apa yang cocok dalam memasarkan produk layanan rumah sakit di masa pandemi COVID-19. Metode: Studi ini merupakan mixed method, penelitian deskriptif  dikombinasikan dengan pendekatan kualitatif. Hasil: Berdasarkan strategi STP, RSUD Sultan Imanuddin  menggunakan segmentasi demografi,geografi, prikografi dan perilaku. Targeting dilakukan berdasarkan wilayah dan kepesertaan asuransi. Dari segi posisioning, meskipun RSUD sultan Imanuddin memposisikan diri sebagai Rumah Sakit Umum. Walaupun menangani pasien Covid, namun pelayanan non covid masih tetap dipertahankan. Berdasarkan konsep 4P (Produk, Price, Place dan Promotion) yang dilakukan sudah cukup baik, namun perlu ditambah spesifikasi jenis layanan lain sesuai kebutuhan  masyarakat. Kesimpulan: Strategi STP dan 4P di RSUD Sultan Imanuddin sudah cukup baik. Namun perlu sosialisasi lebih lanjut kepada masyarakat terkait pemisahan lokasi layanan covid dan non covid, serta pelaksanaan protokol kesehatan yang telah dilakukan dengan baik, dengan harapan dapat mengurangi ketakutan masyarakat untuk datang berobat

Keywords


Marketing; STP; 4P; Pandemi COVID-19

Full Text:

PDF

References


Adeola, O., Ehira, D. and Nworie, A. (2019) ‘5 Segmentation, Targeting, and Positioning in Healthcare’, in Health Service Marketing Management in Africa. Productivity Press, pp. 45–55.

Adiputra, P. A. T. (2020) ‘Dampak Pandemi COVID-19 pada Pelayanan Pasien Kanker di Rumah Sakit Tersier di Indonesia: Serial Kasus’, JBN (Jurnal Bedah Nasional), 4(1), p. 29. doi: 10.24843/jbn.2020.v04.is01.p07.

Amriani, A.; Arifin, MA.; Marzuki, D. (2020) ‘Article history : Received : 14 Agustus 2020 Rumah sakit di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat , pada awalnya ( nirlaba ) namun selanjutnya berubah menjadi salah satu badan usaha yang berorientasi pada profit . melakukan strategi’, 01(03), pp. 176–187.

Bruwer, J. and Li, E. (2017) ‘Domain-specific market segmentation using a latent class mixture modelling approach and wine-related lifestyle (WRL) algorithm’, European Journal of Marketing. Emerald Publishing Limited.

Kartajaya, Hermawan;Kotler, Philip, Setiawan, I. (2017) Marketing 4.0 Bergerak Dari Tradisional Ke Digital. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip ; Keller, K. L. (2009) Manajemen Pemasaran. Edisi ke-1. Edited by W. Maulana, Adi; Hardani. Erlangga.

Mangunkusumo, C. et al. (no date) ‘Pengaruh Pelaksanaan CODE STEMI Terhadap Strategi Pemasaran RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo’, 6.

Ulfah, M., Rachmi, A. T. and Yuniarinto, A. (2013) ‘Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Rawat Jalan di Rumah Sakit Bina Sehat Jember’, Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(3), pp. 384–391.

Wongtanasarasin, W. et al. (2020) ‘Impact of national lockdown towards emergency department visits and admission rates during the COVID-19pandemic in Thailand: A hospital-based study’, EMA - Emergency Medicine Australasia. doi: 10.1111/1742-6723.13666.




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v8i1.4670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.