STRATEGI PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN PELAYANAN KLINIK ESTETIKA

Maria Wahyu Daruki, I Nyoman Gede Bayu Wiratama Suwedia

Abstract


Latar Belakang: Pelayanan Estetika semakin bertumbuh di banyak kota besar dan kota berkembang di Indonesia. Hal ini di sebabkan kecenderungan masyarakat yang ingin memperbaiki penampilan secara fisik. Dalam  era jaminan kesehatan nasional rumah sakit swasta juga harus meningkatkan dan menambah layanan kepada klien dengan tetap mempertahankan pelayanan yang sudah baik sebelumnya serta menambah layanan baru dimana dapat menjadi sumber pendapatan lain buat rumah sakit. Pelayanan yang diberikan dengan mottto dari Rumah Sakit Bhakti Rahayu Denpasar “kami peduli dan kami melayani” Rumah Sakit Bhakti Rahayu Denpasar ingin dapat memberikan pelayanan kecantikan dan perawatan kulit kepada masyarakat pada umumnya dengan harga murah dan tetap kompetitif sehingga pemasaran menjadi hal yang penting agar dapat berkembang dan terus bertumbuh. Penelitian ini menunjukkan pentingnya strategi pemasaran dalam pertumbuhan pelayanan estetika. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif kualitatif dengan wawancara mendalam kepada stakeholder terkait dengan pengembangan pelayanan estetika di RSU Bhakti Rahayu Denpasar.

Keywords


Klinik Estetika, Strategi Pemasaran, Perawatan Kulit .

Full Text:

PDF

References


Debby Tania, D. D. (2014). Market Segmentation, Targeting, dan Brand Positioning dari Winston Premier Surabaya. Jurnal manajemen Pemasaran Petra. Vol.2, No.1, (2014) 1-7 .

Deity Indrayati Nugraha, H. T. (2017, Oktober). Startegi Pemasaran Poli bedah Estetik Bali Royal Hospital (Bros) Denpasar. Jurnal ARSI .

Dhamesta. (2007). Azas-azas marketing Yogyakarta.

Kottler, K. (2008). manajemen Pemasaran Edisi 12 . Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Nurhayati, D. (2002). Analisis pengaruh mutu pelayanan dan atribut produk terhadap kepuasan konsumen dalam mempertahankan komitmen konsumen pada klinik estetika semarang.

Saputro, D. D. (2013). Analisis Rencana Strategi pemasaran Layanan Unggulan Poli Mata Semarang Eye center di RSI Sultan Agung Semarang Tahun 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v7i1.3678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.