ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PELAYANAN OPERASI PENGGANTIAN SENDI LUTUT

Nining Tri Maryani

Abstract


Latar belakang : Total knee replacement merupakan pengobatan yang aman untuk mengurangi rasa sakit dan memulihkan fungsi fisik pada pasien dengan kondisi osteoarthtritis parah yang tidak bisa di pelihara dengan terapi fisik. Setiap tahun ada lebih dari 500.000 prosedur operasi Total knee replacement dilakukan di Amerika Serikat, hal ini diperkirakan bahwa pada tahun 2030 volume prosedur operasi TKR meningkat menjadi lebih dari 3,48 juta per tahun akibat penuaan dini dan meningkatnya obesitas. Dengan adanya peluang demand dari pelayanan TKR itu sendiri maka RS Khusus Bedah Karima Utama merasa perlu untuk menetapkan strategi pemasaran dari pelayanan operasi penggantian sendi lutut.Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tempat Penelitian dilaksanakan di Rumah Sakit Khusus Bedah Karima Utama dan Alat yang digunakan adalah berupa panduan wawancara.Hasil dan kesimpulan :  Bauran pemasaran dari pelayanan operasi penggantian sendi adalah Bauran produk adalah post operasi dengan minimal  nyeri dan pelaksanaan pelayanan prima sesuai standart, bauran harga dengan pembuatan paket harga, bauran tempat dengan penjemputan pasien dari luar kota dan luar negeri, bauran promosi, dengan leaflet, penyuluhan masyarakat, seminar awam, seminar faskes 1, media sosial, media radio dan tv edukasiKata kunci : strategi pemasaran, operasi penggantian sendi lutut, bauran pemasaran, analisis

Full Text:

PDF

References


Aaron. (2013). Pathogenesis and epidemiologi of Osteoarthritis. Rhode Island Medical Jurnal 19-22

Bare & Smelltzer. (2002). Buku ajar keperawatan medikal bedah Brumer & Suddart (alih bahasa Agung Waluyo) edisi 8 vol 3. Jakarta : EGC

Black J & Hawks. (2014). Medical surgical nursing edisi 8. Singapore: elevier.

Heidari. (2011). Knee osteoarthritis prevalence, risk factors, pathogenesis and features. Caspian J International: 2(2): 05-212.

Jolly D dan Gerbaud. (1992). Hospital of tomorrow. Geneva : WHO.

Kotler, P. (1989). Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Penerbit Erlangga.

Sinusas. (2012). Osteoarthritis : diagnosis and treatment, American Academy Family Physicians 49-56.

Persi, 2006. Pedoman etika promosi Rumah sakit. Perhimpunan Rumah sakit Indonesia. Jakarta.

Widajat. (2009). Being a great and suistannable hospital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v7i3.3659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.