DAMPAK MARKETING MIX “PHYSICAL ENVIRONMENT” TERHADAP KEPUASAAN PASIEN RUMAH SAKIT: LITERATURE REVIEW

Akhmad Safi'i, Bagus Nugroho, Irin Kirana, Muhammadi Muhammadi, Rachmat Kamaluddin, Regina Destrina Damanik, Wahyu Sulistiadi

Abstract


ABSTRAK Latar Belakang: Strategi bauran pemasaran adalah strategi yang diperlukan dalam organisasi jasa untuk memastikan keberhasilan kinerja. Salah satu keberhasilan kinerja diukur dengan kepuasan pasien. Kepuasan pasien dianggap sebagai salah satu prediktor paling penting ketika mengukur hasil dan kualitas layanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan. Dari kepuasan pasien didapatkan loyalitas, kepatuhan pasien, dan secara langsung berdampak kepada pendapatan rumah sakit.Subjek dan Metode: Artikel ini literature review yang diperoleh dari database pencarian dari pubmed dan google scholar dengan menggunakan kata kunci “marketing mix” AND “hospital” AND “impact”. Artikel yang diinklusi menjelaskan tentang hubungan antara bauran pemasaran khususnya bagian physical environment dengan kepuasan pasien.Hasil: Dari 258 artikel ditemukan 5 artikel yang relevan. 4 artikel (80%) menggunakan desain penelitian cross sectional dan 1 artikel (20%) menggunakan survey. Seluruh artikel berasal dari region asia, 3 dari Indonesia (60%), sisanya masing-masing dari Iran dan Arab Saudi. 4 artikel menceritakan bauran pemasaran variable produk, orang atau petugas, bukti fisik, harga, dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan pasien. 1 artikel menceritakan bahwa bauran pemasaran belum maksimal dilaksanakan di rumah sakit pemerintah dibanding rumah sakit swasta.Kesimpulan: Bauran pemasaran menjadi penting dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien 

Keywords


Kata Kunci: Kepuasan pasien, Marketing mix, Physical Environment, Rumah sakit

Full Text:

PDF

References


Sembor PEN, Posangi J, Kaunang WPJ. Hubungan Antara Persepsi Pasien Umum Tentang Bauran Pemasaran Jasa Dengan Loyalitas Pasien Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Siloam Manado. Kesmas FKM UNSRAT [Internet]. 2015;1(1):1–20. Available from: http://ejournalhealth.com/index.php/t2/article/view/134

Ahmad AMK, Al-Qarni AA, Alsharqi OZ, Qalai DA, Kadi N. The Impact of Marketing Mix Strategy on Hospitals Performance Measured by Patient Satisfaction: An Empirical Investigation on Jeddah Private Sector Hospital Senior Managers Perspective. Int J Mark Stud. 2013;5(6):210–27.

Owaidh AO, Atiah AA, Abadi AS, Ali AM, Abdullah AM, Abdullah AA, et al. Patients Satisfaction with Health Care Services in Southern Saudi Arabia. Egypt J Hosp Med. 2018;72(July):3857–60.

Radfan N, Djumahir, Hariyanti T. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Paru Rumah Sakit Paru Batu. J Apl Manaj [Internet]. 2015;13(2):220–8. Available from: https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/763

Abedi G, Malekzadeh R, Moosazadeh M, Abedini E, Hasanpoor E. Nurses’ Perspectives on the Impact of Marketing Mix Elements (7Ps) on Patients’ Tendency to Kind of Hospital. Ethiop J Health Sci. 2019;29(2):223–30.

ARIFIN MJ. KEPUASAN PASIEN : ANALISIS BAURAN PEMASARAN JASA DAN DAMPAKNYA TERHAD LOYALITAS PASIEN (SURVEY PADA RAWAT JALAN RSUD AL IHSAN). 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v7i2.3654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.