PENGARUH BAURAN PEMASARAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) TERHADAP LOYALITAS PASIEN RUMAH SAKIT: SYSTEMATIC REVIEW

Elsa Prima Sari, Asti Arieyani, Farida Apriani Utai, Mohammad Zakir Chohan, Siti Lestariningrum, Sukma Marthia Rahani, Wahyu Sulistiadi

Abstract


Latar Belakang: Di era sekarang ini yang serba cepat arus informasi dan teknologi, menuntut pula adanya kemajuan di bidang pelayanan kesehatan, salah satunya rumah sakit. Saat ini semakin banyak Rumah Sakit (RS) berdiri di Indonesia sehingga persaingan antar RS pun semakin meningkat. Dengan demikian Rumah sakit harus melakukan inovasi dengan mendayagunakan bauran pemasaran terutama fator SDM agar dapat mempertahankan loyalitas pasiennya. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran SDM terhadap loyalitas pasien Rumah SakitMetode : Penelitian ini meggunakan desain Systematic Review Pencarian dengan kata kunci “Bauran Pemasan SDM” AND “Loyalitas Pasien” AND “Pengaruh” AND “Hospital”. Pencarian artikel diakses dari internet database yaitu Proquest dan Google.  Identifikasi awal ditemukan 49  artikel di Proquest, 45 di Google Scholar. Kemudian kami melakukan skrining terkait relevansinya, setelah diskrining sesuai kriteria inklusi yang masuk hanya 6. Kemudian setelah melalui proses skrining full artikelnya dan eliglibility dari 6 artikel tersebut terdapat 5 artikel yang sesuai  dengan pembahasan pengaruh bauran pemasaran SDM terhadap loyalitas pasienHasil:. Dari lima  artikel yang direview  selanjutnya didapatkan  empat  artikel yang menyebutkan bahwa  bauran pemasaran SDM  memberikan pengaruh yang signifikan terhadap  loyalitas pasien terhadap rumah sakit. Hanya satu artikel saja yang menyebutkan bahwa  petugas / SDM tidak berpengaruh signifikan terhadap  loyalitas pasien rumah sakit.Kesimpulan: Faktor bauran pemasaran SDM berpengaruh terhadap  loyalitas pasien. SDM merupakan faktor kunci keberhasilan pemasaran jasa rumah sakit. Perilaku SDM yang baik, berkarakter, berintegritas, profesional merupakan aset utama  dalam rangka   mempertahankan loyalitas pasien

Keywords


Bauran Pemasaran SDM, Pengaruh, Loyalitas Pasien, Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Agustine, E. D. and Sulistiadi, W. (2018) ‘Analisis Elemen Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Loyalitas Pasien Rumah Sakit : Systematic Review Analysis of Marketing Mix Elements that Affect Loyalty Hospital Customers : Systematic Review Sumber Data Artikel bahasa Bahasa Indonesia yang relevan S’, Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 4, pp. 48–56.

Arismen, Sulistiadi, W. and Chalik, A. (2019) ‘Srategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan RSD Kol . Abundjani JKN menuju universal coverage healt ( UHC ) dengan daerah milik Pemerintah Kabupaten Merangin yang sudah berstatus Badan Layanan Umum Daerah ( BLUD ) yang juga harus melayani peserta BPJS Ba’, Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(marketing mix), pp. 97–103.

Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran . Edisi ke-12. Jakrta : PT. Indeks

Leawaty and Sulistiadi, W. (2018) ‘Hubungan Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Dengan Loyalitas Pasien : Systematic Review Relationship of Marketing Mix with Customer Loyalty : Systematic Review oleh karena itu organisasi jasa harus secara jelas atau kunjungan rawat jalan atau rawat ina’, Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5, pp. 16–24.

Pusat Data dan Informasi kesehatn Kemenkes RI (2018). Profil Kesehatan Indonesia 2018. Diakses pada tanggal 6 Januari 2010, Tersedia di https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/PROFIL_KESEHATAN_2018_1.pdf

Timeida, M. and Sari, K. (2019) ‘Proceedings of International Conference on Applied Science and Health ICASH-A107 HOSPITAL EMPLOYEES ’ PERCEPTION OF MARKETING STRATEGY AT H . ABDUL MANAP GENERAL HOSPITAL IN JAMBI CITY Proceedings of International Conference on Applied Science and Health’, Proceedings of International Conference on Applied Science and Health, (4), pp. 824–831.

Wempie, A. Y., Fajar, N. A. and Idris, H. (2019) ‘Analisis Determinan Bauran Pemasaran pada Poliklinik Rawat Jalan RSK dr. Rivai Abdullah Palembang’, Jurnal Kesehatan, 10(1), p. 113. doi: 10.26630/jk.v10i1.1135.




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v7i3.3650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.