Efektivitas Permainan Roda Putar terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa Mengenai COVID-19 di SD Cahaya Pengharapan Abadi Deli Serdang

Gamalielya Gera Simanjuntak, Lita Sri Andayani

Abstract

Latar Belakang. Tahun 2020 dunia mengalami pandemi COVID-19 yang mengharuskan instansi pendidikan yaitu sekolah ditutup, akibatnya terjadi angkat putus sekolah sebanyak 157.166 siswa dan diantaranya 59.443 siswa SD. WHO menyarankan agar sekolah dibuka kembali dengan protokol kesehatan yang ketat tetapi masih banyak siswa SD yang tidak patuh dalam protokol kesehatan. Tujuan. Mengetahui efektivitas permainan roda putar terhadap pengetahuan dan sikap siswa mengenai COVID-19 di SD Cahaya Pengharapan Abadi Deli Serdang. Metode. Menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan menggunakan metode One Group Pretest-Postest. Populasi siswa kelas V SD Cahaya Pengharapan Abadi Deli Serdang adalah 42 siswa dengan sampel 15 siswa menggunakan proportional sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Pengumpulan data megngunakan kuesioner. Hasil. Hasil nilai rerata pengetahuan adalah18,87 (p= 0,001) dan sikap adalah 19,27 (p=0,001). Kesimpulan. Permainan roda putar terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa SD ABSTRACTBackground. In 2020 the world experienced a COVID-19 pandemic that required educational institutions, namely schools to be closed, as a result of which 157,166 students dropped out, including 59,443 elementary school students. WHO suggested that schools reopen with strict health protocols, but many elementary school students still do not comply with health protocols.  Objective. Knowing the effectiveness of the spinning wheel game on students' knowledge and attitudes about COVID-19 at Cahaya Pengharapan Abadi Elementary School, Deli Serdang.  Method. Using the Pre-Experimental Design research design with the One Group Pretest-Postest method. The population of students in class V at Cahaya Pengharapan Abadi Elementary School, Deli Serdang, was 42 students. The sample used 15 students using  proportional sampling as a technique. The data collection used a questionnaire.Results. The result score average for knowledge was 18.87 (p = 0.001) and attitude 19.27 (p = 0.001). Conclusion. The rotary wheel game proved effective in improving the knowledge and attitude of elementary school students. 

Keywords

COVID-19, roda putar, siswa SD

Full Text:

PDF

References

Dwinanda, Reiny. Terbaru, Ini Pan-dangan WHO Soal Penutupan Sekolah. Jenewa: Republika, Diakses pada 17 November 2021 dari: https://www.republika.co.id/berita/qgqxkl414/terbaru-ini-pandangan-who-soal-penutupan-sekolah

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO), 25 Maret 2020 setidaknya ada 290,5 juta siswa di seluruh dunia yang terdampak COVID-19 https://www.liputan6.com/health/read/4195275/unesco-penutupan-sekolah-akibat-covid-19-berdampak-pada-290-juta-pelajar-di-dunia

Kuswandi. (2021, 03 Oktober). Terus Dorong PTM, Ternyata Angka Putus Sekolah di Masa Pandemi Kecil. JawaPos.com. Diakses dari https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/03/10/2021/terus-dorong-ptm-ternyata-angka-putus-sekolah-di-masa-pandemi-kecil/

https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/indonesia-18-bulan-setelah-sekolah-ditutup-kini-waktunya-anak-anak-kembali-ke

PMPK Kemendikbud. (2021). Sekolah Tatap Muka Terbatas Mulai Juli 2021. Diakses dari https://pmpk.kemdikbud.go.id/read-news/sekolah-tatap-muka-terbatas-mulai-juli-2021

Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri - Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

Chen X, Ran L, Liu Q, Hu Q, Du X, Tan X. Hand Hygiene, Mask-Wearing Behaviors and Its Associated Factors during the COVID-19 Epidemic: A Cross-Sectional Study among Primary School Students in Wuhan, China. Int J Environ Res Public Health. 2020;17(8). Epub 2020/04/26.

Canini L, Andreoletti L, Ferrari P, et al. Surgical mask to prevent influenza transmission in households: a cluster randomized trial. PLoS One. 2010;5(11):e13998. Epub 2010/11/26.

Suess T, Remschmidt C, Schink SB, et al. The role of facemasks and hand hygiene in the prevention of influenza transmission in households: results from a cluster randomised trial; Berlin, Germany, 2009-2011. BMC Infect Dis. 2012;12:26. Epub 2012/01/28.

Allison MA, Guest-Warnick G, Nelson D, et al. Feasibility of elementary school children's use of hand gel and facemasks during influenza season. Influenza Other Respir Viruses. 2010;4(4):223-9. Epub2010/09/15.

Sumantri, D., Lestari, Y., & Arini, M. (2013). Pengaruh perubahan tingkat kesehatan gigi dan mulut pada pelajar usia 7-8 tahun di 2 SD Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi melalui permainan edukasi kedokteran gigi. Andalas Dental Journal, 1(1), 39-48. Diakses pada 17 November 2021 dari: http://adj.fkg.unand.ac.id/indexphp/ADJ/article/download/12/5/

Hari P, Trischa. (2010). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Orang Tua Dalam Memanfaatkan Alat-Alat Permainan Edukatif Di Ruang Anak RS Baptis Kediri. Jurnal Stikes RS Baptis, Volume 3 Edisi 1 Juli. Diakses dari https://ejournal.petra.ac.id/index.php/stikes/article/view/18442

Khairunnisa, W. (2017). Pengembangan media permainan roda putar berbasis website untuk keterampilan membaca bahasa Prancis siswa kelas XI SMA Angkasa Adisutjipto (Skripsi). Diakses pada 17 November 2021 dari: https://eprints.uny.ac.id/53931/1/SKRIPSI%20Wardsh%20Khairunnisa.pdf

Yuniartien, E. (2017). Penggunaan media roda pintar untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling dan luas segitiga kelas IV SD Negeri 1 Dasan Tereng Tahun 2017/2018 (Skripsi, IAIN Bengkulu). Diakses dari http://eprints.unram.ac.id/10509/1/ERSA%20YUNNIARTIEN.pdf

Miftahurrahmah.(2020).Pengaruh Media Roda Putar Dan Explosion Box Terhadap Pengetahuan, Sikap Dalam Konsumsi Sayur Buah Di Min 10 Asahan Tahun 2020 (skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara, Medan). yang diakses pada tanggal 20 November 2021 dari: https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/28673/161000315.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Borg, Walter R, Meredith D, Gall and Joyce P. Gall. 2007. Education Research. New York: Pearson Education, Inc.

Skinner, B. F. (1938). The behavior of organisms an experimental analysis. D.Appleton-century company, inc. New York

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta:Rineka Cipta.

Indriani, D. (2018). Pengaruh alat peraga roda bangun datar terhadap hasil belajar geometri materi bangun datar siswa kelas IV (Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah.).Diakses dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/38448/1/DESI% 20INDRIANI%201113018300074.pdf

Yuniartien, E. (2017). Penggunaan media roda pintar untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling dan luas segitiga kelas IV SD Negeri 1 Dasan Tereng Tahun 2017/2018 (Skripsi, IAIN Bengkulu). Diakses dari http://eprints.unram.ac.id/10509/1/ERSA%20YUNNIARTIEN

Anggraini, P., & Ningrum, M. A. (2018). Pengembangan media roda putar untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun (Skripsi, Universitas Negeri Surabaya). Yang diakses pada 17 November 2021 dari:https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paudteratai/article/viewFile/25815/23657

Afni, N. (2013). Penerapan strategi roda putar pemecah masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). Yang diakses pada 17 November 2021 dari http://repository.uin-suska.ac.id/8823/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.