PELAYANAN KESEHATAN PRIMER SEBAGAI GATEKEEPER DAN KEBIJAKAN DISKUSI PEER REVIEW: ANTARA KUALITAS DAN REALITAS UNTUK MENURUNKAN KASUS RUJUKAN NON SPESIALISTIK
Abstract
Keywords
References
Alawi, M., Junadi, P. and Latifah, S. N. (2017) ‘Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingginya Rujukan Kasus Non Spesialistik Pasien Jaminan Kesehatan Nasional pada Puskesmas di Kabupaten Sukabumi Tahun 2015’, Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 2(1). doi: 10.7454/jurnal-eki.v2i1.1954.
Ali, F. A., Kandou, G. D., & Umboh, J. M. I. Analisis Pelaksanaan Rujukan Rawat Jalan Tingkat Pertama Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Puskesmas Siko Dan Puskesmas Kalumata Kota Ternate Tahun 2014. Jikmu, pp. 221–237 (2015).
BPJS Kesehatan. 2014a. Panduan Praktis Gatekeeper Concept Faskes BPJS Kesehatan. Jakarta. Available at https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/6ce4a8a2b40534f8922b20381508ab5b.pdf
BPJS Kesehatan. 2014b. Panduan Praktis Sistem Rujukan Berjenjang. Jakarta. Available at https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/7c6f09ad0f0c398a171ac4a6678a8f06.pdf
BPJS Kesehatan RI. 2017. Surat Edaran Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Peer Review Diagnosa Non Spesialistik Pada FKTP. Jakarta
BPJS Kesehatan RI. 2016. Peraturan Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan Nomor 01 Tahun 2016 tentang Strategi Kendali Mutu dan Kendali Biaya Pelayanan Kesehatan Direktorat Pelayanan Tahun 2016. Jakarta
BPJS Kesehatan RI. 2018. Profil Kedeputian Wilayah Jabodetabek. Paparan presentasi Deputi Direksi Wilayah Jabodetabek April 2018. Jakarta
Cervantes K, Salgado R, Choi M and Kalter H. 2003 Rapid Assessment of Referral Care Systems: A Guide for Program Managers, published by the Basic Support for Institutionalizing Child Survival Project (BASICS II) for the United States Agency for International Development, Arlington, Virginia, available on line at: http://www.jsi.com/Managed/Docs/Publications/WomensHealth/PNACW615.pdf
CHEPS UI. 2018. Laporan Studi Kajian Pengelolaan Manfaat dan Kesinambungan JKN-KIS.Jakarta: BPJS Kesehatan
Firdiah, 2017. Firdiah, M., Sriatmi, A., & Fatmasari, E. Analisis Pelaksanaan Rujukan Rawat Jalan Tingkat Pertama pada Peserta. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (Studi Kasus di Puskesmas Neglasari Kota Tangerang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(3), pp. 19–25 (2017).
Hidayat, B. et al. (2017) ‘Evaluasi Sistem Pembayaran FKTP Era JKN: Dampak KBK Terhadap Kinerja Puskesmas dan Efisiensi’, Αγαη, 8(5), p. 55. Available at: http://www.depkes.go.id/folder/view/01/structure-publikasi-pusdatin-.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2012. Pedoman Sistem Rujukan Nasional. Jakarta: Direktorat Jenderal BUK (Bina Upaya Kesehatan) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Kesehatan No. 5 Tahun 2014 tentang Panduan Praktik Klinis (PPK) direvisi dengan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) No 514 tahun 2015 tentang Panduan Praktik Klinis (PPK) di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama. Jakarta
Mujiati, M. and Yuniar, Y. (2017) ‘Ketersediaan Sumber Daya Manusia Kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dalam Era Jaminan Kesehatan Nasional di Delapan Kabupaten-Kota di Indonesia’, Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 26(4), pp. 201–210. doi: 10.22435/mpk.v26i4.4827.201-210.
Mulyanto, J., Wibowo, Y. and Kringos, D. S. (2021) ‘Exploring general practitioners’ perceptions about the primary care gatekeeper role in Indonesia’, BMC Family Practice. BMC Family Practice, 22(1), pp. 1–10. doi: 10.1186/s12875-020-01365-w.
Ramadhani, S. N. (2020) ‘Analisis Faktor Penyebab Tingginya Angka Rujukan di Puskesmas Pada Era JKN’, Media Gizi Kesehatan Masyarakat, 9(2), pp. 57–66.
Tabenkin, H. and Gross, R. (2000) ‘The role of the primary care physician in the Israeli health care system as a ’gatekeeper’--the viewpoint of health care policy makers.’, Health policy (Amsterdam, Netherlands). Ireland, 52(2), pp. 73–85. doi: 10.1016/s0168-8510(00)00070-1.
Watkins, Daphne C,. (2017) ‘Rapid and Rigorous Qualitative Data Analysis: The “RADaR” Technique for Applied Research’, International Journal of Qualitative Methods, Vol 16. doi: 10.1177/1609406917712131.
Wulandari, F. K. and Achadi, A. (2017) ‘Analisis Karakteristik dan Persepsi Pengguna Pelayanan Terhadap Pemanfaatan Puskesmas Sebagai Gatekeeper di Dua Puskesmas Kota Bekasi Tahun 2016’, Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 2(1). doi: 10.7454/jurnal-eki.v2i1.1957.
DOI: 10.7454/eki.v8i2.5482
Refbacks
- There are currently no refbacks.