Pengaruh Negatif Stunting terhadap Perkembangan Kognitif Anak

Aprilia Daracantika, Ainin Ainin, Besral Besral

Abstract

Satu dari tiga anak di Indonesia mengalami stunting. Stunting dapat berdampak terhadap perkembangan motorik dan verbal, peningkatan penyakit degeneratif, kejadian kesakitan dan kematian. Selain itu, keadaan stunting akan mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel neuron terhambat sehingga mempengaruhi perkembangan kognitif pada anak. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak stunting terhadap kemampuan kognitif pada anak. Metode yang digunakan adalah literature review yang diambil dari jurnal nasional atau internasional maupun website. Penelusuran sumber pustaka dalam artikel ini melalui database Sinta, Google Scholar dan Pubmed dalam 10 tahun terakhir. Berdasarkan hasil telaah didapatkan hasil bahwa stunting memiliki implikasi biologis terhadap perkembangan otak dan neurologis yang diterjemahkan kedalam penurunan nilai kognitif. Anak dengan stunting mengalami 7% penurunan perkembangan kognitif dan nilai matematikanya lebih rendah 2,11 dibanding anak yang tidak stunting. Dalam Tes Kosakata Gambar Peabody dan tes Penilaian Kuantitatif, anak yang stunting mendapat skor 16,1% dan 48,8% lebih rendah dari anak yang tidak stunting. Anak yang mengalami stunting pada 2 tahun pertama kehidupan berpeluang memiliki IQ non verbal < 89 dan IQ lebih rendah 4,57 kali dibandingkan IQ anak yang tidak stunting. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa stunting memiliki pengaruh negatif terhadap kemampuan kognitif anak yang berdampak pada kurangnya prestasi belajar. 

Keywords

stunting, kognitif, stunting dan kognitif, anak, kajian pustaka

Full Text:

PDF

References

Aurora, Wahyu Indah , Sitorus Rico J., Rostika Flora. Perbedaan Intelligence Quotient (Iq) Antara Anak Stunting Dan Tidak Stunting Umur 7 – 12 Tahun Di Sekolahdasar (Studi pada siswa SD Negeri Buara 04 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes). 2012. Available from: https://media.neliti.com/media/publications/18822-ID-perbedaan-intelligence-quotient-iq-antara-anak-stunting-dan-tidak-stunting-umur.pdf

Ashraful Alam, Stephanie A. Richard, Shah Mohammad Fahin, et al. Impact of early-onset persistent stunting on cognitive development at 5 years of age: Results from a multi-country cohort study. 2020. Available from: https://journals.plos.org/plosone/article/file?id=10.1371/journal.pone.0227839&type=printable.

Arini, D., Mayasari AC, Rustam. Gangguan Perkembangan Motorik dan Kognitif pada Anak Toodler yang Mengalami Stunting di Wilayah Pesisir Surabaya. Jurnal UIN Sunan Ampel Surabaya. 2019. Available from: http://jurnalfpk.uinsby.ac.id/index.php/jhsp/article/view/231.

Asanti, Ernis. Martianto, Drajat. Briawan, Dodik. Trajektori Pertumbuhan Anak Stunting dan Normal di Indonesia. Indonesian Journal of Human Nutrition. 2019. Available from: https://ijhn.ub.ac.id/index.php/ijhn/article/view/328/253.

Crookston, Benjamin T. Dearden, Kirk A. Alder, Stephen C. Poruczni, Christina A. k, Stanford, Joseph B., Merrill, Ray M. Dickerson, Ty T. Penny, Mary E. Impact of early and concurrent stunting on cognition. 2011. Available from: https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1111/j.1740-8709.2010.00255.x.

Ekholuenetale, Michael. Barrow, Amadou, Ekholuenetale, Charity Ehimwenma and Tudeme, Godson. Impact of stunting on early childhood cognitive development in Benin: evidence from Demographic and Health Survey. 2020. Available from: https://www.researchgate.net/publication/344469832_Impact_of_stunting_on_early_childhood_cognitive_development_in_Benin_evidence_from_Demographic_and_Health_Survey.

Fikawati, Ahmad, Arinda. Gizi Anak dan Remaja. Depok : PT Rajagrafindo Persada; 2017.

Ginting, Kristian. Pieri Ginting. Pandiangan, Asri. Tingkat Kecerdasan Intelegensi Anak Stunting. Jurnal Penelitian Perawat Profesional. 2019. Available from: https://www.google.com/jurnal.globalhealthsciencegroup.com%2Findex.php%2FJPPP%2Farticle%2Fdownload%2F25%2F15&usg=AOvVaw0AEn3xyBsn_BZx2PE-tdTZ.

Gunasari, Dwi sekar. Hubungan Stunting Dengan Tingkat Kecerdasan Intelektual (Intelligence Quotient –IQ) Pada Anak Baru Masuk Sekolah Dasar Di Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Padang : FK UNAND; 2016.

Haille, Demewoz. Height for age z score and cognitive function are associated with Academic performance among school children aged 8–11 years old. Archives of Public Health. 2016. Available from: https://archpublichealth.biomedcentral.com/articles/10.1186/s13690-016-0129-9.

Hanum, L.M dan Khomsan, A. Pola Asuh Makan, Perkembangan Bahasa, Dan Kognitif Anak Balita Stunted Dan Normal Di Kelurahan Sumur Batu, Bantar Gebang Bekasi. Jurnal Gizi dan Pangan IPB. 2012. Available from: http://journal.ipb.ac.id/index.php/jgizipangan/article/view/12369.

Kemenkes RI. Hasil Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) Tahun 2018. Balitbangkes; 2018.

Kemenkes RI. Infodatin Situasi Balita Pendek. 2016. Available from https://www.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/situasi-balita-pendek-2016.pdf.

Kemenkes RI. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No.1995/Menkes/SK/XII/2010 tentang Standar Antropometri Penilaian Status Gizi Anak. Kementrian Kesehatan RI Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak. 2011.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.