Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal BIKFOKES (Biostatistik, Kependudukan, dan Informatika Kesehatan) diinisiasi oleh Departemen Biostatika dan Kependudukan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Sebagai jurnal ilmiah,  Jurnal BIKFOKES memiliki fokus biostatitik, informatika kesehatan, kependudukan, dan kesehatan reproduksi. Adapun artikel atau naskah ilmiah yang dimuat dalam Jurnal BIKFOKES mencakup ranah penelitian, studi kasus, meta-analysis atau konseptual

 

Section Policies

Article Penelitian

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Article Software

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Article Review

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Article Community Dedication

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Artikel yang dipublikasikan di Jurnal BIKFOKES akan melalui proses peninjauan oleh reviewer terpilih. Keputusan tentang penerimaan suatu artikel adalah benar di Tim Editor berdasarkan saran dan komentar dari reviewer diputuskan dalam pertemuan tim editorial. Artikel yang diterima akan diteliti keberadaan unsur plagiarisme dengan menggunakan program Ithenticate.

Artikel yang akan diterbitkan dalam jurnal ini bisa dalam bentuk artikel penelitian dan artikel ulasan yang diundang.

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka (open access)  langsung ke konten yang pada prinsipnya bahwa penelitian tersebut mendukung masyarakat pertukaran pengetahuan di masyarakat, khususnya masalah kesehatan masyarakat.

 

Authorship and Plagiarism

Artikel yang dikirimkan harus merupakan artikel penelitian yang tidak dipublikasikan sebelumnya atau saat ini sedang dipertimbangkan untuk diterbitkan di tempat lain dan bebas plagiarisme. Setiap artikel yang diajukan akan diperiksa oleh Turnitin, sebuah aplikasi untuk mendeteksi plagiarisme. Jurnal ini tidak menerima plagiarisme dalam naskah apapun atau akan langsung ditolak. Naskah dinyatakan lulus jika kemiripannya kurang dari 20%.