Analisis Demand dan Supply Konsumsi Garam Beryodium Tingkat Rumah Tangga

Nadia Irina Darmawan, Ede Surya Darmawan

Abstract


Secara nasional, konsumsi garam beryodium cukup adalah 62,3% dan di Provinsi Jawa Barat adalah 58,3%. Cakupan konsumsi garam beryodium tingkat rumah tangga di Kota Bekasi hanya sekitar 62,14%. Pemantauan garam beryodium di tingkat rumah tangga oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi tahun 2004 menunjukkan bahwa garam yang mengandung yodium cukup adalah 51%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis faktor demand dan supply terhadap konsumsi garam beryodium tingkat rumah tangga di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi dengan menggunakan desain cross sectional. Populasi yang diteliti yaitu 110 orang ibu dengan menggunakan uji chi square. Pada faktor demand di- dapatkan hasil bahwa ada hubungan pengetahuan dengan konsumsi ga- ram beryodium tingkat rumah tangga. Namun, tidak ada hubungan antara pendapatan dengan konsumsi garam beryodium tingkat rumah tangga. Pada faktor supply didapatkan hasil bahwa tidak ada hubungan antara ketersediaan di pasar dan harga dengan konsumsi garam beryodium tingkat rumah tangga. Untuk meningkatkan cakupan konsumsi garam beryodium tingkat rumah tangga diperlukan kerja sama dari berbagai pihak.

Kata kunci: Garam beryodium, rumah tangga, demand, supply

Abstract

Nasionaly, the consumption of iodized salt is 62,3% and in Province of West Jawa is 58,3%. The coverage consumption of iodezed in household level in Bekasi city only about 62,14%. The monitoring iodezed salt in household level by district health departemen in 2004 showed that the enough iodezed salt is 51%.This research was conducted to determine the factor analysis of demand and supply of iodized salt consumption at household level in the District of West Bekasi. This iodesed salt udy used cross sectional design. The population that was studied was 110 mothers using chi square test. On the demand factor, the result shows that there is a relationship between knowledge and the consumption of iodized salt at household level. However, there is no relationship between the revenue and the consumption of iodized salt at household level. While in the supply factor, shows that there is no relationship between availability and price in the market and the con- sumption of iodized salt at household level. To improve the coverage of iodized salt consumption at household level, it is required cooperation from various parties

Key words: Iodized salt, household, demand, supply



Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21109/kesmas.v6i6.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.