Pengembangan Video Singkat Screen Dependency Disorder Pada Anak Berbasis Perspektif Ibu

Irfan Nafis Sjamsudddin

Abstract

Latar Belakang. Masa anak merupakan masa emas tumbuh kembang, sekaligus rentan pengaruh negatif. Penggunaan perangkat digital memberikan dampak positif maupun negatif. Screen Dependency Disorder (SDD) adalah masalah tumbuh kembang anak yang perlu dicegah.  Tujuan. Mengetahui perspektif ibu tentang lama penggunaan perangkat digital dan SDD pada anak serta mengembangkan video singkat SDD berbasis perspektif ibu.Metode. Disain adalah penelitian pengembangan. Populasi adalah ibu dari anak usia 1-13 tahun sejumlah 68 orang, sampel total. Penelitian awal menggali karakteristik responden, perspektif responden tentang lama pemakaian perangkat digital dan SDD pada anak, dengan kuesioner dalam Google-form disebar via WhatsApp. Data dianalisis dengan distribusi frekuensi, serta uji hubungan Sommers’d. Hasilnya menjadi dasar pengembangan dan merancang video singkat.Hasil. Sebanyak 63,2% anak memakai perangkat digital lebih dua jam per hari. Sebanyak 50% ibu memiliki perspektif baik tentang SDD pada anak. Ada hubungan signifikan usia - pekerjaan ibu, usia - pendidikan anak, pendapatan keluarga dengan lama pemakaian perangkat digital. Tidak ada hubungan signifikan semua karakteristik responden dengan perspektif SDD. Video singkat yang dikembangkan berisi pengertian dan pencegahan SDD.Kesimpulan. Video singkat bisa digunakan dengan diujicoba dulu. Advokasi diperlukan untuk memperoleh dukungan upaya pencegahan SDD.      ABSTRACT     Background. Childhood is a golden period of growth and development, as well as being vulnerable to negative influences. The use of digital devices has both positive and negative impacts. Screen Dependency Disorder (SDD) is a child development problem that needs to be prevented.Objectives. Knowing the mother's perspective on the duration of digital device use, and SDD in children, and developing an SDD short video based on the mother's perspective.Method. Design is development research. The population is mothers of children aged 1-13 years with a total of 68 people, the total sample. Preliminary research explored the characteristics of the respondents, the perspectives of respondents about the length of use of digital devices and SDD in children, by using a questionnaire in the Google form distributed via WhatsApp. Data were analyzed by frequency distribution, as well as the Sommers'd relationship test. The results form the basis for developing and designing short videos.Results. As many as 63.2% of children use digital devices for more than two hours per day. As many as 50% of mothers have a good perspective on SDD in children. There is a significant relationship between age-mother's occupation, age-education of children, family income with the duration of use of digital devices. There is no significant relationship between all the characteristics of the respondents with the SDD perspective. The short video developed contains understanding and prevention of SDD.Conclusion. Short videos can be used by testing it first. Advocacy is needed to gain support for SDD prevention efforts.

Keywords

screen dependency disorder, lama pemakaian, perangkat digital, karakteristik, video

Full Text:

PDF

References

Manado R. Hubungan Antara Kecemasan Dengan Adiksi Smartphone Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. Kesmas. 2019;8(2):1-6.

Lubis H, Rosyida AH, Solikhatin NH. Pola Asuh Efektif Di Era Digital. Plakat (Pelayanan Kepada Masyarakat). 2019;1(2):102. doi:10.30872/plakat.v1i2.2967

Badan Pusat Statistik Indonesia. Pandemi Covid-19 Dorong Anak-anak Aktif Menggunakan Ponsel. 16 April.

Sharma SK. Screen Dependency Disorders (SDD): An Innovative Contest for Brain of Children. Global Journal of Addiction Rehabilation Medicine. 2018;6(1):7-8. doi:10.19080/gjarm.2018.06.555677

Sigman A. Screen Dependency Disorders: a new challenge for child neurology. Journal of International Child Neurology Association. 2017;(May). doi:10.17724/jicna.2017.119

Anjali, Mohapatra I, Banerjee A. Screen dependency disorders in children under two years of age: A parent report measure. Indian Journal Community Health. 2020;32(2):427-431. doi:10.47203/ijch.2020.v32i02.022

Herawati T. Penanaman dan Penerapan Karakter Melalui 8 Fungsi Keluarga. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Published online 2017:116.

Sabarudin, Mahmudah R, Ruslin, et al. Efektivitas Pemberian Edukasi secara Online melalui Media Video dan Leaflet terhadap Tingkat Pengetahuan Pencegahan Covid-19 di Kota Baubau. Jurnal Farmasi Galenika (Galenika J. Pharmacy). 2020;6(2):309-318. doi:10.22487/j24428744.2020.v6.i2.15253

Adha A, Wulandari D, Himawan A. Perbedaan Efektivitas Pemberian Penyuluhan Dengan Video Dan Simulasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Pencegahan Tb. Paru (Studi Kasus Di Ma Husnul Khatimah Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang). Jurnal Kedokteran Diponegoro. 2016;5(4):565-579.

Health Communication Partnership. P-Process.; 2003.

Hakim AA, Ramadhan A. Perancangan Video Infografis Siklus Hidup Nyamuk Demam Berdarah dan Cara Pencegahannya. Andharupa Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Multimedia. 2020;6(1):83-99. doi:10.33633/andharupa.v6i1.3120

Richey RC, Klein JD. Developmental research methods: Creating knowledge from instructional design and development practice. Journal of Computing in High Education. 2005;16(2):23-38. doi:10.1007/BF02961473

Silalahi A. Development Research (Penelitian Pengembangan) dan Research & Development (Penelitian & Pengembangan) Dalam Bidang Pendidikan/Pembelajaran. Research Gate. 2018;(July):1-13. doi:10.13140/RG.2.2.13429.88803/1

Badan Penelitian Pengembangan Kesehatan. Basic Health Research 2018. Laporan Riskesdas Nasional 2018. Published online 2018.

Hastono SP. Analisis Data Pada Bidang Kesehatan. PT Rajagrafindo Persada; 2020.

M. Sopiyudin Dahlan. Statistik Untuk Kedokteran Dan Kesehatan. Salemba Medika; 2011.

Makarim dr. FR. Gadget untuk Bayi Bisa Sebabkan Terlambat Bicara. Published 2020. https://www.halodoc.com/artikel/gadget-untuk-bayi-bisa-sebabkan- terlambat-bicara; cindy febria 2021=

Siswanti DN, Daud M, Jalal NM. Motif Orang Tua Memberikan Gadget Kepada Anak Usia Dini Di TK Y Makassar. Prosiding Temilnas XI IPPI. 2019;7(8):147-153.

Miyati DS, Rasmani UEE, Fitrianingtyas A. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Pola Asuh Anak. Kumara Cendekia. 2021;9(3):139. doi:10.20961/kc.v9i3.50219

Amalia S. Persepsi Orang Tua Terhadap penggunaan Gadget Pada Usia Dini di TK Surabaya. Jurnal PG PAUD. Published online 2019.

Hidayatuladkia ST, Kanzunnudin M, Ardianti SD. Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 2021;5(3):363. doi:10.23887/jppp.v5i3.38996

Mita Widiastiti NLG, Sastra Agustika GN. Intensitas Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia Dini Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Pendidik Anak Usia Dini. 2020;8(June):112-120.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.