Perbedaan Efektivitas Video dan Flipbook Aktivitas Fisik Terhadap Pengetahuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara

Dian Setiawati, Lita Sri Andayani

Abstract

Latar Belakang. Aktivitas Fisik merupakan salah satu poin penting dari Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 mengenai suatu gerakan yang mendukung gaya hidup sehat di masyarakat yaitu Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS). Mahasiswa FKM USU memiliki tingkat aktivitas fisik ringan yang tinggi yaitu sebesar 81,2%.  Salah satu hal memengaruhinya yaitu mahasiswa FKM USU jarang membaca informasi mengenai aktivitas fisik.Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas video dan flipbook aktivitas tentang fisik terhadap pengetahuan Mahasiswa FKM USU.Metode. Rancangan penelitian yang digunakan adalah menggunakan desain penelitian Quasi Experiment Design dan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design.Hasil. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan nilai rerata pengetahuan pada kelompok media video dan flipbook. Diketahui nilai probabilitas kedua variabel tersebut <0,05 yang memiliki makna terdapat hubungan bermakna yang signifikan terhadap pengetahuan responden. Nilai rerata pengetahuan responden yang diberi intervensi melalui media flipbook lebih tinggi dibandingkan dengan responden yang diberi intervensi melalui media video.Kesimpulan. Media Flipbook lebih efektif dibandingkan dengan media video terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap Mahasiswa FKM USU tentang aktivitas fisik. ABSTRACT   Bakground. Physical activity is one of the important points of the Presidential Instruction of the Republic of Indonesia Number 1 of 2017 regarding a movement that supports a healthy lifestyle in the community, namely Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS). USU's FKM students have a high level of light physical activity, which is 81.2%. One of the things that influenced him was that USU's FKM students rarely read information about physical activity.Aim. This study aims to determine the differences in the effectiveness of videos and flipbooks about physical activity on the knowledge of USU FKM students. Method.  The research design used was a Quasi Experiment Design research design and a Non-Equivalent Control Group Design research design. Result. This study found that there were differences in the mean values of knowledge in the video and flipbook media groups. Whether or not the dependency value of the two variables is <0.05 which means there is a significant significant relationship to the respondent's knowledge. The mean value of knowledge of respondents who were given intervention through flipbook media was higher than respondents who were given intervention through video media.Conclusion. Flipbooks are more influential than video media on the knowledge and attitudes of USU FKM students regarding physical activity.

Keywords

video, flipbook, aktivitas fisik, mahasiswa FKM USU

Full Text:

PDF

References

Kementerian Kesehatan RI. Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). 2017

WHO. The global action plan on physical activity 2018–2030. Available from: http://www.who.int/ncds/preventi on/physical- activity/gappa/action-plan. Accessed Oktober 25, 2022.

Kementerian Kesehatan RI. Tiga Tahun Germas Lessons Learned. 2019

Setyadi DY, Prabandari YS, Gunawan IMA. Aktivitas fisik dengan penyakit jan-tung koroner di Indonesia. Jurnal Gizi Klinik Indonesia. 2018. 14(3), 115-121.

Aeni N, Yuhandini DS. Pengaruh Pen-didikan Kesehatan dengan media video dan metode demonstrasi terhadap penge-tahuan sadari. Jurnal Care.2018. 6(2).

Diani R, Hartati NS. Flipbook ber-basis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2018. 4(2), 234-244.

Amalia SLF, Ayuningtyas TR, Adzkiyak, A. Pengembangan Media Flip Book Ber-basis Peninggalan Megalitikum Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa kelas X PM SMK Trunojoyo Jember Ajaran 2018/2019. SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Se-jarah, Sosial dan Budaya. 2020. 1(1), 38-46.

Grasdalsmoen M, Eriksen HR, Lønning KJ, Sivertsen B. Physical exercise, mental health problems, and suicide at-tempts in university students. BMC psychiatry. 2020. 20(1), 1-11.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian RI Tahun 2018. 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ke XXI. Bandung: Alfabeta; 2015

Sari IP. Pengaruh Video dan Teks Pada Grup WhatsApp Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa Tentang COVID-19 di Universitas Sumatera Utara Tahun 2021 (Skripsi). Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara; 2021

Waryana W, Sitasari A, Febritasanti DW. Intervensi media video berpengaruh pada pengetahuan dan sikap remaja putri da-lam mencegah kurang energi kronik. Ac-Tion: Aceh Nutrition Journal. 2019. 4(1), 58-62.

Notoatmodjo S. Promosi kesehatan teori & perilaku kesehatan. Edisi revisi. Jakarta : Rineka Cipta; 2014.

Chifdillah NA, Hazanah S. Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audiovisual Dan Media Visual Terhadap Pengetahuan Mahasiswa Ten-tang COVID-19. MMJ (Mahakam Mid-wifery Journal). 2021. 6(1), 14-27.

Ochalek TA, Heil SH, Higgins ST, Badg-er GJ, Sigmon SC. A novel mHealth ap-plication for improving HIV and Hepatitis C knowledge in individuals with opioid use disorder: A pilot study. Drug and al-cohol dependence. 2018. 190, 224-228.

Korber I, Shepherd J. Teaching the information literacy Framework: Creating choose-your-own-adventure flipbooks . Reference Services Review. 2019. Available from:https://www.emerald .com/insight/content/doi/10.1108/RSR-05-2019-. Accessed Oktober 25, 2022.

Kalalo RJP, Lumenta AS, Paturusi SD. Pembelajaran Daring Interaktif menggunakan Flipbook dan Pengaruhnya terhadap Proses dan Hasil Blended Learn-ing. Jurnal Teknik Informatika. 2021. 16(2), 165- 174.

Fitria M. Pengaruh Media Video dan Me-dia Flipbook mengenai Vaksinasi COVID-19 terhadap Pengetahuan dan Si-kap Mahasiswa di Universitas Sumatera Utara; 2021

Amanullah MA. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 2020. 8(1), 37-44.

Ruddamayanti R. Pemanfaatan buku digi-tal dalam meningkatkan minat baca. In Prosiding Seminar Nasional Program Pas-casarjana Universitas PGRI Palembang. 2019. 12(01).

Mansyur U. Minat Baca Mahasiswa: Po-tret Pengembangan Budaya Literasi di Universitas Muslim Indonesia. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya. 2020. 4(2), 135-141.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.