Efektivitas Permainan Roda Putar terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa Mengenai COVID-19 di SD Cahaya Pengharapan Abadi Deli Serdang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dwinanda, Reiny. Terbaru, Ini Pan-dangan WHO Soal Penutupan Sekolah. Jenewa: Republika, Diakses pada 17 November 2021 dari: https://www.republika.co.id/berita/qgqxkl414/terbaru-ini-pandangan-who-soal-penutupan-sekolah
Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO), 25 Maret 2020 setidaknya ada 290,5 juta siswa di seluruh dunia yang terdampak COVID-19 https://www.liputan6.com/health/read/4195275/unesco-penutupan-sekolah-akibat-covid-19-berdampak-pada-290-juta-pelajar-di-dunia
Kuswandi. (2021, 03 Oktober). Terus Dorong PTM, Ternyata Angka Putus Sekolah di Masa Pandemi Kecil. JawaPos.com. Diakses dari https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/03/10/2021/terus-dorong-ptm-ternyata-angka-putus-sekolah-di-masa-pandemi-kecil/
https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/indonesia-18-bulan-setelah-sekolah-ditutup-kini-waktunya-anak-anak-kembali-ke
PMPK Kemendikbud. (2021). Sekolah Tatap Muka Terbatas Mulai Juli 2021. Diakses dari https://pmpk.kemdikbud.go.id/read-news/sekolah-tatap-muka-terbatas-mulai-juli-2021
Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri - Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)
Chen X, Ran L, Liu Q, Hu Q, Du X, Tan X. Hand Hygiene, Mask-Wearing Behaviors and Its Associated Factors during the COVID-19 Epidemic: A Cross-Sectional Study among Primary School Students in Wuhan, China. Int J Environ Res Public Health. 2020;17(8). Epub 2020/04/26.
Canini L, Andreoletti L, Ferrari P, et al. Surgical mask to prevent influenza transmission in households: a cluster randomized trial. PLoS One. 2010;5(11):e13998. Epub 2010/11/26.
Suess T, Remschmidt C, Schink SB, et al. The role of facemasks and hand hygiene in the prevention of influenza transmission in households: results from a cluster randomised trial; Berlin, Germany, 2009-2011. BMC Infect Dis. 2012;12:26. Epub 2012/01/28.
Allison MA, Guest-Warnick G, Nelson D, et al. Feasibility of elementary school children's use of hand gel and facemasks during influenza season. Influenza Other Respir Viruses. 2010;4(4):223-9. Epub2010/09/15.
Sumantri, D., Lestari, Y., & Arini, M. (2013). Pengaruh perubahan tingkat kesehatan gigi dan mulut pada pelajar usia 7-8 tahun di 2 SD Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi melalui permainan edukasi kedokteran gigi. Andalas Dental Journal, 1(1), 39-48. Diakses pada 17 November 2021 dari: http://adj.fkg.unand.ac.id/indexphp/ADJ/article/download/12/5/
Hari P, Trischa. (2010). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Orang Tua Dalam Memanfaatkan Alat-Alat Permainan Edukatif Di Ruang Anak RS Baptis Kediri. Jurnal Stikes RS Baptis, Volume 3 Edisi 1 Juli. Diakses dari https://ejournal.petra.ac.id/index.php/stikes/article/view/18442
Khairunnisa, W. (2017). Pengembangan media permainan roda putar berbasis website untuk keterampilan membaca bahasa Prancis siswa kelas XI SMA Angkasa Adisutjipto (Skripsi). Diakses pada 17 November 2021 dari: https://eprints.uny.ac.id/53931/1/SKRIPSI%20Wardsh%20Khairunnisa.pdf
Yuniartien, E. (2017). Penggunaan media roda pintar untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling dan luas segitiga kelas IV SD Negeri 1 Dasan Tereng Tahun 2017/2018 (Skripsi, IAIN Bengkulu). Diakses dari http://eprints.unram.ac.id/10509/1/ERSA%20YUNNIARTIEN.pdf
Miftahurrahmah.(2020).Pengaruh Media Roda Putar Dan Explosion Box Terhadap Pengetahuan, Sikap Dalam Konsumsi Sayur Buah Di Min 10 Asahan Tahun 2020 (skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara, Medan). yang diakses pada tanggal 20 November 2021 dari: https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/28673/161000315.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Borg, Walter R, Meredith D, Gall and Joyce P. Gall. 2007. Education Research. New York: Pearson Education, Inc.
Skinner, B. F. (1938). The behavior of organisms an experimental analysis. D.Appleton-century company, inc. New York
Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta:Rineka Cipta.
Indriani, D. (2018). Pengaruh alat peraga roda bangun datar terhadap hasil belajar geometri materi bangun datar siswa kelas IV (Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah.).Diakses dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/38448/1/DESI% 20INDRIANI%201113018300074.pdf
Yuniartien, E. (2017). Penggunaan media roda pintar untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling dan luas segitiga kelas IV SD Negeri 1 Dasan Tereng Tahun 2017/2018 (Skripsi, IAIN Bengkulu). Diakses dari http://eprints.unram.ac.id/10509/1/ERSA%20YUNNIARTIEN
Anggraini, P., & Ningrum, M. A. (2018). Pengembangan media roda putar untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun (Skripsi, Universitas Negeri Surabaya). Yang diakses pada 17 November 2021 dari:https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paudteratai/article/viewFile/25815/23657
Afni, N. (2013). Penerapan strategi roda putar pemecah masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Naumbai