Pengaruh Promosi Kesehatan dengan Media Video dan Booklet terhadap Pengetahuan Siswa mengenai Perilaku Sedentari di MAN 1 Medan

Amaliyah Nurmely Rahmah Saragih, Lita Sri Andayani

Abstract

Latar Belakang. Perilaku sedentari merupakan masalah yang serius dalam kesehatan masyarakat karena dapat meningkatkan semua penyebab kematian dan risiko penyakit tidak menular. Populasi dengan tingkat perilaku sedentari paling tinggi adalah remaja khususnya siswa SMA. Dalam rangka mencegah perilaku sedentari, maka dibutuhkan pemberian promosi kesehatan melalui media pembelajaran seperti media video dan booklet. Tujuan. Menganalisis pengaruh promosi kesehatan dengan media video dan booklet terhadap pengetahuan siswa mengenai perilaku sedentari di MAN 1 Medan. Metode. Penelitian quasi-experiment menggunakan rancangan non-equivalent control group dengan jumlah sampel 30 siswa yang dibagi menjadi 15 siswa pada masing-masing kelompok intervensi dan dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil. Siswa mempunyai rata-rata pengetahuan sebelum (13,20) dan setelah (17,33) diberikan intervensi media video dengan nilai p=0,001. Sementara, rata-rata pengetahuan siswa sebelum (12,93) dan setelah (15,33) diberikan intervensi media booklet dengan nilai  p=0,002. Kesimpulan. Terdapat perbedaan pengetahuan siswa mengenai perilaku sedentari setelah diberikan promosi kesehatan dengan media video dan media booklet. Sebagai bagian dari media promosi kesehatan, baik media video dan media booklet keduanya berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan siswa mengenai perilaku sedentari. Akan tetapi, setelah diberikan intervensi dengan media video, siswa memiliki nilai rerata pengetahuan lebih tinggi dibandingkan media booklet.ABSTRACTBackground. Sedentary behavior is a severe problem in public health since it can increase all causes of death and the risk of non-communicable diseases. Adolescents are the highest population with sedentary behavior, exceptionally high school students. To prevent sedentary behaviour, learning through media such as videos and booklets is necessary to promote health.  Objective. The objective is to analyze the influence of health promotion with video and booklet media on students’ knowledge regarding sedentary behavior at MAN 1 Medan.  Method. Quasi-experiment that used a non-equivalent control group design. The number of samples consisted of 30 students divided into 15 students in each intervention group. Analysis used Wilcoxon Signed Rank Test. Results. The students’ average knowledge before (13.20) and after (17.33) with p=0.001 were given an intervention by video. Meanwhile, the students’ average knowledge before (12.93) and after (15.33) with p=0.002 were given an intervention by booklet. Conclusion. There is a difference in students’ knowledge regarding sedentary behavior after being given health promotion with video and booklet. Both video and booklet as a health promotion media affected increased students’ knowledge about sedentary behavior. However, after being given intervention with video, students had a higher knowledge average than booklet. 

Keywords

perilaku sedentari, video, booklet, siswa

Full Text:

PDF

References

Owen, N., Healy, G. N., Matthews, C. E., & Dunstan, D. W. (2010). Too Much Sitting: The Population-Health Science of Sedentary Behavior. Exercise and Sport Sciences Reviews, 38(3), 105-113. doi: 10.1097/JES.0b013e3181e373a2. Diakses pada 09 November 2021 dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3404815/

Pate, R. R, O’Neill, J. R., Lobelo, F. (2008). The evolving definition of “Sedentary”, Exercise and Sport Sciences Reviews, 36(4), 173-178. doi:10.1097/JES.0b013e3181877d1a. Diakses pada 06 November 2021 dari https://journals.lww.com/acsm-essr/Fulltext/2008/10000/The_Evolving_Definition_of__Sedentary_.2.aspx

Ochoa, M. C., Moreno-Aliaga, M. J., Martínez-González, M. A., Martínez, J. A., Marti, A., & Members, G. E. N. O. I. (2007). Predictor factors for childhood obesity in A Spanish Case-Control Study. Nutrition, 23(5), 379-384. doi: 10.1016/j.nut.2007.02.004. Diakses pada 17 November 2021 dari https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17408922/

World Health Organization. (2002). Sedentary Lifestyle: A global public health problem. Geneva: World Health Organization. Diakses pada 12 Desember 2021 dari https://www.who.int/docstore/world-health-day/2002/fact_sheets4.en.pdf

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013; RISKESDAS. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan RI.

Park, J. H., Moon, J. H., Kim, H. J., Kong, M. H., & Oh, Y. H. (2020). Sedentary lifestyle: overview of updated evidence of potential health risks. Korean Journal of Family Medicine, 41(6), 365-373. doi: 10.4082/kjfm.20.0165. Diakses pada 17 November 2021 dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7700832/

Barnett, T. A., Kelly, A. S., Young, D. R., Perry, C. K., Pratt, C. A., Edwards, N. M., ... & American Heart Association Obesity Committee of the Council on Lifestyle and Cardiometabolic Health; Council on Cardiovascular Disease in the Young; and Stroke Council. (2018). Sedentary behaviours in today’s youth: approaches to the prevention and management of childhood obesity: A Scientific Statement from the American Heart Association. Circulation, 138(11), e142-e159. doi: 10.1161/CIR. 0000000000000591. Diakses pada 08 November 2021 dari https://www.ahajournals.org/doi/pdf/10.1161/CIR.0000000000000591

Lestari, M. (2018). Hubungan antara aktivitas sedentari dengan prevalensi overweight (pada siswa kelas XI IPS SMAN 11 Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 6(2), 369-373. Diakses pada 12 Desember 2021 dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/23958/21898

Stierlin, A. S., De Lepeleere, S., Cardon, G., Dargent-Molina, P., Hoffmann, B., Murphy, M. H., ... & De Craemer, M. (2015). A systematic review of determinants of sedentary behaviour in youth: A DEDIPADIC Study: International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 12(1), 1-19. doi: 10.1186/s12966-015-0291-4. Diakses pada 27 November 2021 dari https://link.springer.com/article/10.1186/s12966-015-0291-4

Pradany, R. N., Nursalam, N., & Efendy, F. (2020). Niat teman sebaya terhadap peningkatan dukungan dalam mencegah perilaku sedentari remaja. Jurnal Penelitian Kesehatan SUARA FORIKES (Journal of Health Research Forikes Voice), 11(3), 319-323. doi: 10.33846/sf11319. Diakses pada 12 Desember 2021 dari https://forikes-ejournal.com/index.php/SF/article/download/sf11319/11319

Ardian, I. (2014). Penggunaan media promosi kesehatan dalam lingkup kesehatan reproduksi. Jurnal Unissula. Diakses pada 13 Desember 2021 dari http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/210997003/4361artikel_promkes.pdf

Muyassaroh, Y., & Isharyanti, S. (2020). Pengaruh media audiovisual dan booklet ”SECANTIK TAMI” (Sehat dan Cantik Tanpa Anemia) terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang Anemia Premarital. Jurnal Kesehatan Madani Medika, 11(2), 129-138. doi: 10.36569/jmm.v11i2.115. Diakses pada 01 November 2021 dari https://jurnalmadanimedika.ac.id/index.php/JMM/article/view/115

Permadi, M. R., & Astari, I. A. M. A. R. (2021). Pengaruh media booklet terhadap peningkatan pengetahuan siswa SMP dalam memilih jajanan sehat. Gorontalo Journal of Nutrition Dietetic, 1(1), 16-21. Diakses pada 13 Desember 2021 dari https://jurnal.unigo.ac.id/index.php/gjnd/article/download/1400/654

Safitri, N. R. D. (2016). Pengaruh Edukasi Gizi dengan Ceramah dan Booklet terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Gizi Remaja Overweight (Skripsi, Universitas Diponegoro). Diakses pada 13 Desember 2021 dari http://eprints.undip.ac.id/52289/1/888_Nurul_Riau_Dwi_Safitri.pdf

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Laporan Provinsi Su-matera Utara RISKESDAS 2018. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Sinulingga, P. A., Andayani, L. S., & Lubis, Z. (2021). Pengaruh sekolah secara online terhadap perilaku sedentari yang berisiko obesitas pada remaja berumur 15-19 tahun. Jurnal Kesehatan, 12(3), 396-403. doi: http://dx.doi.org/10.26630/jk.v12i3.2683. Diakses pada 21 April 2022 dari http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK/article/view/2683

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (edisi ke-2). Bandung: Alfabeta.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2016). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan (edisi revisi 2012). Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, E. R. (2016). Efektivitas promosi kesehatan dengan media leaflet dan media video terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang HIV/AIDS di SMA Negeri 1 Berastagi tahun 2016. (Tesis, Universitas Sumatera Utara). Diakses pada 21 Maret 2022 dari https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/735/147032119.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Lestary, E. R. F., & Dasuki, M. S. (2014). Pengaruh penyuluhan kesehatan reproduksi melalui media elektronik video terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi pada siswa SMP Negeri 9 Surakarta (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Diakses pada 25 Maret 2022 dari http://eprints.ums.ac.id/28097/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Islamiyah, F. (2017). Pengaruh promosi kesehatan dengan video dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja tentang pernikahan dini di SMP Negeri 2 Sanden Bantul Yogyakarta (Skripsi, Universitas ‘Aisyiyah Yog-yakarta). Diakses pada 13 Desember 2021, dari https://core.ac.uk/download/pdf/299437948.pdf

Soni, N. (2020). Effectiveness of an in-formation booklet on knowledge regard-ing prevention of Covid-19. Paripex – Indian Journal of Research, 9(8). 55-56. doi: 10.36106/paripex. Diakses pada 27 Maret 2022 dari https://www.worldwidejournals.com/paripex/article/effectiveness-of-an-information-booklet-on-knowledge-regarding-prevention-of-covid-19/MTUwMDA=/?is=1

Joohi, V., Ajay, K., Deepanshi, S., Kritika, M., Pooja., Y., Shivani, P. (2020). A study to assess the effectiveness of information booklet on knowledge regarding sex education among higher secondary students in selected school of Lucknow, Uttar Pradesh. Best International Journal, 6(3), 56-60. Diakses pada 26 Maret 2022 dari https://www.ijtsrd.com/medicine/nursing/31637/a-study-to-assess-the-effectiveness-of-information-booklet-on-knowledge-regarding-sex-education-among-higher-secondary-students-in-selected-school-of-lucknow-uttar-pradesh/ms-joohi-v

Putri, F. L., Yudianti, I., & Mansyur, H. (2019). Efektivitas penggunaan media video dan ular tangga terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi siswa kelas XI. Jurnal Pendidikan Kesehatan (e-Journal), 8(1), 23-35. Diakses pada 24 Maret 2022 dari https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/jpk/article/download/690/181

Sulistiyani, S. B. (2018). Efektivitas pemberian media booklet dan video anemia terhadap pengetahuan remaja putri Desa Karangwuni Wates Kulon Progo tahun 2017. (Skripsi, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta). Diakses pada 24 Maret 2022 dari http://digilib.unisayogya.ac.id/4059/

Lubis, M. A. A. F. (2018). Pengaruh penyuluhan kesehatan menggunakan video terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang diet sehat di MAN 2 Model Medan tahun 2018. (Skripsi, Universitas Sumatera Utara). Diakses pada 22 Maret 2022 dari https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/13274

Yusnita & Numaria. (2016). Pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media poster, video, dan leaflet terhadap pengetahuan siswa dalam mencuci tangan menggunakan sabun. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 5(9). doi:10.35952/jik.v5i9.27. Diakses pada 24 Maret 2022 dari https://www.researchgate.net/publication/334650827_pengaruh_pendidikan_kesehatan_menggunakan_media_postervideo_dan_leaflet_terhadap_pengetahuan_siswa_dalam_mencuci_tangan_menggunakan_sabun

Sinulingga, P. A., Andayani, L. S., & Lubis, Z. (2021). Hubungan pengetahuan dengan perilaku sedentari yang berisiko obesitas pada remaja di Kota Medan. Jurnal Health Sains, 2(5), 655-661. Diakses pada 05 November 2021 dari http://jurnal.healthsains.co.id/index.php/jhs/article/view/156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.