Sikap Orang Tua dan Siswa Terhadap Penerapan Protokol Kesehatan 5M pada Pembukaan Sekolah Tatap Muka di Masa Pandemi COVID-19

Ai Evi, Tuti Surtimanah, Mila Mardotilah

Abstract

Latar Belakang.COVID-19 menjadi pandemi global, kasus baru COVID-19 masih terus bertambah dan memengaruhi segala bidang kehidupan termasuk sekolah harus dilakukan secara daring. Ada keinginan membuka sekolah tatap muka langsung, untuk itu perlu diketahui sikap siswa dan orang tua terkait penerapan protokol kesehatan sebagai masukan untuk kebijakan.

Tujuan.identifikasi sikap orang tua dan siswa terhadap penerapan protokol kesehatan 5M pada pembukaan sekolah tatap muka dimasa pandemi COVID-19.

Metode.Menggunakan disain penelitian deskriptif komparatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi siswa dan orang tua siswa Madrasah Aliyah 384 orang dengan sampel purposif 160 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dikemas menggunakan Google form.

Hasil. Sebanyak 86,3% orang tua dan 82,5% siswa bersikap positif (mendukung) penerapan protokol kesehatan 5M.  Tidak adanya signifikan (p-value=0,469) antara sikap orang tua dan siswa. Sebagian besar orang tua (88,8%) dan siswa (90%) menyatakan tidak ada hambatan dalam penerapan protokol kesehatan 5M.

Kesimpulan. Orang tua dan siswa sama-sama bersikap positif (mendukung) penerapan protokol kesehatan 5M pada pembukaan sekolah tatap muka di masa pandemic COVID-19. Orang tua diharapkan mendorong dan memfasilitasi siswa menerapkan 5M secara konsisten, sekolah mempersiapkan pengaturan pelaksanaan dan penyediaan sarana pendukung penerapan 5M.

 

ABSTRACT

Background.COVID-19 is a global pandemic. New cases of COVID-19 continue to grow and affect all areas of life, including schools thatmust be conducted online. There is a desire to open a face-to-face school; therefore, it is necessary to know the attitudes of students and parents regarding the implementation of health protocols as input for the policy.

Objective.identify parents' and students' attitudes towards applying the 5M health protocol at the opening of face-to-face schools during the COVID-19 pandemic.

Method.used comparative descriptive research design with a cross-sectional approach. The population of parents and students are 384 people, with a purposive sample of 160 people. The data was collected using questionnaires packaged in Google forms.

Results.86.3% of parents and 82.5% of students supported the implementation of the 5M. There was no significant difference (p-value=0.469) between parents' and students' attitudes. Most parents (88.8%) and students (90%) stated no obstacles in implementing the 5M health protocol.

Conclusion: Parents and students positively support implementing the 5M health protocol at the opening of face-to-face schools during the COVID-19 pandemic. Parents should encourage and facilitate students to apply 5M consistently, schools prepare implementation arrangements and provide supporting facilities for implementing 5M

Keywords

penularan, masker, cuci tangan, jaga jarak, batasi bepergian

Full Text:

PDF

References

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid19). Vol 5.; 2020. doi:10.33654/math.v4i0.299

Kemenkes RI. Pedoman Perubahan Perilaku. Pedoman Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19. Published online 2020:1-60.

Santika IGNN. Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmu Ilmu Sos. 2020;6(2):127. doi:10.23887/jiis.v6i2.28437

Syah RH. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM Jurnal Sosial dan Budaya Syari. 2020;7(5). doi:10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta; 2014.

Surtimanah T, Hanifah, Hasna, Nataria N, Lfianita D, Audia SS, Mulyawan, Pratama, S IN. Penyuluhan Pencegahan Covid-19 Melalui Video Bagi Masyarakat Perdesaan dan Perkotaan. AS-SYIFA Jurnal Pengandian dan Pemberdaya Kesehatan Masyarakat. 2021;Volume. 2(1):43-53.

Lubis DAS. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Sikap dan Perilaku terhadap Pencegahan Infeksi Covid-19 Pada Mahasiswa Semester 6 Fakultas Kedokteran USU. Skripsi. Published online 2021.

Gunawan S, Sinsin I, Zani AYP. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Pencegahan COVID-19 Pada Peserta Seminar Online STIKes Raflesia 7 April 2020. Perilaku dan Promosi Kesehat Indones Jurnal Health Promotion Behavior. 2021;3(1):47. doi:10.47034/ppk.v3i1.4553

Sari RK. Identifikasi Penyebab Ketidakpatuhan Warga Terhadap Penerapan Protokol Kesehatan 3M Di Masa Pandemi Covid-19. J Akrab Juara. 2021;6(1):84-94.

Surtimanah T, Sjamsuddin IN, Hanifah H, Alfianita D, Audia SS, Mulyawan P. Perilaku Pencegahan dan Sumber Informasi Covid-19 di Pedesaan dan Perkotaan Prevention Behavior and Information Sources of Covid-19 in Rural and Urban Areas. Afiasi - Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2021;6(2):82-93.

Fauzan Alfikri, Ali Akbar YDA. Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa dalam Pencegahan COVID-19. Borneo Nursing Journal. 2021;3(1):1-9. http://www.informaticsjournals.com/index.php/jhsr/article/view/8530/13618

Komite Penanganan COVID-19. FINAL_Pedoman Pembelajaran pada Semester Genap TA 2020_2021_20201120.pdf. Pedoman Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi COVID-19. Published online 2020:14.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.