Sosialisasi Pentingnya Pengisian Berkas Rekam Medis dalam Menghindari Terjadinya Ketidaklengkapan Berkas Rekam Medis di Klinik Pratama Kelamir Medan

Andini Mentari Tarigan

Abstract


Dalam rekam medis yang lengkap dan benar dapat diperoleh informasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan tersebut antara lain untuk bahan bukti untuk di pengadilan, pendidikan dan pelatihan, serta dapat digunakan untuk bahan analisis dan evaluasi mutu pelayanan rumah sakit. Mengingat kegunaan rekam medis yang banyak maka diperlukan pengendalian terhadap pengisian formulir rekam medis.Rekam medis wajib dibuat oleh setiap sarana pelayanan kesehatan. Dengan demikian rekam medis besar pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan kesehatan yang diterima oleh pasien, juga menyumbangkan hal yang penting digunakan di hukum kesehatan. Rekam medis dipergunakan sebagai bahan pendidikan, penelitian dan akreditasiKetidaklengkapan dan ketidaktepatan waktu memberikan dampak yang tidak bagi proses pelayanan kepada pasien, karena waktu untuk proses pendaftaran sampai dilakukannya tindakan medik menjadi lama. Selain itu analisa terhadap riwayat penyakit terdahulu serta tindakan medis yang telah dilakukan secara baik akibat tidak lengkapnya data pada rekam medis pasie. Pengisian rekam medis secara lengkap selain menghindari terjadinya ketidaklengkapan berkas rekam medis namun bertujuan untuk membantu terwujudnya Kegunaan rekam medis sering disebut dengan CIALFRED.

Full Text:

PDF

References


Indonesia, P. M. K. R. (2008) ‘Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269/Menkes/Per/III/2008’.

Rina Gunarti, S.K.M, M. and Masrudi Muctar, S.H., M. H. (2019) Rekam medis dan Informasi Kesehatan. Yogyakarta: Thema Publishing.

Undang-Undang Kesehatan (1992) ‘Undang-Undang Kesehatan No 23 Tahun 1992 Tentang Kesehatan’, p. 31.

Winarti and Stefanu Supriyanto (2013) ‘Analisis Kelengkapan Pengisian dan Pengembalian Rekam Medis Rawat Inap Rumah Sakit’, 1, pp. 345–351.

Zendrato, A. M. (2017) ‘Gambaran Pelaksanaan Pelayanan Penerimaan Pasien Rawat Inap dan Kelengkapan Pengisian Berkas Rekam Medis di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara Tahun 2017’.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.