Upaya Penggantian Sampah Plastik dalam Pengemasan Komoditi Online Shop oleh Pelaku UMKM

Ade Pahlevi Marbun, Ainin Ainin, Aphroditha Emawati N.K.D, Dinda Tasya Nabila, Ghariza A Samara, Muhammad Abdullah Sani, Nurfatia Negari, Nurizka Deviani, Senja Arum Woro W, Sona Setiawan, Zahra Alyani Fauhan, Dadan Erwandi

Abstract


Latar Belakang: Meningkatnya sampah plastik dari jasa  pengantaran  paket  selama  pandemi  sebanyak  62%  dapat  mengancam  kesehatan lingkungan. Selain  jasa  pengantaran  paket,  penjual  online  juga  berperan penting dalam menyumbang sampah plastik di masa pandemi. Kesadaran penjual  online akan bahaya plastik dapat mengurangi jumlah sampah plastik di masa pandemi.Tujuan:Tujuan dari kegiatan intervensi yang dilakukan adalah untuk mengurangi  penggunaan  plastik  pada  pelaku  UMKM  yang memiliki usaha online shop.Metode: Dalam intervensi digunakan metode analisis situasi, identifikasi masalah, dan penentuan prioritas masalah. Kegiatannya berupa rangkaian tahap persiapan, pelaksanaan,  evaluasi,  intervensi, dan laporan. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan Focus Group Discussion (FGD) dan pemnyebakan kuesioner. Selanjutnya dilakukan evaluasi untuk menentukan rencana intervensi. Sedangkan intervensi sendiri dilakukan dengan pelatihan pada sasaran, yakni para pelaku UMKM di Kota Depok.Hasil: Hasil dari intervensi ditemukan adanya 39 peningkatan pengetahuan dan pemahaman para peserta pelatihan setelah mengikuti kegiatan intervensi PEKA.Simpulan: Dengan adanya intervensi didapatkan perubahan dan peningkatan pengetahuan pada responden. Hal ini diharapkan dapat mengubah perilaku responden untuk dapat berperilaku lebih baik kaitannya dengan penggunaan dan pengelolaan plastic sebagai kemasan produk.

Full Text:

PDF

References


BPS. 2018. Statistik Lingkungan Hidup Indonesia; Pengelolaan Sampah di Indonesia. Jakarta; Badan Pusat Statistik Indonesia

Hasibuan, R. (2016). Analisis dampak limbah/sampah rumah tangga terhadap pencemaran lingkungan hidup. Jurnal Ilmiah Advokasi, 4(1), 42-52.

Karuniastuti, N. (2013). Bahaya plastik terhadap kesehatan dan lingkungan. Swara Patra, 3(1). Notoatmodjo, Soekidjo, 2010. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta; Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2011. Kesehatan Masyarakat : Ilmu dan Seni. Jakarta; Rineka Cipta

Yana, Syaifuddin dan Badaruddin. 2017. Pengelolaan Limbah Plastik Sebagai Upaya Pengurangan Pencemaran Lingkungan Melalui Transformasi yang Memiliki Nilai Tambah Ekonomi. Jurnal Serambi Engineering, 2:(4), 157-164.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.