e-ISSN 2774-7417

Vol 4, No 1 (2023)

Analisis Kasus Kecelakaan Pemboran pada Industri Migas di PT.X Berdasarkan Faktor Manusia Tahun 2022

Siti Khodijah, Mufti Wirawan

Abstract


Kegiatan pemboran migas memiliki risiko tinggi terkait. 80% penyebab kecelakaan pemboran disebabkan oleh human performance. Tahun 2020, aktivitas pemboran di PT. X menyumbang sebesar 3 dari 8 kecelakaan dan penyebab umum yang terjadi karena faktor manusia. Unsafe acts dianggap menjadi penyebab utama dalam kecelakaan pemboran di industri migas. Penelitian ini membahas mengenai analisis kasus kecelakaan pemboran migas di PT.X dari sudut pandang faktor manusia. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis faktor kontribusi dari kegagalan aktif dan laten serta menganalisis kasus kecelakaan kerja dari sudut pandang faktor manusia pada aktivitas pemboran di PT. X tahun 2022, dan menentukan rekomendasi untuk perbaikan kedepannya dari kegiatan pengeboran di PT. X. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dari data sekunder dan hasil wawancara. Didapatkan hasil bahwa kondisi laten yang berkontribusi terhadap kecelakaan pemboran yang terjadi di PT. X pada tahun 2022 yaitu  gagal mengupdate regulasi terbaru, pengendalian yang dilakukan masih  bersifat administratif, dll. Sedangkan kegagalan aktif yang berkontribusi yaitu gagal menginterpretasikan peralatan yang rusak, pelanggaran SOP, dll. Sehingga ditemukan bahwa kondisi laten lebih banyak berkontribusi sehingga menimbulkan unsafe acts. Sintesa dari hasil analisis didapat bahwa safety value belum tertanam di PT. X. Sehingga rekomendasi yang diberikan penulis yaitu menjadikan K3 sebagai safety of work. 

Keywords


Faktor manusia; HFACS-OGI; Kecelakaan pemboran; Kegagalan laten dan aktif; Swiss cheese model

References


AlNoaimi, F. and Mazzuchi, T., 2021. Risk Management Application in an Oil and Gas Company for Projects. International Journal of Business Ethics and Governance, pp.1-30.

E-education.psu.edu. 2022. The Drilling Process. [online] Available at: [Accessed 22 February 2022].

ESDM RI. 2021. LAPORAN KINERJA 2020. [online] Available at: [Accessed 18 November 2021].

Gao, Y., Chen, Y., Zhao, X., Wang, Z., Li, H. and Sun, B., 2018. Risk analysis on the blowout in deepwater drilling when encountering hydrate-bearing reservoir. Ocean Engineering, 170, pp.1-5.

HaSPA, 2012. The Core Body of Knowledge for General OHS Professionals. Tullamarine, Victoria: Safety Institute of Australia Ltd,.

Khan, FI., Sadiq, R., & Husain, T., 2002. Risk Based Process Safety Assessment and Control Measures Design for Offshore Process Facilities. Journal of Hazardous Materials, 94(1), 1–36.

Larouzee, J. and Le Coze, J., 2020. Good and bad reasons: The Swiss cheese model and its critics. Safety Science, 126, p.104660.

Nwankwo, C., Arewa, A., Theophilus, S. and Esenowo, V., 2021. Analysis of accidents caused by human factors in the oil and gas industry using the HFACS-OGI framework. International Journal of Occupational Safety and Ergonomics, pp.1-13.

OSHA. 2022. Oil and Gas Extraction. [online] Available at: [Accessed 28 February 2022].

Rae, A. and Provan, D., 2019. Safety work versus the safety of work. Safety Science, 111, pp.119-127.

Reason, J., 1990. Human Error. Cambridge University Press.

Reason, J., 1997. Managing the Risks of Organisational Accidents. Aldershot: Ashgate.

Reason, J., 2000. Human error: models and management. The Western journal of medicine, 172(6), 393–396. https://doi.org/10.1136/ewjm.172.6.393

Reason, J., 2008. The Human Contribution: Unsafe Acts, Accidents and Heroic Recoveries. Surrey: Ashgate.

Septalita, E., 2017. KECELAKAAN KERJA DI AREA PEMBORAN MINYAK DAN GAS TAHUN 2012–2016. IJOSH, 7(1), p.53.

SKKMIGAS. 2014. Tangan Negara Di Bisnis Hulu. [online] Available at: [Accessed 19 November 2021].

Theophilus, S., Esenowo, V., Arewa, A., Ifelebuegu, A., Nnadi, E. and Mbanaso, F., 2017. Human factors analysis and classification system for the oil and gas industry (HFACS-OGI). Reliability Engineering & System Safety, 167, pp.168-176.

Wiegmann, D. and Shappell, S., 2003. A Human Error Approach to Aviation Accident Analysis: The Human Factors Analysis and Classification System. England, pp.50-71.

Wilson, J. and Stanton, N., 2004. Safety and performance enhancement in drilling operations by human factors intervention (SPEDOHFI). HSE, pp.1 and 23.


Full Text: PDF

DOI: 10.59230/njohs.v4i1.7095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.