e-ISSN 2774-7417

Vol 3, No 2 (2022)

Gambaran Faktor Psikososial dan Distress pada Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kota Depok saat Pandemi COVID-19 Tahun 2022

Azka Hafia, Dadan Erwandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran faktor psikososial dan distress pada guru SLB di Kota Depok saat pandemi COVID-19 tahun 2022. Penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional dengan pendekatan semi kuantitatif melalui pengisian kuesioner dan wawancara. Sejumlah 67 guru SLB di Kota Depok berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 34,3% guru mengalami distress sedang dan 16,4% guru mengalami distress signifikan. Kemudian, ditemukan bahwa distress lebih banyak dialami oleh guru perempuan (52,7%), berumur > 30 tahun (52,4%), berasal dari program studi non-PLB (52,5%), tidak memiliki tipe kepribadian A (66,6%), memiliki masa kerja > 10 tahun (60%), sudah menikah (59,5%), memiliki anak (64,9%), memiliki dukungan sosial buruk dari keluarga (89,3%), memiliki beban kerja tinggi (61,8%), memiliki peralatan kerja buruk (63,9%), memiliki jam kerja buruk (64,3%), memiliki konflik peran tinggi (73,7%), memiliki ambiguitas peran tinggi (76,2%), memiliki kontrol pekerjaan buruk (81,4%), memiliki dukungan sosial yang buruk dari atasan dan rekan kerja (81,4%), memiliki konflik antara pekerjaan dan rumah yang tinggi (86,2%), jarang melakukan hobi (66,7%), dan memiliki ketakutan berat terhadap infeksi COVID-19 (71,4%).

Keywords


Distress, Faktor Psikososial; Guru SLB

References


Amalina, N., Huda, B. and Hejar, A. (2016) ‘Job Stress and Its Determinants among Academic Staff in A University in Klang Vallley, Malaysia’, International Journal of Public Health and Clinical Sciences, 3(6).

Budi, S. et al. (2021) ‘Deteksi Potensi Learning Loss pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusi’, Jurnal Basicedu, 5(5), pp. 3607–3613.

CCOHS (2018) Workplace Stress, OSH Answer Fact Sheets. Available at: https://www.ccohs.ca/oshanswers/psychosocial/stress.html.

Cheung, T. and Yip, P. (2016) ‘Lifestyle and Depression among Hong Kong Nurse’, International Journal of Environmental Research and Public Health. doi: 10.3390/ijerph13010135.

Etxebarria, N. et al. (2021) ‘The Psychological State of Teachers During the COVID-19 Crisis: The Challenge of Returning to Face-to-Face Teaching’, Front Psychol. doi: 10.3389/fpsyg.2020.620718.

Gaol, N. T. L. (2016) ‘Teori Stres : Stimulus , Respons , dan Transaksional’, Buletin Psikologi, 24(1), pp. 1–11. doi: 10.22146/bpsi.11224.

Handayani, K., Wahyuni, I. and Ekawati (2016) ‘Hubungan Usia, Jam Kerja, Job Demand, Dan Job Control Dengan Stres Kerja Pada Staff PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. Proyek Pembangunan Hotel Grandhika Semarang’, Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 4(3).

HSE UK (2021) Work-related stress, anxiety or depression statistics in Great Britain, 2021.

Javaid, M. et al. (2018) ‘Does Psychosocial Work Environment Factors Predict Stress and Mean Arterial Pressure in the Malaysian Industry Workers?’, BioMed Research International.

Kalimo, R., El-Batawi, M. and Cooper, C. (1987) Pschosocial Factors at Work and Their Relation to Health. Geneva: Worl Health Organization (WHO).

Kemendikbud RI (2020) Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Available at: https://pmpk.kemdikbud.go.id/read-news/jenisjenis-sekolah-luar-biasa.

Kemendikbud RI (2022) Sekolah Kita. Available at: https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/.

Leka, S., Griffiths, A. and Cox, T. (2003) Work Organisation & Stress. World Health Organization (WHO). Available at: https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/42625/9241590475.pdf.

Minihan, E. et al. (2022) ‘COVID-19 related occupational stress in teachers in Ireland’, International Journal of Educational Research Open, 3. doi: https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2021.100114.

Muhbar, F. and Rochmawati, D. (2017) ‘Hubungan antara Tingkat Stres dengan Beban Kerja Guru di Sekolah Luar Biasa’, Jurnal Keperawatan, 5(2).

NIOSH (1999) Stress at Work. U.S. Department of Health and Human Service. Available at: https://www.cdc.gov/niosh/docs/99-101/pdfs/99-101.pdf?id=10.26616/NIOSHPUB99101.

Pranjić, N. and Grbović, M. (2011) ‘Common factors related to chronic occupational distress among special education teaching staff in Montenegro’, International Journal of Peace and Development Studies, 2(4), pp. 110–118.

Pusdatin Kemendikbud (2021) ‘Statistik Sekolah Luar Biasa (SLB) 2020/2021’, Pusat Data dan Teknologi Informasi, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Available at: http://repositori.kemdikbud.go.id/22120/1/isi_3E73984D-07CD-40C7-9E81-3809CBC4081F_.pdf.

Rakshit, M. and Sharma, Y. (2016) ‘Occupational Stress and its impact on Physical and Psychological Health of Employees in Private Educational Organizations : Management Strategies’, International Journal of Advanced Researchin Education & Technology (IJARET), 3(3).

Srivastava, R. and Sharma, S. (2017) ‘A Comparative Study of Stress, Anxiety and Depression Levels between General Educators and Special Educators’, IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), 22(11), pp. 25–31.

Suban, A. (2021) Akses Pendidikan Penyandang Disabilitas di Depok Minim, Banyak yang Sudah Besar Tapi Tak Sekolah. Available at: https://depok.tribunnews.com/2021/12/10/akses-pendidikan-penyandang-disabilitas-di-depok-minim-banyak-yang-sudah-besar-tapi-tak-sekolah.

Terayanti, Y. (2020) ‘Pengaruh Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi COVID-19’.

Uddin, M. (2020) ‘The Role of Family Social Support on Work Stress for Frontline Working Mothers in Bangladesh’, SBE, 23(1). doi: https://doi.org/10.29117/sbe.2020.0120.

Weken, M., Mongan, A. and Kekenusa, J. (2020) ‘Hubungan antara Beban Kerja, Konflik Peran, dan Dukungan Sosial dengan Stres Kerja Pada Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Manado Pada Masa Pandemi Covid-19’, Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, 1(4).

Yadav, U. et al. (2021) ‘Perceived fear of COVID-19 and its associated factors among Nepalese older adults in eastern Nepal: A crosssectional study’, PLoS ONE, 16(7).

Yunita, V., Sunardi and Kristiyanto, A. (2021) ‘Special Education Teachers’ Perceptions Toward Online Learning During the Covid-19 Pandemic’, Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI), 10(2). doi: 10.23887/jpi-undiksha.v10i2.29773.

Zaidi, U. et al. (2017) ‘Relationship of Work Context and Work Stress among Sonographers in Riyadh, KSA’, Preprints. doi: 10.20944/preprints201712.0123.v1.


Full Text: PDF

DOI: 10.59230/njohs.v3i2.6343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.