e-ISSN 2774-7417

Vol 3, No 2 (2022)

Gambaran Faktor Kegagalan Laten dan Kegagalan Aktif pada Kecelakaan Transportasi Darat di Indonesia Tahun 2019 – 2021

Rahma Laili Khairina, Dadan Erwandi

Abstract


Kecelakaan transportasi darat menjadi penyebab kematian urutan ke-8 di dunia dengan jumlah kematian mencapai 1,35 juta orang per tahun (WHO, 2021). Data Korlantas Polri tahun 2019 – 2021 menunjukkan kasus kecelakaan transportasi darat di Indonesia berada di atas angka 100 ribu setiap tahunnya. Untuk mengetahui penyebab kecelakaan secara komprehensif, penelitian ini mengidentifikasi faktor kegagalan laten dan kegagalan aktif yang berkontribusi pada kasus kecelakaan transportasi darat di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu 320.084 laporan kasus kecelakaan lalu lintas tahun 2019 – 2021 milik NTMC Korlantas Polri. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan analisis berdasarkan Swiss Cheese Model. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor kegagalan laten pada kecelakaan transportasi darat di Indonesia tahun 2019 – 2021 yaitu kondisi awal kendaraan rem tidak berfungsi (5,7%), terjadi di jalan dengan kondisi baik (92,5%), terjadi pada kondisi cuaca cerah (92,3%), dan kondisi pencahayaan terang/jelas (79,1%). Faktor kegagalan aktif pada kecelakaan kecelakaan transportasi darat di Indonesia tahun 2019 - 2021 adalah usia pengendara berusia 22 – 29 tahun (15,7%), pengendara berpendidikan SLTA/sederajat (48,4%), pengendara yang tidak memiliki SIM (28,3%), dan pengendara yang ceroboh terhadap lalu lintas dari depan (19,0%).

Keywords


Analisis Kecelakaan, Kegagalan Aktif, Kegagalan Laten, Swiss Cheese Model, Transportasi darat

References


DetikOto (2017) Rem Blong, Penyebab, dan Cara Mengatasinya, Tips and Tricks. Available at: https://oto.detik.com/tips-and-tricks/d-3488428/rem-blong-penyebab-dan-cara-mengatasinya (Accessed: 17 July 2022).

DetikOto (2021) Bikin SIM Masih Nembak, Jangan Heran Kualitas Pengendara Indonesia Seperti Sekarang, Berita. Available at: https://oto.detik.com/berita/d-5726934/bikin-sim-masih-nembak-jangan-heran-kualitas-pengendara-indonesia-seperti-sekarang (Accessed: 18 July 2022).

Hollnagel, E. (2004) Barriers and Accident Prevention. Aldershot: Ashgate.

Kementerian Perhubungan RI (2022) Angka Kecelakaan Masih Tinggi, Menhub: Kolaborasi Jadi Kunci Peningkatan Keselamatan Jalan. Available at: https://dephub.go.id/post/read/angka-kecelakaan-masih-tinggi,-menhub-kolaborasi-jadi-kunci-peningkatan-keselamatan-jalan (Accessed: 7 April 2022).

Keputusan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Nomor Kep/26/I/2020 tentang Data Kecelakaan Lalu Lintas Tahun 2019 (Program Prioritas Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas)

Keputusan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Nomor Kep/6/I/2021 tentang Data Kecelakaan Lalu Lintas Tahun 2020 (Program Prioritas Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas)

Keputusan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Nomor Kep/7/I/2022 tentang Data Kecelakaan Lalu Lintas Tahun 2021 (Program Prioritas Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas)

Li, Y. and Guldenmund, F. W. (2018) ‘Safety management systems: A broad overview of the literature’, Safety Science, 103, pp. 94–123. doi: https://doi.org/10.1016/j.ssci.2017.11.016.

Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 3 Tahun 1998 tentang Tata Cara Pelaporan dan Pemeriksaan Kecelakaan

Pusiknas Bareskrim Polri (2021) Kecelakaan Paling Sering Terjadi di Jalan dengan Kondisi Baik, Artikel. Available at: https://pusiknas.polri.go.id/detail_artikel/kecelakaan_paling_sering_terjadi_di_jalan_dengan_kondisi_baik.

Reason, J. (1990) Human Error. New York: Cambridge University Press.

Reason, J. (2000) ‘Human Error: Models and Management’, BMJ, 320, pp. 768–70. Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1117770/pdf/768.pdf (Accessed: 7 April 2022).

Republika (2018) Pemuda Usia Produktif Dominan Terlibat Kecelakaan, Nasional News. Available at: https://www.republika.co.id/berita/piv0nm366/pemuda-usia-produktif-dominan-terlibat-kecelakaan (Accessed: 18 July 2022).

Salmon, P. M., Cornelissen, M. and Trotter, M. J. (2012) ‘Systems-based Accident Analysis Methods: A Comparison of Accimap, HFACS, and STAMP’, Safety Science, 50(4), pp. 1158–1170. doi: 10.1016/j.ssci.2011.11.009.

Salmon, P. M. and Lenné, M. G. (2009) ‘Systems-based Human Factors Analysis of Road Traffic Accidents: Barriers and Solutions’, in Australasian Road Safety Research, Policing and Education Conference, pp. 201–209. Available at: http://casr.adelaide.edu.au/rsr/rsr2009/rs094023.pdf.

Toto, G. A. and Limone, P. (2019) ‘Road Transport Accident Analysis from a System-based Accident Analysis Approach Using Swiss Cheese Model’, International Journal of Engineering Education, 1(2), pp. 99–105. doi: 10.14710/ijee.1.2.99-105.

WHO (2021) Road Traffic Injuries, Fact Sheet. Available at: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/road-traffic-injuries.

Wiegmann, D. A. and Shappell, S. A. (2003) A Human Error Approach To Aviation Accident Analysis: The Human Factors Analysis and Classification System. Aldershot: Ashgate.


Full Text: PDF

DOI: 10.59230/njohs.v3i2.6298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.