e-ISSN 2774-7417

Vol 2, No 1 (2021)

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Fatigue Pada Masinis PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 3 Cirebon

Citra Amaliyah, Doni Hikmat Ramdhan

Abstract


Fatigue menjadi faktor penyumbang penting dalam isu-isu keselamatan seperti kesalahan dan kecelakaan transportasi. Sebagai bagian dari transportasi darat, keselamatan juga menjadi isu dalam industri kereta api. Dalam kurun waktu 6 tahun, terdapat setidaknya 700 peristiwa luar biasa hebat (PLH) di industri kereta api di Indonesia, termasuk tumburan antarkereta api. Dari hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi juga ditemukan bahwa beberapa kasus tumburan kereta api terjadi akibat adanya pelanggaran akibat fatigue. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat fatigue serta faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan fatigue pada masinis. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari – Juni 2021 di PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 3 Cirebon sebagai salah satu daerah operasional yang strategis dan menjadi tempat pergantian masinis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Sampel pada penelitian ini adalah 144 masinis kereta api penumpang dan barang. Data kemudian dianalisis dengan uji statistik chi square. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 45,8% responden mengalami fatigue ringan dan 54,2% responden mengalami fatigue sedang. Dari penelitian ini juga diketahui ada hubungan antara IMT (OR1=2,454; OR2=4,723), waktu tidur (OR= 2,120) dan lingkungan kerja (OR= 3,495) dengan keluhan fatigue pada masinis. Untuk itu, perusahaan perlu mengoptimalkan promosi kesehatan bagi masinis dengan status gizi tidak normal, memastikan kecukupan waktu istirahat masinis serta melakukan instalasi pendingin ruangan pada kabin untuk mengurangi suhu dan kebisingan yang berdampak pada fatigue.

Keywords


Fatigue; Masinis; Transportasi; Keselamatan

References


Biro Komunikasi dan Informasi Publik. (2012) Penyebab Kecelakaan Kereta Api Didominasi Human Error. Available at: http://dephub.go.id/post/read/penyebab-kecelakaan-kereta-api-didominasi-human-error-15056 (Accessed: 15 June 2021).

Buysse, D. J. et al. (2005) ‘Circadian patterns of sleep, sleepiness, and performance in older and younger adults’, Sleep, 28(11), pp. 1365–1376.

Darwent, D. et al. (2015) ‘Managing fatigue: It really is about sleep’, Accident Analysis and Prevention, 82, pp. 20–26.

Dorrian, J. et al. (2007) ‘Simulated train driving : Fatigue , self-awareness and cognitive Simulated train driving : Fatigue , self-awareness and cognitive disengagement’, Applied Ergonomics, 28(March), pp. 155–166.

Dorrian, J., Baulk, S. D. and Dawson, D. (2011) ‘Work hours, workload, sleep and fatigue in Australian Rail Industry employees’, Applied Ergonomics, 42(2), pp. 202–209.

European Comission. (2017) Professional drivers - Mobility and transport. Available at: https://ec.europa.eu/transport/road_safety/users/professional-drivers_en (Accessed: 15 June 2021).

European Statistic on Accident. (2014) Accident at Work Statistic. Available at: https://scholar.google.com/scholar?q=related:5kT5GWmBCXYJ:scholar.google.com/&scioq=&hl=id&as_sdt=0,5 (Accessed: 15 June 2021).

Fan, J. (2018) An Investigation of Rail Crew Fatigue and Well-being.

Fan, J. and Smith, A. P. (2018) ‘A Preliminary Review of Fatigue Among Rail Staff’, 9(May), pp. 1–10..

González Gutiérrez, J. L. et al. (2005) ‘Spanish version of the Swedish Occupational Fatigue Inventory (SOFI): Factorial replication, reliability and validity’, International Journal of Industrial Ergonomics, 35(8), pp. 737–746.

Hart, S. G. (2006) ‘NASA-task load index (NASA-TLX); 20 years later’, Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society, pp. 904–908.

Health and Safety Executive UK. (2006) ‘Managing shiftwork’.

Ho, J. et al. (2013) ‘Work-related fatigue among medical personnel in Taiwan’, Journal of the Formosan Medical Association, 112(10), pp. 608–615.

Iridiastadi, H. (2021) ‘Fatigue in the Indonesian rail industry: A study examining passenger train drivers’, Applied Ergonomics, 92 (November 2020), p. 103332.

Joewono, T. B. (2006) ‘Safety and Security Improvement in Public Transportation Based On Public Perception’, International Association of Traffic and Safety Sciences, 30(1), pp. 86–100.

Kazemi, Z. et al. (2016) ‘Fatigue and workload in short and long-haul train driving’, Work, 54, pp. 425–433.

Komisi Nasional Keselamatan Transportasi. (2018a) Laporan Hasil Investigasi Kecelakaan Kereta Api: Tumburan KA 116 Senjautama Semarang dan KA 4 Argobromo Anggrek.

Komisi Nasional Keselamatan Transportasi. (2018b) Laporan Investigasi Kecelakaan Kereta Api: Tumburan KA 155 Bengawan dan KA 39C Bima.

Kroemer, K. H. E. and Grandjean, E. (2009) Fitting The Task to The Human, Taylor and Francis. Available at: http://marefateadyan.nashriyat.ir/node/150.

Makowiec-d, T. et al. (2019) ‘Climate conditions and work-related fatigue among professional drivers’, International Journal of Biometeorology, 63, pp. 121–128.

Montoro, L. et al. (2018) ‘Work environment, stress, and driving anger: A structural equation model for predicting traffic sanctions of public transport drivers’, International Journal of Environmental Research and Public Health, 15(3).

Rahmawati, N. D. and Tualeka, A. R. (2019) ‘Correlation between Individual Characteristics , Workload , and Noise with Work Fatigue (Hubungan antara Karakteristik Tenaga Kerja , Beban Kerja dan Kebisingan dengan Kelelahan Kerja)’, The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, Volume 8 I(August), pp. 139–149.

Sadeghniiat-haghighi, K. and Yazdi, Z. (2021) ‘Fatigue management in the workplace’, 24(1), pp. 12–17.

Sitio, Y. (2016) ‘Analisis Ergonomi Kabin Masinis di Lokomotif CC203 Ditinjau dari Aspek Display dan Kontrol’, Jurnal UNDIP. Available at: https://media.neliti.com/media/publications/185946-ID-analisis-ergonomi-kabin-masinis-di-lokom.pdf.

Triana, E., Ekawati and Wahyuni, I. (2017) ‘No Title’, JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 5, pp. 146–155.


Full Text: PDF

DOI: 10.59230/njohs.v2i1.5245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.