Analisis Sistem Pengelolaan Sampah Organik di Universitas Indonesia (Studi Kasus Efektivitas Unit Pengolahan Sampah UI Depok)

Nisa Larasati, Laila Fitria

Abstract

Latar Belakang. Perubahan sistem pengelolaan sampah di Universitas Indonesia telah dilaksanakan seperti kegiatan pemilahan sampah tingkat fakultas dan pendirian UPS UI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan sampah masing-masing fakultas dan efektivitas UPS UI dalam mengolah sampah organik yang dihasilkan oleh fakultas dan unit menjadi pupuk kom-pos. Penelitian dilakukan pada 14 titik kumpul sampah di Universitas Indonesia dan UPS UI. Metode. Peneliti melakukan observasi dan wawancara kepada petugas pemilah sampah, koordinator petugas kebersihan, koordinator/manajer fakultas, dan pekerja di UPS UI. Hasil.  Kegiatan pengelolaan sampah di fakultas terdiri dari pemilahan dan pewadahan sedangkan pengangkutan dan pengolahan sampah organik dilakukan oleh pihak universitas. Jumlah sampah makanan yang diolah menjadi pupuk kompos pada tahun 2017 mencapai 148.652 kg dengan tingkat efektivitas pengolahan mencapai 99.35%. Penggunaan APD pada petugas pemilah sampah berupa sarung tangan sebesar 71%, masker 50%, penutup kepala 64%, dan sepatu boot 79%. Riwayat gangguan kesehatan pada petugas pemilah sampah antara lain pilek dan batuk 67% dan demam sebesar 41%. Hasil pen-gukuran kualitas sumber air di UPS UI menunjukan jumlah bakteri koliform sebanyak 72 koloni dan Eschericia coli sebanyak 15 koloni. Simpulan. Perbaikan sistem monitoring dan evaluasi perlu dilakukan untuk meningkatkan sistem pengelolaan sampah di tingkat fakultas dan universitas.Kata Kunci: Sistem Pengelolaan Sampah; Efektivitas UPS; Penggunaan APD; Riwayat Penyakit

Full Text:

PDF

References

Anne, A. E. (2011). Studi Timbulan Sampah dan Komposisi Sampah sebagai Dasar Desain Sistem Pengumpulan Sampah di Kawasan Kampus Universitas Indonesia (Studi Kasus: 4 Fakultas dan 1 Fasilitas di Kampus Universitas Indonesia). Depok: (Skripsi) Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Australian Aid. (2011). Scoping Study For Solid Waste Management in Indonesia. .Jakarta: Indonesia Infrastructure Initiative.

Benedictus, Antonius. (2010). Studi Tingkat Efektivitas Unit Pengolahan Sampah (UPS) Dalam Mengurangi Jumlah Sampah di Kota Depok (Studi Kasus UPS Gunadarma dan UPS Merdeka 2). Depok: (Skripsi) Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Damanhuri. (2010). Diktat Kuliah : Pengelolaan Sampah. Program Studi Teknik Lingkungan. ITB: Bandung.

Edjabou, Maklawe Assonanawe. et al. (2015). ‘Source segregation of food waste in office areas: Factors affecting waste generation rate and quality., Waste Management, 46, pp. 94-102. doi: 10.1016/j.wasman.2015.07.2013.

Hoornweg, Daniel; Bhada-Tata, Perinaz. (2012). What a Waste : A Global Review of Solid Waste Management. Urban development series; knowledge papers no. 15. World Bank, Washington,DC https://openknowledge.worldbank.org/handle/10986/17388 License: CC BY 3.0 IGO.

Peraturan Pemerintah Kota Depok No. 05 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum RI Nomor 03/PRT/M/2013 Tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan Dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Priono, N. P. (2014). Perencanaan Teknik Operasional Pada Pengelolaan Sampah Padat Fakultas dan Fasilitas Umum di Universitas Indonesia, Depok. Depok: (Skripsi) Peminatan Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Rizki, S. (2012). Perencanaan Pengelolaan Sampah Padat di 10 Fakultas Universitas Indonesia Depok tahun 2013. Depok: (Skripsi) Peminatan Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

SNI 19-2454-2002, Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan. Departemen Pekerjaan Umum. Bandung: Yayasan LPMB.

Trilina. (2010). Studi Timbulan dan Komposisi Sampah Sebagai Dasar usulan Desain Unit Pengolahan Sampah (UPS) di Universitas Indonesia Depok. Depok: (Skripsi). Fakultas Teknik Universita Indonesia.

Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah

Unit Pengolahan Sampah Universitas Indonesia Depok. (2018). Data Sampah Harian dan Bulanan Tahun 2017.

World Bank. (2017). Solid Waste Management. Artikel diakses melalui http://www.worldbank.org/en/topic/urbandevelopment/brief/solid-waste-management

Yuniarno, Saudin. (2005). Hubungan Kualitas Air Sumur Dengan Kejadian Diare di DAS Solo (Studi Kasus di Hulu dan Hilir Bengawan Solo). Semarang: (Tesis). Progrsm Pascasarjana Univesitas Diponegoro Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.