e-ISSN 2598-3849       print ISSN 2527-8878

Vol 8, No 1 (2023)

Analisis Kinerja FKTP Pemerintah di Era JKN dengan Metode Balanced Scorecard: Studi Kasus di Puskesmas Bandar Baru Tahun 2022

Hanifah Hasnur, Alma Aletta, Febyolla Presilawati, Dedy Saputra

Abstract


Upaya kesehatan di fasilitas kesehatan telah memasuki babak baru di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat ini. Puskesmas Bandar Baru, sebagai salah satu Puskesmas terbesar di Kabupaten Pidie Jaya dengan pendapatan terbesarnya bersumber dari JKN, dituntut untuk memiliki mutu pelayanan kesehatan berkualitas sekaligus mampu melakukan efisiensi dalam penggunaan sumber daya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) pemerintah dalam hal ini Puskesmas Bandar Baru di era JKN saat ini dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif guna mengumpulkan data primer dan data sekunder untuk perspektif finansial, pelanggan, bisnis internal dan pengembangan. Hasil studi menunjukkan antara lain bahwa Puskesmas Bandar Baru kurang bertumbuh dari perspektif finansial dikarenakan adanya pemekaran puskesmas pembantu di bawahnya. Di sisi lain, Puskesmas tersebut memiliki nilai tingkat ekonominya yang ekonomis (Tek < 100%) di tahun 2019-2020, namun di tahun 2021 tidak ekonomis (Tek =100%). Sementara, nilai tingkat efektivitas-nya tidak efektif (Tev < 100%; 2019-2021), dan nilai tingkat efisiensinya tidak efisien (Tef =100%;2019-2020), dan efisien pada tahun 2021(Tef < 100%). Dari sisi perspektif pelanggan indeks kepuasan terendah pada sarana dan prasarana Puskesmas. Sedangkan, pada perspektif bisnis internal, turn over pegawai tidak tinggi meskipun pelatihan pegawai masih kurang. Diperlukan upaya peningkatan program kesehatan inovatif yang dapat memperbaiki capaian puskesmas, di mana hal ini dalam waktu bersamaan juga dapat meningkatkan jumlah pasien baru guna mencapai pertumbuhan keuangan maksimal Puskesmas Bandar Baru.

Keywords


Balanced scorecard, strategi Puskesmas, FKTP pemerintah, JKN

References


Permenpan RI. 2017. Peraturan Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indoenesia tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Available from: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/132600/permen-pan-rb-no-14-tahun-2017

Diunduh pada hari Kamis, 21 Agustu 2022 pukul 15.50 WIB.

Kemenkes RI. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Available from: http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK%20No.%2075%20ttg%20Puske smas.pdf. Diunduh pada hari Jumat, 22 Agustus 2022 pukul 11.50 WIB.

Kemenkes RI. 2018. Laporan Riskesdas Aceh 2018. Available from: https://drive.google.com/drive/folders/1XYHFQuKucZIwmCADX5ff1aDhfJgqzI-l.Diunduh hari Senin, 18 Januari 2021 pukul 15.10 WIB.

Kementerian Kesehatan. 2019. Laporan Nasional Riset Kesehatan Daerah (Riskesdas). 2018. Available from: http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasio nal_RKD2018_FINAL.pdf. diunduh 01 Desember 2022 pukul 15.00 WIB.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan

Jangka Menengah Nasional 2020-2024. Available from: https://drive.bappenas.go.id/owncloud/index.php/s/4q7Cb7FBxavq3lK#pdfviewer.

Diunduh pada hari Jumat, 22 Agustus 2022 pukul 15.53 WIB.

Freddy, R. 2011. SWOT Balanced Scorecard: Teknik Menyusun Strategi Korporat yang efektif plus cara mengelola kinerja dan risiko. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama: Jakarta. ISBN 978-979-22-7003-7

Imleda, H.R.N. 2005. Implementasi Balanced Scorecard pada Organisasi Publik. Jurnal Akuntansi dan Keuangan: Vol.6.Np.2 (2004): November 2004: pp 106.122.

Kemenkes. 2012. Bahan Paparan Jaminan Kesehatan Nasional Dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional. Available from:http://jkn.kemkes.go.id/attachment/unduhan/Ebook%20BAHAN%20PAPARAN%20JKN%20DALAM%20SJSN.pdf. Diakses 27 Maret 2022: 14.04.

Kemenkes RI. 2013. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 tahun 2013 tentang Pelayanan pada Jaminan Kesehatan Nasional.

Lasyera, E., Yeni, Y. H., & Busuddin, H. 2018. Analisis Rencana Strategi Rumah Sakit Umum Daerah Arosuka, Kabupaten Solok. Jurnal Kesehatan Andalas, 7(2), 170.

Misniarti, dkk. 2017. Ketersediaan Fasilitas dan Tenaga Kesehatan Dalam Mendukung Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan Nasional. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, Vol. 1, No. 1, Agustus 2017. Available from: https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/jpppk/article/download/425/142

Priyono dan Zainuddin Ismail. 2016. Teori Ekonomi. Dharma Ilmu: Pekanbaru.

Prastuti, S, dkk. 2021. Akses Pelayanan Kesehatan Keluarga Berstatus Ekonomi Rendah di era JKN. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia Vol. 21 No.1 Januari 2021: 10 8–124 p-ISSN 1411-5212; e-ISSN 2406-9280. Available from: https://jepi.fe.ui.ac.id/index.php/JEPI/article/download/1126/359/.

Prayogi, P. 2018. Pemerintah dan Rumah Sakit Swasta: Studi Kebijakan Program Jaminan kesehatan Nasional Departemen Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga.

Kaplan S. Robert. 2020. Using the Balanced Scorecard for Successful Health Care M&A Integration. Available from: https://catalyst.nejm.org/doi/full/10.1056/CAT.20.0286.

Rani, Y. 2019. Analisis Faktor yang mempengaruhi sisa lebih anggaran (SiLPA) dan Kinerja Keuangan Daerah. Available from : https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/5733/5034 [diakses 11 Agustus 2023].

Radhika Kapur. 2020. Signifikansi Infrastruktur Kesehatan. Tersedia dari: https://www.researchgate.net/publication/342832865_Significance_of_Health_Infrastructure [diakses 05 Juli 2023].

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Valeri R. 2021. Penerapan Balanced Scorecard pada UPTD Puskesmas Mariana Banyuasin. Tersedia dari : https://repository.unsri.ac.id/41692/40/RAMA_62201_01031381821046_0004106302_0026108603_01_Front_ref.pdf [diakses 11 Agustus 2023]

Zuniawan A. 2020. Implementasi Metode Balanced Scorecard untuk mengukur Kinerja di

Perusahaan Engineering (Study Case PT.MSE). Journal Industrial Services. Vol. 5 No.2 Maret 2020.


Full Text: PDF

DOI: 10.7454/eki.v8i1.6409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.