e-ISSN 2598-3849       print ISSN 2527-8878

Vol 7, No 2 (2022)

PENUNDAAN PEMBAYARAN KLAIM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL OLEH BPJS KESEHATAN DI INDONESIA: SEBUAH SCOPING REVIEW

Immanuel Natanael Tarigan, Feni Dwi Lestari, Ede Surya Darmawan

Abstract


Sejak pertama kali diimplementasikan, pemanfaatan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) semakin meningkat setiap tahun. Saat ini hampir semua rumah sakit melayani pasien JKN. Namun demikian, proses pembayaran klaim JKN tidak berjalan dengan mulus serta sering terjadi penundaan pembayaran. Hal ini menyebabkan hambatan di rumah sakit, terutama rumah sakit pemerintah yang mayoritas pasiennya adalah pasien JKN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya penundaan pembayaran klaim serta faktor-faktor apa yang terlibat dalam penundaan pembayaran klaim JKN oleh BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) di rumah sakit pemerintah. Studi ini dilakukan dengan metode scoping review dengan pedoman Arksey dan O’Malley. Studi dilakukan dengan mengikutsertakan publikasi dari tahun 2014 hingga 2022. Pencarian literatur dilakukan pada 3 database elektronik dan pencarian tambahan, menemukan sebanyak 530 studi. Sebanyak 35 studi dianalisis dalam penelitian ini, terdiri atas rumah sakit tipe A hingga D, milik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Studi menemukan bahwa besar penundaan pembayaran klaim pasien JKN sekitar 2,5-47,7% per bulannya. Adapun beberapa faktor yang ditemukan erat hubungannya penundaan pembayaran klaim ini adalah kelengkapan administrasi, jumlah tenaga, kemampuan dan ketelitian koder, kelengkapan penulisan resume medis oleh dokter penanggung jawab pasien, komunikasi yang baik antara dokter penanggung jawab pasien dan koder, pemanfaatan verifikator internal, dukungan sarana dan prasarana serta adanya standar prosedur operasional.

Keywords


penundaan pembayaran; klaim; JKN; rumah sakit

References


Agiwahyuanto, F., Anjani, S. dan Juwita, A. (2021) “Tinjauan penyebab pengembalian berkas klaim kasus gawat darurat,” Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 9(2), hal. 113–125.

Agiwahyuanto, F., Anjani, S. dan Stacey, S.C. (2021) “Tinjauan penyebab pengembalian berkas klaim BPJS Kesehatan instalasi rawat jalan kasus fisioterapi,” Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 9(3), hal. 551–569.

Agiwahyuanto, F., Octaviasuni, S. dan Fajri, M.U.N. (2019) “Analisis implementasi Total Quality Management (TQM) pada kasus pending klaim Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD Kendal tahun 2018,” Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 7(3), hal. 171–180. doi:10.14710/jmki.7.3.2019.15-24.

Agiwahyuanto, F., Setiawan, L.A. dan Ayusasmita, V. (2020) “Tinjauan penyebab penolakan klaim Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada kasus bronchopneumonia pediatri,” Jurnal Kesehatan Politeknik Negeri Jember, 7(1), hal. 26–32. doi:10.24252/kesehatan.v7i2.53.

Alik, A.T.N.. (2016) “Hubungan ketepatan kode diagnosa obstetric terhadap kelancaran klaim BPJS di RSUD Sawerigading Kota Palopo Sulawesi Selatan,” Indonesian of Health Information Management Journal, 4(1), hal. 1–10.

Alvianitasari, E.F., Jati, S.P. dan Fatmasari, E.Y. (2018) “Evaluasi pelaksanaan sistem Verifikasi Di Kantor (Vedika) BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum William Booth Semarang,” Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 6(4), hal. 10–17.

Anyaprita, D. et al. (2022) “Dampak keterlambatan pembayaran klaim BPJS Kesehatan terhadap mutu pelayanan Rumah Sakit Islam Jakarta Sukapura,” Muhammadiyah Public Health Journal, 1(1), hal. 22–31.

Arikusnadi, N.W., Sudirman, S. dan Kadri, A. (2020) “Studi penyebab pengembalian berkas klaim BPJS Kesehatan di Rumkit Bhayangkara Palu,” Jurnal Kolaboratif Sains, 3(4), hal. 159–165.

Arksey, H. dan O’Malley, L. (2007) “Scoping studies: towards a methodological framework,” https://doi.org/10.1080/1364557032000119616, 8(1), hal. 19–32. doi:10.1080/1364557032000119616.

Artanto, A. (2018) “Faktor-faktor penyebab klaim tertunda BPJS Kesehatan RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo periode Januari - Maret 2016,” Jurnal ARSI, 4(2), hal. 122–134.

Cahyani, T. dan Sari, D. (2020) “Study Literature Review Analisis Beban Kerja Coder Rawat Inap,” Administration & Health Information of Journal, 1(2), hal. 186–194.

Cahyono, N.P.D., Munawir, A. dan Rokhman, D. (2021) “Pengaruh faktor predisposing terhadap perilaku ketepatan pengisian kode penyakit rawat inap pada Klaim JKN di Era Vedika (Verifikasi di Kantor) Rumah Sakit Daerah Lumajang,” MID-Z(Midwifery Zigot) Jurnal Ilmiah Kebidanan, 4(1), hal. 13–20.

Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (2018) Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan nomor 7 tahun 2018 tentang Pengelolaan Administrasi Klaim Fasilitas Kesehatan dalam Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan.

Gifari, M.T. dan Ariyanti, F. (2019) “Analisis persetujuan klaim BPJS Kesehatan pada pasien rawat inap,” Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(04), hal. 156–166. doi:10.33221/jikm.v8i04.415.

Habib, H. et al. (2018) “Faktor-faktor penyebab pengembalian berkas resume mMedis IGD RSCM oleh verifikator BPJS Kesehatan,” Cermin Dunia Kedokteran, 45(263), hal. 251–254.

Herman, L.N. et al. (2020) “Tinjauan keterlambatan klaim berkas BPJS rawat inap di RSUP dr. Hasan Sadikin,” J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, 1(4), hal. 575–581. doi:10.25047/j-remi.v1i4.2030.

Indawati, L. (2019) “Analisis akurasi koding pada pengembalian klaim BPJS rawat inap di RSUP Fatmawati tahun 2016,” Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 7(2), hal. 105–113. doi:10.33560/jmiki.v7i2.230.

Irmawati et al. (2016) “Faktor-faktor penyebab pengembalian berkas klaim rawat inap oleh verifikator BPJS Kesehatan di RSUD Tugurejo,” Prociding Seminar Nasional Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, hal. 124–130.

Irmawati et al. (2018) “Penyebab pengembalian berkas klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) pasien rawat inap ditinjau dari syarat-syarat pengajuan klaim di RSUD R.A Kartini Jepara,” Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, 1(1), hal. 45–51.

Irmawati, I., Marsum, M. dan Monalisa, M. (2019) “Analisis dispute kode diagnosis rumah sakit dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan,” Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 7(2), hal. 93–98. doi:10.33560/jmiki.v7i2.235.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2008) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 269 tahun 2008 tentang Rekam Medis.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2021) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 26 tahun 2021 tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups (INA-CBG) dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan.

Kurnia, E.K. dan Mahdalena (2022) “Faktor Penyebab Pending KlaimBPJS Kesehatan di Rumah Sakit X Periode Triwulam I Tahun 2022,” Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (SIKesNas), hal. 173–177.

Kusumawati, A.N. dan Pujiyanto (2018a) “Analisis kinerja dokter verifikator internal dalam menurunkan angka klaim pending di RSUD Koja tahun 2018,” Jurnal ARSI, 6(1), hal. 1–10.

Kusumawati, A.N. dan Pujiyanto (2018b) “Faktor-faktor penyebab pending klaim rawat inap di RSUD Koja tahun 2018,” CDK, 47(1), hal. 25–28.

Lewiani, N., Lisnawaty dan Akifah (2017) “Proses pengelolaan klaim pasien BPJS Unit Rawat Inap Rumah Sakit Dr. R. Ismoyo Kota Kendari tahun 2016,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2(6), hal. 1–16.

Moher, D. et al. (2009) “Preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses: the PRISMA statement,” Annals of internal medicine, 151(4), hal. 264–269. doi:10.7326/0003-4819-151-4-200908180-00135.

Muroli, C.J., Rahardjo, T.B.W. dan Kodyat, A.G. (2020) “Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya pending klaim rawat inap oleh BPJS di RSAB Harapan Kita Jakarta Barat tahun 2019,” Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 4(2), hal. 191–197. doi:10.52643/marsi.v4i2.1040.

Nabila, S.F. et al. (2020) “Analisis faktor penyebab pending klaim akibat koding berkas rekam medis pasien rawat inap di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo,” J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, 1(4), hal. 519–528. doi:10.25047/j-remi.v1i4.2157.

Nikmah, U., Putri, L. dan Shintia, B. (2021) “Tinjauan keterlambatan pengajuan klaim pelayanan rawat inap pasien BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Dan Doa Kota Bengkulu periode Januari-Maret tahun 2021,” Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 2(6), hal. 26–33. doi:10.3176/chem.geol.1975.2.10.

Nurdiah, R.S. dan Iman, A.T. (2016) “Analisis penyebab unclaimed berkas BPJS rawat inap di RSUD Dr. Soekardjo Tasikmalaya,” Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 4(1), hal. 23–28. doi:10.33560/.v4i2.128.

Pardede, R., Hamama, L. dan Edison (2020) “Kelengkapan resume medis dan keakuratan kode diagnosis klaim BPJS rawat inap di RSUP Dr. M. Djamil Padang, Indonesia,” Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 11(2), hal. 300–309. doi:10.30633/jkms.v11i2.787.

Pitaloka, S. dan Ningsih, N.I. (2021) “Penyebab pengembalian berkas klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) pasien rawat inap ditinjau dari syarat-syarat pengajuan klaim di Rumah Sakit TK 02.07.02 Lahat,” Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(12), hal. 1733–1741. doi:10.31983/jrmik.v1i1.3594.

Presiden Republik Indonesia (2018) Peraturan Presiden nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Putri, N., Semiarty, R. dan Syah, N.A. (2020) “Health insurance (BPJS-Kesehatan) late payment for hospital inpatient claims - a case study in West Sumatra,” Berita Kedokteran Masyarakat, 36(12), hal. 351–357. doi:10.22146/bkm.61240.

Putri, N.K.A., Karjono dan Uktutias, S.A.M. (2019) “Faktor penyebab keterlambatan pengajuan klaim BPJS Kesehatan pasien rawat inap,” Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 5(2), hal. 134–143.

Rahmatiqa, C., Sulrieni, I.N. dan Novita Sary, A. (2020) “Kelengkapan berkas rekam medis dan klaim BPJS di RSUD M. Zein Painan,” Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 11(1), hal. 11–15. doi:10.30633/jkms.v11i1.514.

Sabriyah, S., Sudirman, S. dan Nor, A.R.A.C. (2017) “Implementasi pengajuan klaim Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Umum Anutapura Palu,” PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), hal. 118–128. doi:10.31934/promotif.v6i2.17.

Santiasih, W.A., Simanjorang, A. dan Satria, B. (2021) “Analisis penyebab pending klaim BPJS Kesehatan rawat inap di RSUD Dr. R.M Djoelham Binjai,” Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(2), hal. 1381–1394.

Sitorus, M.I. et al. (2022) “Tinjauan peranan koder dalam pengajuan berkas klaim BPJS Kesehatan pasien rawat inap di RSUD DR. R.M. Djoelham Kota Binjai,” Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda`, 7(1), hal. 56–64.

Subinarto, S., Monalisa, M. dan Kristijono, A. (2019) “Efektifitas penempatan penanggung jawab rekam medis pada setiap bangsal terhadap pengelolaan rekam medis,” Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, 2(1), hal. 7–13. doi:10.31983/jrmik.v2i1.4638.

Sulaimana, A., Meliala, A. dan Hendrartini, J. (2019) “Pengembalian berkas klaim pasien peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak,” Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 22(01), hal. 1–10.

Supriadi dan Rosania, S. (2019) “Tinjauan berkas klaim tertunda pasien JKN Rumah Sakit Hermina Ciputat 2018,” Jurnal Vokasi Indonesia, 7(2), hal. 19–26. doi:10.7454/jvi.v7i2.145.

Susan, F., Arso, S. dan Wigati, P. (2016) “Analisis administrasi klaim Jaminan Kesehatan Nasional rawat jalan RSUD Kota Semarang tahun 2016,” Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 4(4), hal. 32–42.

Tambunan, S. et al. (2022) “Tinjauan faktor penyebab klaim BPJS Kesehatan rawat inap tertunda di RSUD Tarakan,” COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(10), hal. 816–823. doi:10.36418/comserva.v1i10.134.

Ulandari, L.P.S. (2021) “Strategy Implementation of National Health Insurance Using Balanced Scorecard Method: a Case Study in an – Nisa Hospital in Tangerang,” Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 5(2), hal. 41–60. doi:10.7454/eki.v5i2.4265.

Valentina dan Halawa, M.N.S. (2018) “Analisis penyebab unclaimed berkas pasien BPJS rawat jalan di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia (RSU IPI) Medan,” Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda, 3(2), hal. 480–485.

Valentina, Sani, M. dan Sandika, T.W. (2022) “Tinjauan penolakan pada klaim pasien BPJS Kesehatan di RSUD Tanjung Pura,” Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda, 7(1), hal. 65–72.

Winarti, W. dan Sukmawati, T.D. (2022) “Gambaran sistem pengajuan klaim pasien rawat inap BPJS Kesehatan di RSUD X Kabupaten Bandung,” Jurnal Teras Kesehatan, 4(2), hal. 63–72.


Full Text: PDF

DOI: 10.7454/eki.v7i2.6136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.