e-ISSN 2598-3849       print ISSN 2527-8878

Vol 5, No 2 (2020)

Strategi Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional dengan Metode Balanced Scoredcard: Studi Kasus di Rumah Sakit X Tangerang Tahun 2018

Luh Putu Sinthya Ulandari, Yaslis Ilyas, Putu Ayu Indrayathi

Abstract


Abstrak

RS X merupakan salah satu rumah sakit swasta di Tangerang yang berhasil mengimplementasikan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) dengan efisiensi biaya tanpa mengabaikan mutu layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi RS X dalam pelaksanaan Program JKN dengan metode Balanced Scorecard. Penelitian dilakukan pada Mei 2018 dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada 7 informan pihak RS dan 2 informan dari BPJS Kesehatan. Subjek dipilih berdasarkan purposive sampling dan dianalisis dengan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa strategi yang telah dikembangkan dan diterapkan yaitu dari (1) Perspektif keuangan (menambah jenis layanan, meningkatkan kapasitas pada rawat inap dan poliklinik, menerapkan prinsip low cost dan meningkatkan modal kerja, menambah slot dokter, melengkapi perawatan medis menerapkan prinsip low cost, dan meningkatkan modal kerja); (2) Perspektif pelanggan (menentukan target market, mengembangkan 5 nilai tambah, dan manajemen komplain);  (3) Perspektif proses bisnis internal (pembuatan standar operasional prosedur, menyusun formularium dan clinical pathway, melakukan pengendalian dan audit operasional, menetapkan bisnis model, pembentukan tim casemix, serta manajemen klaim); (4) Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (reward dan gaji bagi karyawan, lingkungan kerja kompetitif serta memperhatikan jenjang karir karyawan). Melalui strategi tersebut, RS X mampu mengimplementasikan Program JKN dengan baik dan tetap membukukan surplus tanpa mengorbankan kualitas pelayanan.

 

Abstract

One of the private hospital successful implementation the National Health Insurance with cost efficiency without neglecting the quality of service is X Hospital. This study aimed to finding out the strategy of X Hospital in the implementation of the National Health Insurance with Balanced Scorecard. The research was conducted in May 2018 using qualitative approach. Data was collected through in-depth interview to 7 informants from hospital and 2 informants from BPJS Kesehatan. The subjects were selected purposively and the data was analyzed using thematic analysis. The results show that there are several strategies that have been developed and implemented, including: (1) financial perspective (adding types of services, increasing the capacity of inpatients and polyclinics, increasing doctor practice slots, completing medical equipment, applying the principle of low cost and increasing working capital); (2) customer perspective (choosing target market, develop 5 values propotition, complaint management); (3) internal business processes perspective (develop standard operating procedures, develop drug formulary and clinical pathways, carry out operational and audit controls, build business models, form case mix teams and claim management); (4) learning and growth perspective (develop training, giving reward and good salaries, build a competitive work environments, and pay attention to employee career paths). Through this strategy, X Hospital is able to implement the JKN Program well and still record a surplus without sacrificing service quality.

Keywords: Balanced scorecard, hospital strategy, national health insurance


Keywords


Balanced scorecard; hospital strategy; national health insurance.

References


Astuti, D. P. (2014) ‘Pengaruh Kompensasi Terhadap Retensi Karyawan Melalui Kepuasan Kerja dan Komitmen Afektif Pada Beberapa Rumah Sakit di DKI Jakarta’, Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 7(1), pp. 199–217.

Debby, T. and Dharmayanti, D. (2014) ‘Market Segmentation, Targeting, dan Brand Positioning dari Winston Premier Surabaya’, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), pp. 1–7. doi: 10.1007/s40799-018-0239-0.

Hamka, F. (2010) Analisis Biaya Satuan Tindakan Sectio Caesaria Paket Hemat A di Rumah Sakit X Tahun 2009. Universitas Indonesia. Available at: http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20313168-T 31713-Analisis biaya-full text.pdf.

Hermawan, A. and Pravitasari, J. (2003) ‘Business Model Canvas ( Kanvas Model Bisnis )’, Akselerasi.Id, pp. 1–23.

Ilyas, Y. (2014) ‘Low Cost Hospital dan Era JKN’. Available at: http://www.tribunnews.com/tribunners/2014/04/10/low-cost-hospital-dan-era-jkn?page=all (Accessed: 1 April 2019).

Irwandy and Sjaaf, A. C. (2018) ‘Dampak Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional terhadap Efisiensi Rumah Sakit: Studi Kasus di Provinsi Sulawesi Selatan’, Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 14(4), p. 360. doi: 10.30597/mkmi.v14i4.5144.

Kaplan, R. . and Norton, D. . (2000) Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.

Kim, E., Nam, D. Il and Stimpert, J. L. (2004) ‘The applicability of Porter’s generic strategies in the digital age: Assumptions, conjectures, and suggestions’, Journal of Management, 30(5), pp. 569–589. doi: 10.1016/j.jm.2003.12.001.

Manaida, R. J., Rumayar, A. A. and Kandou, G. D. (2017) ‘Analisis Prosedur Pengajuan Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Pancaran Kasih GMIM Manado’, Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(3), pp. 1–11. Available at: https://ejournalhealth.com/index.php/kesmas/article/view/437/0.

Mulyadi, I. (2016) Etika Dalam Pemasaran - Portal Lengkap Dunia Marketing. Available at: https://marketing.co.id/etika-dalam-pemasaran/ (Accessed: 1 April 2019).

Osterwalder, A. and Pigneur, Y. (2010) Business Model Generation. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Paruntu, S. (2012) Analisis Cost Awareness Dan Cost Monitoring Untuk Efisiensi Biaya Pelayanan Di Sub Departemen Radiologi Analisis Cost Awareness Dan Cost Monitoring. Universitas Indonesia.

Putra, W. M. (2014) Analisis Implementasi Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah sakit Umum kota Tangetang Selatan, Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Ruhana, I. (2012) ‘Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia Vs Daya Saing Global’, Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1), pp. 51–56. Available at: http://ejournalfia.ub.ac.id/index.php/profit/article/view/134.

Sakinah, F. (2013) Peranan Audit Operasional Dalam Mendorong Efektifitas dan Efisiensi Pelayanan Kesehatan Unit Gawat Darurat di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Dumai. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif.

Salmah, S. and Susanto, S. (2017) ‘Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Medis Pada Pembuatan Standar Prosedur Operasional Pelayanan Medis Di Rsia ‘Aisyiyah Klaten’, Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 5(1), pp. 73–76. doi: 10.18196/jmmr.5109.

Saputro, J. (2015) ‘Strategi Peningkatan Kepuasan Kerja Karyawan di PT Taman Sriwedari’, Jurnal Agora, 3(1), pp. 510–513.

Subagio, K. mentari putri, AR, M. D. and Hidayat, R. R. (2017) ‘ANALISIS PENGELOLAAN MODAL KERJA DALAM UPAYA MENINGKATKAN LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS ( Studi pada PT . Gudang Garam Tbk Periode 2014-2016 )’, 50(1), p. 24.

Subekti, D. S. M. . (2013) ‘Manajemen Komplain Pelanggan Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan’, 1(1), pp. 47–55.

Tobing, J. A. P. (2010) Perencanaan Strategis Pemasaran untuk Meningkatkan Kunjungan Pasien Unit Rawat Jalan Studi Kasus RSUD Budhi Asih. Universitas Indonesia.

Wijayanto, D. . (2017) Pengaruh Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Kebijakan Strategis Rumah Sakit Tipe C Tangerang, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada.

Zaroni (2015) Menjaga Retensi Pelanggan. Available at: www.SupplyChainIndonesia.com (Accessed: 1 April 2019).


Full Text: PDF

DOI: 10.7454/eki.v5i2.4265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.