KUESIONER CPYDS MENGUKUR KETERAMPILAN HIDUP PELAJAR SMP DI BABAKAN MADANG KABUPATEN BOGOR 2019

Rahastiwi Fadilah Utami, Sabarinah Prasetyo, Dion Zein Nuridzin

Abstract

Masa remaja merupakan masa di mana individu mengalami peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Pada masa ini ada rasa keingintahuan yang besar dan banyak perubahan yang terjadi, akibatnya tidak sedikit remaja menghadapi berbagai masalah. Salah satu upaya untuk mempersiapkan remaja sehingga siap dan mampu menghadapi masalah adalah dengan membekali remaja keterampilan hidup. Pada tahun 2019, tim Pengabdian Masyarakat FKM UI mengadaptasi dan menerjemahkan kuesioner Chinese Positive Youth Development Scales (CPYDS) ke dalam bahasa Indonesia untuk mengukur keterampilan hidup siswa SMP di Babakan Madang. Data tersebut kemudian dianalisis lebih lanjut untuk melihat validitas dan reliabilitasnya. Validitas dinilai dengan korelasi point-biserial dan analisis komponen utama. Reliabilitas diuji dengan metode internal consistency dengan rumus Kuder Richardson-20 (KR-20). Hasil analisis menunjukan nilai korelasi berkisar antara -0.072 hingga 0.661, tetapi hasil analisis factor menunjukkan validitas konstruk belum maksimal. Uji reliabilitas menunjukan Cronbach α = 0.827. Disimpulkan bahwa kuesioner Keterampilan Hidup Remaja terjemahan CPYDS memiliki reliabilitas yang baik, namun perlu dilanjutkan pengkajian lebih lanjut untuk validitas konstruknya.

Keywords

Validitas, Reliabilitas, Keterampilan Hidup Remaja

References

Batubara J. RL. (2010). Adolescent Development. Sari Pediatri, 12(1), 21-29. Retrieved from https://saripediatri.org/index.php/sari-pediatri/article/view/540/476

BPS. (2019). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin, 2019. Retrieved from https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/58/da_03/1

Di Lorio, CK. (2005). Measurement in Health Behavior: Methods for Research and Education. John Willey & Son, Jossey-Bass. USA.

Hair, JF (2010). Multivariate Data Analysis. 7th edition. Pearson Prentice Hall.

Khumaedi M. (2012). Reliabilitas Instrumen Penelitian Pendidikan. JPTM, 12(1); 25-30.

Lawson C & Unti L. (2016). Healthy Life Skills. Family & Youth Services Bureau.

Pratiwi RY. (2013). Kesehatan Remaja di Indonesia. Indonesian Pediatric Society. Retrieved from https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/kesehatan-remaja-di-indonesia

Runaway and Homeless Youth. (2012). What is Positive Youth Development?. Family & Youth Services Bureau. Retrieved from https://www.acf.hhs.gov/sites/default/files/fysb/whatispyd20120829.pdf

Santoso ET, Atmodiwirjo ET, & Soetikno N. (2012). Efektivitas Kecakapan Hidup sebagai Pencegahan Penyalahgunaan Tembakau, Alkohol, dan Mariyuana (Studi pada siswa/i SMPN X). Jurnal Psikologi Pendidikan, 5(1), 73-92.

Shek DTL, Siu AMH, & Lee TY. (2007). The Chinese Positive Youth Development Scale: A Validation Study. Research on Social Work Practice, 17(2), 380-391. DOI: 10.1177/1049731506296196

Surucu L & Maslakci A. (2020). Validity and Reliability in Quantitative Research. BMIJ, 8(3); 2694-2726, doi: http://dx.doi.org/10.15295/bmij.v8i3.1540

Taherdoost H. (2016). Validity and Reliability of the Research Instrumen; How to Test the Validation of a Questionnaire/Survey in Research. IJARM, 5(3); 28-36. DOI: 10.2139/ssrn.3205040

Thama AD. (2014). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kerkap Berdasarkan Taksonomi Barret Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi FKIP, Universitas Bengkulu.

UNICEF. (2019). Adolescent Demographics. Retrieved from https://data.unicef.org/topic/adolescents/demographics/

United Nations. (2003). Module 7: Life Skills. Retrieved from http://www.ibe.unesco.org/fileadmin/user_upload/HIV_and_AIDS/publications/unodc_HIV_all.pdf

WHO. (2003). Skills for health : skills-based health education including life skills : an important component of a child-friendly/health-promoting school. World Health Organization. Retrieved from https://apps.who.int/iris/handle/10665/42818

WHO. (2020). Adolescent Health. Retrieved from https://www.who.int/health-topics/adolescent-health/#tab=tab_1

Hasanah A, Lena MS. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No. 5 (2021). E-issn 2656-8063. S4. Faculty of Education, University of Pahlawan Tuanku Tambusai.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.