Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Chinese Positive Youth Development Scales (CPYDS) Mengukur Keterampilan Hidup Pelajar SMP di Babakan Madang Kabupaten Bogor 2019

Rahastiwi Fadilah Utami, Sabarinah Prasetyo, Dion Zein Nuridzin

Abstract

Masa remaja merupakan masa di mana individu mengalami peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Pada masa ini ada rasa keingintahuan yang besar dan banyak perubahan yang terjadi, akibatnya tidak sedikit remaja menghadapi berbagai masalah. Salah satu upaya untuk mempersiapkan remaja sehingga siap dan mampu menghadapi masalah adalah dengan membekali remaja keterampilan hidup. Pada tahun 2019, tim Pengabdian kepada Masyarakat FKM UI menerjemahkan kuesioner Chinese Positive Youth Development Scales (CPYDS) ke dalam bahasa Indonesia untuk mengukur keterampilan hidup siswa SMP di Babakan Madang. Data tersebut kemudian dianalisis lebih lanjut untuk tujuan melihat validitas dan reliabilitasnya. Validitas dinilai dengan korelasi point-biserial dan analisis komponen utama. Reliabilitas diuji dengan metode internal consistency dengan rumus Kuder Richardson-20 (KR-20). Hasil analisis menunjukan nilai korelasi berkisar antara -0.072 hingga 0.661, tetapi hasil analisis factor menunjukkan validitas konstruk belum maksimal. Uji reliabilitas menunjukan Cronbach α = 0.827. Disimpulkan bahwa kuesioner Keterampilan Hidup Remaja terjemahan CPYDS memiliki reliabilitas yang baik, namun perlu dilanjutkan pengkajian lebih dalam untuk validitas konstruknya.

Keywords

validitas, reliabilitas, keterampilan hidup remaja

Full Text:

PDF

References

WHO. Adolescent health [Internet]. WHO. 2020 [cited 2022 Nov 2]. Available from: https://www.who.int/health-topics/adolescent-health/#tab=tab_1

UNICEF. Adolescents Statistics [Internet]. UNICEF. 2019 [cited 2022 Nov 2]. Available from: https://data.unicef.org/topic/adolescents/overview/

Badan Pusat Statistik. Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin, 2019 [Internet]. Badan Pusat Statistik. 2019 [cited 2022 Nov 2]. Available from: https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/YW40a21pdTU1cnJxOGt6dm43ZEdoZz09/da_03/3

Batubara JR. Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sari Pediatr [Internet]. 2016 Nov 23 [cited 2022 Nov 2];12(1):21–9. Available from: https://saripediatri.org/index.php/sari-pediatri/article/view/540

Ikatan Dokter Anak Indonesia. Kesehatan Remaja di Indonesia [Internet]. Ikatan Dokter Anak Indonesia. 2013 [cited 2022 Nov 2]. Available from: https://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/kesehatan-remaja-di-indonesia

WHO. Skills for health : skills-based health education including life skills : an important component of a child-friendly/health-promoting school [Internet]. WHO; 2003 [cited 2022 Nov 2]. Available from: https://apps.who.int/iris/handle/10665/42818

Santosa ET, Atmodiwirjo ET, Soetikno N. Efektivitas Kecakapan Hidup Sebagai Pencegahan Penyalahgunaan Tembakau, Alkohol, dan Mariyuana (Studi pada Siswa/i SMPN X). Provitae J Psikol Pendidik [Internet]. 2012 [cited 2022 Nov 2];5(1):73–92. Available from: https://journal.untar.ac.id/index.php/provitae/article/view/237

Family & Youth Services Bureau. Healthy Life Skills [Internet]. Family & Youth Services Bureau. Washington D.C.: Family & Youth Services Bureau; 2016 [cited 2022 Nov 2]. Available from: https://www.lifeskillstraining.c

Di Iorio CK. Measurement in health behavior. Methods for Research and Education. 2005. 306 p.

Hair JF, Black WC, Babin BJ, Anderson RE. Multivariate Data Analysis 7th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall; 2010.

Sürücü L, Maslakçi A. Validity and Reliability in Quantitative Research. Bus Manag Stud An Int J. 2020 Sep 25;8(3):2694–726.

Shek DTL, Siu AMH, Lee TY. The Chinese Positive Youth Development Scale: A Validation Study. Res Soc Work Pract. 2007;17(3):380–91.

Taherdoost H. Validity and Reliability of the Research Instrument; How to Test the Validation of a Questionnaire/Survey in a Research. Int J Acad Res Manag. 2016 Aug 10;5(3):28–36.

Westen D, Rosenthal R. Quantifying construct validity: two simple measures. J Pers Soc Psychol. 2003;84(3):608–18.

Hasanah A, Sri ML. Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF J Ilmu Pendidik [Internet]. 2021 Aug 24 [cited 2022 Nov 2];3(5):3296–307. Available from: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/526

Thama AD, Trianto A, M Arifin MA. Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kerkap Berdasarkan Taksonomi Barret Tahun Ajaran 2013/2014. [Bengkulu]: Universitas Bengkulu; 2014.

Khumaedi M. Reliabilitas Instrumen Penelitian Pendidikan. J Pendidik Tek Mesin. 2012 Jul 5;12(1):25–30.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.