Optimalisasi Aplikasi SOBAT TB dalam Pelayanan TB Selama Masa Pandemi COVID-19

Dian Septiani, Fanesya Nuur Haniifah, Meta Alya Riswaluyo, Najiah Meirina Anwar

Abstract

Selama masa pandemi COVID-19, upaya penanganan TB menjadi terhambat. Upaya penanganan TB saat masa pandemi dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital. Yayasan KNCV Indonesia (YKI) bersama Kemenkes RI mengembangkan aplikasi dalam mendukung program TB yaitu SOBAT TB dan EMPATI Client. Kedua aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk upaya eliminasi TB namun aplikasi tersebut tidak disatukan sehingga pelayanan tidak terintegrasi. Oleh karena itu, diperlukan adanya penggabungan antara aplikasi SOBAT TB dan EMPATI Client, pembaruan pada aplikasi SOBAT TB dengan menambahkan berbagai fitur (pasien dapat mengunduh catatan perawatannya dan laporan analitik dari perawat, kemudian dapat membuat jadwal minum obat dengan dosis harian atau dengan dosis intermittent, fitur penghantaran obat dan penghantaran spesimen dahak) serta melakukan pengembangan di IOS & Website. Kemudian melakukan kerjasama dengan jasa ojek online untuk dapat mendukung fitur penghantaran obat dan mengantarkan spesimen dahak. Sasaran bagi pengguna aplikasi dapat diperluas tidak hanya ditujukan bagi pasien TB RO saja tetapi untuk seluruh pasien TB dan masyarakat umum. Selain itu, diperlukan penyebarluasan informasi terkait aplikasi SOBAT TB kepada masyarakat dan Dinas Kesehatan sehingga diharapkan cakupan penggunaan aplikasi semakin luas dan dapat menjadi solusi dan upaya dalam eliminasi TB di masa pandemi.

Full Text:

PDF

References

Balai Baturaja Litbang Kementerian Kesehatan Republik In. 2021. Jangan Abaikan TBC di

Masa Pandemi Covid-19 Menuju Eliminasi TBC Tahun 2030. [online] Available at:

[Accessed 29 June 2021].

Findi, M., 2021. Yayasan KNCV Indonesia - HTBS 2021: Peluncuran Aplikasi Sobat TB dan EMPATI CLIENT sebagai Solusi dan Upaya Eliminasi TBC di Tengah Pandemi. [online] Yayasan KNCV Indonesia. Available at: [Accessed 1 July 2021].

Grid Health. 2021. Pemanfaatan Aplikasi Digital Health Saat Pandemi Dalam Upaya Eliminasi Tuberkulosis di Indonesia - Semua Halaman - Grid Health. [online] Grid Health. Available at: [Accessed 3 July 2021].

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2021. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. [online] Available at: [Accessed 1 July 2021].

PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 18 TAHUN 2020 TENTANG RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH NASIONAL 2020-2024

SureAdhere Mobile Technology, Inc. 2021. How It Works — SureAdhere Mobile Technology, Inc.. [online] Available at: [Accessed 3 July 2021].

TB Europe Coalition. 2020. COVID-19 – THE NEW REALITY OF ENDING TUBERCULOSIS. [ebook] Available at: [Accessed 29 June 2021].

Refbacks

  • There are currently no refbacks.