Evaluasi Pengelolaan Data Dan Informasi Program Vaksinasi COVID-19 (Corona Virus Disease 19) di Wilayah Lampung Tahun 2021

Regina Valya Puspita Araytri, Milla Herdayati

Abstract

Pengelolaan data dan informasi pada program vaksinasi merupakan suatu hal penting yang harus diperhatikan pelaksanaannya. Hal ini dikarenakan proses pencatatan dan pelaporan data pada yang dilaksanakan pada program vaksinasi dapat menunjang percepatan vaksinasi di Indonesia karena dapat mengetahui cakupan vaksinasi yang telah terlaksana. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pengelolaan data dan informasi seputar program vaksinasi COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) di wilayah Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan observasional pada pelayanan kesehatan sekunder (Dinas Kesehatan Provinsi Lampung) responden pada penelitian ini adalah kepala seksi surveilans dan imunisasi dinas kesehatan Provinsi Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi data sekunder. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan dibandingkan dengan standar operasional yang diputuskan menteri kesehatan republik Indonesia. Kendala dalam pelaksanaan program vaksinasi di wilayah lampung adalah masih kurangnya sumber daya manusia serta sarana rantai dingin berupa refrigerator. kendala pada proses pencatatan dan pelaporan terdapat pada input data hasil layanan dan pengoperasian aplikasi SMILE (Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik secara Elektronik) dalam perhitungan logistik vaksinasi, hal ini perlu dilakukan perbaikan agar provinsi lampung dapat mencapai kekebalan imun (herd immunity).

Keywords

evaluasi, data, vaksinasi, COVID-19

Full Text:

PDF

References

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Beranda | Covid19.go.id [Internet]. Satuan Tugas Penanganan COVID-19. 2021. Available from: https://covid19.go.id/

Redaksi Sehat Negeriku. Per 31 Agustus, Cakupan Vaksinasi Nasional COVID-19 Sentuh Angka 100 Juta Penyuntikan – Sehat Negeriku [Internet]. Sehat Negeriku Sehatlah Bangsaku. Available from: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20210901/5638387/per-31-agustus-cakupan-vaksinasi-nasional-covid-19-sentuh-angka-100-juta-penyuntikan/

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Rencana Strategis Provinsi Lampung. Bandar Lampung: Dinas Kesehatan Provinsi Lampung; 2019. 44 p.

Subdit Imunisasi Direktorat Surveilans dan karantina Kesehatan Ditjen P2P Kementrian Kesehatan RI. Pencatatan dan Pelaporan Vaksinasi COVID-19. Kementerian Kesehatan RI. 2020. p. 27.

Azwar A. Program Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Bandung: Trubus Grawidia; 1994.

Gubernur Lampung. Peraturan Gubernur Lampung Tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2021. Bandar Lampung: Pemeritah Provinsi Lampung; 2020.

Kementrian Kesehatan RI. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/4638/2021. Kementrian Kesehatan RI. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2021.

Kementrian Kesehatan RI. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/4638/2021 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Kementerian Kesehatan RI. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2021.

Kementrian Kesehatan RI. Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Kementerian Kesehatan RI. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2020.

Kementrian Kesehatan RI. Pengelolaan Rantai Dingin Vaksin - Pelatihan Jarak Jauh Program Imunisasi Rutin. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia; 2020.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.