Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi COVID-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. dan Asrori. (2011). Psikologi Remaja-Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Cao, W., Fang, Z., Hou, G., et al. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 287, 112934. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934
Dewi, K.S. (2012). Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: Universitas Diponegoro. Diakses dari http://eprints.undip.ac.id/38840/1/KESEHATAN_MENTAL.pdf pada 11 Oktober 2020.
Harahap, A.C.P., Harahap, D.P., & Harahap, S.R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh di masa Covid-19. BiblioCouns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804.
Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & Livana, PH. (2020). Gambaran psikologis mahasiswa dalam proses pembelajaran selama pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299 -306.
Heiman, T. & Kariv, D. (2005). Task oriented versus emotion-oriented coping strategies: the case of college students. College Student Journal, 39(1): 72-89.
Husky, M.M., Kovess-Masfety, V. & Swendsen, J.D. (2020). Stress and anxiety among university students in France during Covid-19 mandatory confinement. Comprehensive Psychiatry, 102(2020), 152191. https://doi.org/10.1016/j.comppsych.2020.152191.
Ika. (2020, Maret 18). Cara Atasi Stres Selama Pandemi COVID-19. Diakses dari https://ugm.ac.id/id/newsPdf/19150-cara-atasi-stres-selama-pandemi-covid-19 pada 12 Oktober 2020.
Islam, M.A., Barna, S.D., Raihan, H., et al. (2020). Depression and anxiety among university students during the COVID-19 pandemic in Bangladesh: A web-based cross-sectional survey. PLoS ONE, 15(8): e0238162. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0238162.
Kementerian Kesehatan RI. (2020). Buku Panduan Kampus Siaga COVID-19. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Legiran, Azis, M.Z. & Bellinawati, N. (2015). Faktor risiko stres dan perbedaannya pada mahasiswa berbagai angkatan di fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 2(2), 197-202.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
NurCita, B., & Susantiningsih, T. (2020). Dampak pembelajaran jarak jauh dan physical distancing pada tingkat kecemasan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Journal of Borneo Holistic Health, 3(1), 58-68.
Pariat, L., Rynjah, A., & Kharjana, J.M.G. (2014). Stress levels of college students: interrelationship between stressors and coping strategies. IOSR Journal Of Humanities and Social Science, 19(8), 40-46.
Pat Walker Health Center. (2020). COVID-19 Anxiety Toolbox. Fayetteville, AR: University of Arkansas. Diakses dari https://health.uark.edu/coronavirus/caps-covid-19-resources-anxiety-workbook.pdf pada 12 Oktober 2020.
Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia. (2020, April 23). Infografik 5 Bulan Pandemi COVID-19 di Indonesia. Diakses dari http://pdskji.org/home pada 3 Oktober 2020.
Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia. (2020, April 23). Infografik Masalah Psikologis Terkait Pandemi COVID-19 di Indonesia. Diakses dari http://pdskji.org/home pada 3 Oktober 2020.
Putri, R.M., Oktaviani, A.D., Utami, A.S.F., dkk. (2020). Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform dengan Tingkat Stres Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 2(1): 38-45
Santrock, J.W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Terjemahan Oleh: Shinto, B.A. & Saragih, S. Jakarta: Erlangga.
Son, C., Hegde, S., Smith, A., et al. (2020). Effects of COVID-19 on College Students’ Mental Health in the United States: Interview Survey Study. Journal of Medical Internet Research, 22(9), 1-14.
Spielman, R.M., Dumper, K., Jenkins, W., et al. (2020). Psychology. Houston: Rice University.
Utami, D.S., Keliat, B.A., Marliana, T., dkk. (2020). Pedoman Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial pada Pandemi COVID-19. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Vibriyanti, D. (2020). Kesehatan mental masyarakat: mengelola kecemasan di tengah pandemi COVID-19. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2020, 69-74 .
Wang, C. & Zhao, H. (2020). The Impact of COVID-19 on Anxiety in Chinese University Students. Front. Psychol, 11:1168. doi: 10.3389/fpsyg.2020.01168
Wang, Z.H., Yang, H.L., Yang, Y.Q., et al. (2020). Prevalence of anxiety and depression symptom, and the demands for psychological knowledge and interventions in college students during COVID-19 epidemic: A large cross-sectional study. Journal of Affective Disorders, 275, 188–193. doi: https://doi.org/10.1016/j.jad.2020.06.034
World Health Organization. (2020, September 9). Timeline of WHO’s response to COVID-19. Diakses dari https://www.who.int/news-room/detail/29-06-2020-covidtimeline pada 3 Oktober 2020
Refbacks
- There are currently no refbacks.