Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi COVID-19

Rifa Fauziyyah, Rinka Citra Awinda, Besral Besral

Abstract

WHO telah menyatakan bahwa COVID-19 sebagai pandemi global, untuk mencegah penyebarannya maka kegiatan akademis di Indonesia dialihkan menjadi metode pembelajaran jarak jauh. Perubahan ini mengakibatkan mahasiswa harus beradaptasi dengan metode baru dan salah satu dampak dari hal tersebut adalah munculnya masalah kesehatan mental seperti stres dan kecemasan pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan adanya peningkatan stres dan kecemasan pada mahasiswa sebagai dampak pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dari jurnal nasional dan internasional yang meneliti tentang pengaruh pandemi COVID-19 terhadap stres dan kecemasan yang dialami mahasiswa. Penelusuran jurnal ini menggunakan database Google Scholar, ResearchGate, dan Pubmed. Hasil  penelitian dari 10 jurnal menunjukkan peningkatan stres dan kecemasan yang dialami mahasiswa selama pandemi COVID-19 yang disebabkan oleh berbagai faktor. Angka stres pada mahasiswa di Indonesia selama perkuliahan jarak jauh rata-rata sebesar 55,1%, sedangkan pada mahasiswa di luar Indonesia sebesar 66,3%. Angka kecemasan mahasiswa di Indonesia selama perkuliahan jarak jauh rata-rata sebesar 40%, sedangkan pada mahasiswa di luar Indonesia sebesar 57,2%. Sebagai saran, beberapa upaya dapat dilakukan seperti olahraga atau aktivitas fisik, istirahat yang cukup, melakukan hobi, sosialisasi secara virtual serta menerapkan lingkungan yang sehat baik secara fisik maupun psikologis untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Keywords

Stres; Kecemasan; Mahasiswa; Pembelajaran Jarak Jauh; COVID-19

Full Text:

PDF

References

Ali, M. dan Asrori. (2011). Psikologi Remaja-Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Cao, W., Fang, Z., Hou, G., et al. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 287, 112934. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934

Dewi, K.S. (2012). Buku Ajar Kesehatan Mental. Semarang: Universitas Diponegoro. Diakses dari http://eprints.undip.ac.id/38840/1/KESEHATAN_MENTAL.pdf pada 11 Oktober 2020.

Harahap, A.C.P., Harahap, D.P., & Harahap, S.R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh di masa Covid-19. BiblioCouns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 10-14. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804.

Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & Livana, PH. (2020). Gambaran psikologis mahasiswa dalam proses pembelajaran selama pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299 -306.

Heiman, T. & Kariv, D. (2005). Task oriented versus emotion-oriented coping strategies: the case of college students. College Student Journal, 39(1): 72-89.

Husky, M.M., Kovess-Masfety, V. & Swendsen, J.D. (2020). Stress and anxiety among university students in France during Covid-19 mandatory confinement. Comprehensive Psychiatry, 102(2020), 152191. https://doi.org/10.1016/j.comppsych.2020.152191.

Ika. (2020, Maret 18). Cara Atasi Stres Selama Pandemi COVID-19. Diakses dari https://ugm.ac.id/id/newsPdf/19150-cara-atasi-stres-selama-pandemi-covid-19 pada 12 Oktober 2020.

Islam, M.A., Barna, S.D., Raihan, H., et al. (2020). Depression and anxiety among university students during the COVID-19 pandemic in Bangladesh: A web-based cross-sectional survey. PLoS ONE, 15(8): e0238162. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0238162.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Buku Panduan Kampus Siaga COVID-19. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Legiran, Azis, M.Z. & Bellinawati, N. (2015). Faktor risiko stres dan perbedaannya pada mahasiswa berbagai angkatan di fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 2(2), 197-202.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

NurCita, B., & Susantiningsih, T. (2020). Dampak pembelajaran jarak jauh dan physical distancing pada tingkat kecemasan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Journal of Borneo Holistic Health, 3(1), 58-68.

Pariat, L., Rynjah, A., & Kharjana, J.M.G. (2014). Stress levels of college students: interrelationship between stressors and coping strategies. IOSR Journal Of Humanities and Social Science, 19(8), 40-46.

Pat Walker Health Center. (2020). COVID-19 Anxiety Toolbox. Fayetteville, AR: University of Arkansas. Diakses dari https://health.uark.edu/coronavirus/caps-covid-19-resources-anxiety-workbook.pdf pada 12 Oktober 2020.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia. (2020, April 23). Infografik 5 Bulan Pandemi COVID-19 di Indonesia. Diakses dari http://pdskji.org/home pada 3 Oktober 2020.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia. (2020, April 23). Infografik Masalah Psikologis Terkait Pandemi COVID-19 di Indonesia. Diakses dari http://pdskji.org/home pada 3 Oktober 2020.

Putri, R.M., Oktaviani, A.D., Utami, A.S.F., dkk. (2020). Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform dengan Tingkat Stres Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 2(1): 38-45

Santrock, J.W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Terjemahan Oleh: Shinto, B.A. & Saragih, S. Jakarta: Erlangga.

Son, C., Hegde, S., Smith, A., et al. (2020). Effects of COVID-19 on College Students’ Mental Health in the United States: Interview Survey Study. Journal of Medical Internet Research, 22(9), 1-14.

Spielman, R.M., Dumper, K., Jenkins, W., et al. (2020). Psychology. Houston: Rice University.

Utami, D.S., Keliat, B.A., Marliana, T., dkk. (2020). Pedoman Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial pada Pandemi COVID-19. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Vibriyanti, D. (2020). Kesehatan mental masyarakat: mengelola kecemasan di tengah pandemi COVID-19. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2020, 69-74 .

Wang, C. & Zhao, H. (2020). The Impact of COVID-19 on Anxiety in Chinese University Students. Front. Psychol, 11:1168. doi: 10.3389/fpsyg.2020.01168

Wang, Z.H., Yang, H.L., Yang, Y.Q., et al. (2020). Prevalence of anxiety and depression symptom, and the demands for psychological knowledge and interventions in college students during COVID-19 epidemic: A large cross-sectional study. Journal of Affective Disorders, 275, 188–193. doi: https://doi.org/10.1016/j.jad.2020.06.034

World Health Organization. (2020, September 9). Timeline of WHO’s response to COVID-19. Diakses dari https://www.who.int/news-room/detail/29-06-2020-covidtimeline pada 3 Oktober 2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.