ANALISIS PRODUK KATERING SEHAT DI RUMAH SAKIT IZZA MENGGUNAKAN ST (SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) DAN 4P (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION)

Helmi Agustian

Abstract


Industri makanan (bisnis kuliner) merupakan industri yang selalu diminati oleh masyarakat. Ditengah kondisi pandemic COVID-19 seperti saat ini, kesadaran masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat semakin tinggi. Memilih menu makanan yang lebih sehat merupakan salah satu caranya. Rumah sakit Izza sebagai salah satu rumah sakit swasta didaerah Cikampek yang memiliki Unit Instalasi Gizi yang dikelola sendiri. Sebagai rumah sakit yang mayoritas pasiennya adalah BPJS sampai saat ini tidak pernah dilakukan pengembangan produk layanan baru yang berhubungan dengan Gizi pasien. Penelitan yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dengan membagikan kuesioner kepada pasien yang sedang berobat ke Rawat Jalan sebanyak 100 orang sampel. Hasil analisis segmen pelanggan RS Izza berasal dari Kabupaten Karawang (89%), Lama Perjalanan Kurang dari <30 Menit (63%), dan menggunakan kendaraan pribadi (89%). Pada faktor demografi sebagian besar usia > 50 (39%), dengan kelamin Perempuan (64%), pekerjaan sebagai Ibu Rumah Tangga (51%). Target pelanggan yang dianggap potensial adalah pasien dengan usia 20-39 tahun berdomisili sekitar rumah sakit dengan kelas ekonomi menengah kebawah dan Berjenis kelamin perempuan dengan menu katerting yang ditawarkan adalah Paket menu gizi seimbang, Paket menu diet sehat dan Paket menu diet khusus

Keywords


Katering Sehat; STP (Segmenting, Targeting, Positioning); 4P (Product, Price, Place, Promotion)

Full Text:

PDF

References


Aditama, Yacob. "Riset Pasar Produk Keripik Tempe Sagu. (2012).

Diniarum, Fini Nur Aulidia. Strategi branding PT. Berkah Catering Nusantara. Diss. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019.

Kotler, P. 2003. Marketing Inside From A to Z. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P. 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Prenhallindo.

Latifa, Huda. Analisis Aspek Bisnis dan Manajemen Risiko Pada Bisnis Catering Diet Sehat “Dapur Menthik”. MS thesis. Universitas Islam Indonesia, 2018.

Oktaviani, Gabriela. "GRANNY CATERING “A SMART CHOICE FOR DIABETIC”." TRANSAKSI 9.1 (2017): 21-29.

Wahyu Sulistiadi. Strategi Distribusi Layanan Rumah Sakit. Materi Mata Kuliah Manajemen Strategis Pemasaran OPK (RS). 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v8i2.4715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.