PELAYANAN CONSULTATION LIAISON PSYCHIATRY (CLP) MENUJU PENINGKATAN PELAYANAN YANG LEBIH HOLISTIK DI RUMAH SAKIT TINGKAT II UDAYANA DENPASAR

Rinie Indah Chandra Wirasati, Ede Surya Darmawan

Abstract


Pada masa lalu, bidang kedokteran masih banyak didominasi dengan pendekatan model medik yang masih dibayangi dengan pandangan dikotomi fisik-psikis. Kenyataan menunjukkan bahwa banyak sekali kondisi ‘sakit’ yang tidak cukup hanya diatasi dengan pendekatan model medik saja. Banyak keluhan fisik yang ternyata tidak menunjukkan kelainan fisik yang jelas, juga banyak penyakit fisik yang morbiditas dan mortalitasnya sangat dipengaruhi oleh kondisi mental-emosional. Belum lagi berbagai kondisi sakit yang menahun atau menimbulkan kecacatan, yang memberi dampak mental-emosional / psikososial yang sangat menurunkan kualitas hidup pasien disamping memperburuk perjalanan penyakit itu sendiri. Peran psikiatri dalam menangani aspek psikis pasien dengan kondisi medik mulai berkembang pesat di negara-negara maju setelah pertengahan abad ke 20 dan di Bidang psikiatri sendiri hal tersebut dikembangkan dalam Liaison Psychiatry, namun karena keterkaitan dengan konsultasi psikiatrik sangat kuat, maka secara praktis disebut sebagai Consultation Liaison Psychiatry (CLP). Saat ini di era JKN yang mengharuskan Rumah Sakit untuk memberikan pelayanan yang bermutu dengan strategi Price, Product, Place dan Promotion pelayanan CLP memiliki segmenting, targeting, dan positioning yang cukup penting untuk meningkatkan pelayanan medis yang lebih holistik kepada masyarakat.

Keywords


Consultation Liaison Psychiatry (CLP), Kondisi Medik, Kondisi Mental-Emosional; Pelayanan Medis yang Holistic

Full Text:

PDF

References


Kepustakaan.

Dirjen. Pelayanan Medik. 1993. “Pedoman Penggolongan Diagnosis Gangguan Jiwa di Indonesia III”, cetakan pertama. Departemen Kesehatan RI.

Handrinos D, McKenzie D, Smith GC. 1998. “Timing of Referral to a Consultation-Liaison Psychiatry Unit Psychosomatics”; 39:311-317.

Smith G. 2006. “Effectiveness of integrated care: terminology and approach.” School of Psychology, Psychiatry and Psychological Medicine Monash University Melbourne, Australia. EACLPP.

Syamsulhadi M. & Fanani M. 2008. “Modul X Materi Baku Consultation Liaison Psychiatry, Buku Acuan”. FK-UI.

Wibisono S. 2001. “Kuliah Consultation Liaison Psychiatry.” FK-UI.




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v6i3.3671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.