FAKTOR HARGA DALAM STRATEGI PEMASARAN RUMAH SAKIT

Silvia Evalina Tarigan, Retno Dewi Sulistyowati, Melanie Vandauli, Mia Mariani, Petra Ade Paramita Lestari, Prisca Gisella

Abstract


Salah satu unsur dari strategi pemasaran adalah marketing mix. Marketing mix semakin berkembang terutama dalam bidang jasa, tidak hanya meliputi 4P, namun mencakup 7P. Konsep 7P terdiri dari (product, price, place, promotion, people, process, dan physical environment) yang digunakan untuk mengambil keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran. Dalam studi literatur ini, khususnya akan dibahas terkait faktor harga dalam strategi pemasaran rumah sakit. Studi literatur ini menggunakan metode analisis dari berbagai sumber seperti buku teks, artikel jurnal dan e-book terkait faktor harga dalam strategi pemasaran rumah sakit. Penetapan harga diklasifikasikan berdasarkan tiga pendekatan antara lain cost oriented pricing, demand oriented pricing, dan competition oriented pricing. Terdapat empat strategi harga dalam pemasaran yaitu premium strategy, over charging strategy, good value strategy, dan economic strategy. Keputusan penetapan harga perusahaan dapat didasarkan pada tujuan pemasaran, strategi bauran pemasaran, dan biaya.

Keywords


Harga, Marketing Mix; Strategi Pemasaran; Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Anon. Marketing Mix (Bag 5). 2015 https://www.kompasiana.com/iyus/550e5b54a33311bf2dba8195/marketing-mix-bag5.

Anon. Marketing Mix in Sample Hospitals -I(4P ‘s). Diunduh dari http://shodhganga.inflibnet.ac.in/bitstream/10603/8377/10/10_chapter%203.pdf pada 24 Februari 2019.

Anon. Introduction to Price. Diunduh dari https://courses.lumenlearning.com/boundless-marketing/chapter/introduction-to-price/ pada 14 November 2019.

Aseng, L., Karamoy, H. and Wokas, H., 2019. Analisis Penentuan Tarif Kamar Inap dengan Pendekatan Cost Plus Pricing pada Rumah Sakit Siloam Sonder. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1).

Karinov. 2018. Pengertian Bauran Pemasaran (7P – Marketing Mix). https://karinov.co.id/pengertian-bauran-pemasaran-7p/. Diakses pada bulan desember 2019.

Kemenkumham RI. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.

Lubis, A. N. (2004). Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis. Program Studi Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara, Medan.

Owusu-Bempah, et al. 2013. The Importance of Pricing as an Influential Marketing Mix Tool: Factor And Principal Component Analysis. Diunduh dari www.tjprc.org/publishpapers/2-33-1354962913-1.Sales%20-%20IJSMMRD%20-%20The%20importance%20(4).pdf pada 14 November 2019.

Poernomo, D. I. S. H. (2009). Analisis Pengaruh Persepsi Pasien Tentang Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Di Poliklinik Rawat Jalan Rs Baptis Kediri. Program Pasca Sarjana Universitas Diponogoro, Semarang.

Suryani, PS; Heriyanto, M. Analisis Implementasi Strategi Pemasaran pada Rumah Sakit Lancang Kuning Pekanbaru. Diunduh dari https://www.academia.edu/people/search?utf8=%E2%9C%93&q=strategi+pemasaran+rumah+sakit+4p pada 24 Februari 2019.

Tracy, Brian. The 7Ps of Marketing. Diunduh dari https://www.healthcaresuccess.com/blog/medical-advertising-agency/the-7-ps-of-marketing.html pada 24 Februari 2019 .




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v6i3.3668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.