PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI RS: A SYSTEMATIC REVIEW

Arina Haq, Andini Tri Wijayati, Angesti Drea, Fiki Kusumasari, Rosa Selvia, Rovels Rovels

Abstract


Berkembangnya akses internet mengubah pola interaksi konsumen yang dahulu bersifat pasif menjadi aktif untuk mencari informasi kesehatan. Fungsi media social tidak hanya ebagai alat rekreasi tetapi juga penting dari segi bisnis dan organisasi. Pada awalnya, konsumen memperoleh informasi kesehatan dari website yang sifatnya satu arah (menerima informasi) tetapi saat ini banyak bermunculan media sosial yang bersifat dua arah (menerima dan menyebarkan informasi). Studi eligibilitas untuk systematic review ini merupakan hasil yang merangkum penggunaan media sosial di rumah sakit. Systematic review mengacu pada Preferred Reposting Items for Systematic review and Meta-Analysis Protocols (PRISMA) 2015 dan dilakukan pencarian secara sistematis dalam satu database literatur ilmiah yaitu Science Direct yang memenuhi syarat dengan batasan diterbitkan dalam bentuk full-text dalam peer-reviewed pada 5 tahun terakhir, menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dan sumber data merupakan jurnal ilmiah.. Dengan mengacu pada PRISMA dan pencarian literatur dengan batasan tersebut, semula ditemukan 700 artikel teks lengkap (n=700) menjadi 5 artikel teks lengkap (n=5) yang ada kaitannya dengan penggunaan media sosial di rumah sakit. Kata kunci yang dipakai adalah social media, hospital, marketing. Dalam sepuluh tahun terakhir, social media berkembang sangat pesat. Tingginya anstusiasme masyarakat tehadap kemauan untuk menerima informasi medis dari sumber resmi terpercaya, harus diimbangi dengan adanya petugas kesehatan di rumah sakit yang secara teratur mengakaji dan mengelola informasi kesehatan yang ada di media sosial milik rumah sakit. Media sosial memiliki dampak positif dalam meningkatkan pengetahuan, kepuasan pasien, publikasi serta pengembangan dan pemasaran rumah sakit

Keywords


Media Sosial; Rumah Sakit; Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Adzharuddin, N. A. and Ramly, N. M. (2015) ‘Nourishing Healthcare Information over Facebook’, Procedia - Social and Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 172, pp. 383–389. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.01.384.

Alhaddad, M. S. (2018) ‘The use of social media among Saudi residents for medicines related information’, Saudi Pharmaceutical Journal. Elsevier B.V., 26(8), pp. 1106–1111. doi: 10.1016/j.jsps.2018.05.021.

Hawkins, C. M., DeLaO, A. J. and Hung, C. (2016) ‘Social Media and the Patient Experience’, Journal of the American College of Radiology. Elsevier Inc, 13(12), pp. 1615–1621. doi: 10.1016/j.jacr.2016.09.006.

Ranginwala, S. and Towbin, A. J. (2018) ‘Use of Social Media in Radiology Education’, Journal of the American College of Radiology. Elsevier Inc, 15(1), pp. 190–200. doi: 10.1016/j.jacr.2017.09.010.

Benetoli, Arcelio; Chen, Timothy F; dan Aslani, Parisa. 2017. Consumer Health-Related Activities on Social Media: Exploratory Study. Journalof Medical Internet Research, Volume19 (10): e352

Gupta, Anita; Tyagi, Mukta; Sharma, Deepshikha. 2013. Use of Social Media Marketing in Healthcare. Journal of Health Management, Volume 15 (2), hal. 293-302.

Keckley, Paul H dan Hoffmann, Michelle. 2010. Social Networks in Health Care: Communication, Collaboration, and Insights. Deloitte Center for Health Souliton.

Kominfo RI. 2018. Angka Penggunaan Media Sosial Orang Indonesia Tinggi, Potensi Konflik Juga amat Besar. [onine] Tersedia di: https://kominfo.go.id /content/detail/14136/angka-penggunaan-media-sosial-orang-indonesia-tinggi-potensi-konflik-juga-amat-besar/0/ so rotan_media. (Diunduh pada tanggal 3 Januari 2020).

Kominfo RI. 2018.Kementerian Kominfo Sebut Pengguna Internet Indonesia Capai 54 Persen. [online] Tersedia di: https://kominfo.go.id/content/detail/153 80/kementerian-kominfo-sebut-pengguna-internet-indonesia-capai-54-persen/0/sorotan_media. (Diunduh pada tanggal 3 Januari 2020).

Kotsenas, Amy L, dkk. 2018. The Strategic Imperative for the Use of Social Media in Health Care. Journal American College of Radiology, Volume 15, hal 155-161.




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v6i3.3667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.