Analisis Produk Layanan Rawat Inap di RSUD Wangaya Denpasar Berdasarkan STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan 4 P (Product, Price, Place, Promotion)

Ni Putu Sri Wahyuni

Abstract


ABSTRAK Strategi pemasaran jasa pelayanan akan efektif apabila mampu meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menerapkan bauran pemasaran yang terdiri dari 4 P (product, price, place, promotion) dan didukung dengan strategi pemasaran modern STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) sebagai teknik untuk menangkap peluang pasar, sehingga rumah sakit mampu menyajikan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dilakukan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan tentang suatu keadaan secara objektif, untuk memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Data yang digunakan adalah data sekunder yang meliputi data kunjungan pasien rawat inap, data tingkat hunian ruang rawat inap, dan data kepuasan masyarakat di ruang rawat inap. Berdasarkan hasil studi, didapatkan informasi bahwa strategi pemasaran dengan konsep segmentasi, target dan posisi serta didukung oelh bauran pemasaran yang tepat merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran pada Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Denpasar sudah cukup baik, hal ini terlihat dari tanggapan pasien rawat inap cukup positif karena telah mendapatkan penjelasan tentang jenis layanan, prosedur layanan dan informasi biaya dari pihak rumah sakit  ABSTRACT Service marketing strategy will increase the level of customer satisfaction with marketing mix consisting of 4 P (product, price, place, promotion) and supported by modern STP marketing strategies (Segmenting, Targeting and Positioning) as a technique to look for market opportunities, so that the hospital is able to provide health services according to customer needs. Descriptive research has been conducted to describe a situation objectively, to solve the problem being faced. The data used are secondary data that includes inpatient visit data, occupancy data for inpatient rooms, and community satisfaction data in inpatient rooms. Based on the results of the study, obtained information that Marketing strategy with the concept of segmentation, target and position and supported by the right marketing mix is an effective means to improve health services according to customer needs. Them, it can be concluded that the marketing strategy at the Regional Hospital of Wangaya Denpasar is quite good, this can be seen from the response of inpatients quite positive because it has received an explanation of the type of service, service procedures and cost information from the hospital.

Keywords


service; marketing strategy; marketing mix

Full Text:

PDF

References


Abdul Manaf. (2016) Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Assauri, Soffjan. (2018) Manajemen Bisnis Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Husniati, Evi dan Jauhari, Tantowi. (2018) Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi Universitas Kediri, Vol 3, No 1.

Rambat Lupioadi. (2013) Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Rifki Kafa. (2013) Pengaruh Bauran pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih Jasa Rumah Sakit. Jurnal ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. VIII, No 1.

Undang - Undang Nomor 44 Tahun 2009 (2020, Desember 30) tentang Rumah Sakit (online). Available on: http://www.hukor.depkes.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v6i1.3666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.