STRATEGI PLACE DALAM PEMASARAN RUMAH SAKIT DI INDONESIA; SYSTEMATIC REVIEW

Herlin Putri Tanjung, Dyani Kusumowardhani, Megadianty Mokoginta, Asriyanti Bandaso, Lili Marliani

Abstract


STRATEGI PLACE DALAM PEMASARAN RUMAH SAKIT DI INDONESIA; SYSTEMATIC REVIEW PLACE STRATEGY IN MARKETING HOSPITALS IN INDONESIA;SYSTEMATIC REVIEW Asriyanti Bandaso, Dyani Kusumowardhani, Herlin Putri Tanjung, Lili Marliani, Megadianty Mokoginta Program Pasca Sarjana Kajian Administrasi Rumah SakitFakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, DepokEmail: herlinputri37@yahoo.com ABSTRAKLatar belakang: Rumah sakit harus mempunyai perencanaan strategi pemasaran yang baik, bermutu dan berkualitas, untuk meningkatkan minat pasien menggunakan jasa pelayanannya. Bauran pemasaran merupakan strategi pemasaran terdiri atas product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence. Strategi Place mengacu pada kemudahan konsumen mengakses layanan. Untuk itu ingin diketahui bagaimana peran strategi place dalam bauran pemasaran rumah sakit di Indonesia.Metodologi: Systematic review ini menggunakan metode PRISMA. Penelusuran menggunakan database elektronik Google Scholar dan Garuda Ristekdikti. Kriteria inklusi yaitu artikel penelitian, diterbitkan tahun 2010 sampai tahun 2019, dan dilakukan di Indonesia. Kata kunci adalah “Marketing Mix”, Hospital, Place, dan Indonesia. Terdapat 15 artikel yang memenuhi syarat untuk di review.Hasil: Enam artikel menunjukkan strategi place mempengaruhi pemasaran rumah sakit. Empat artikel tidak mempengaruhi. Tiga artikel menyimpulkan bahwa ke tujuh bauran pemasaran saling mempengaruhi. Dua artikel memberikan rekomendasi strategi place untuk pemasaran.Kesimpulan: Pengaruh strategi place dalam pemasaran rumah sakit tergantung pada kondisi eksternal dan internal rumah sakit tersebut.  Perlu dilakukan kombinasi dan koordinasi terhadap strategi yang terdapat pada bauran pemasaran tidak hanya strategi place saja yang diprioritaskan agar pemasaran dapat dilakukan dengan efektif. Kata kunci: Bauran pemasaran, Strategi place, Pemasaran Rumah Sakit ABSTRACTBackground: Hospitals must have a good marketing plan to increase patient interest in using its services. Marketing mix is a marketing strategy consisting of product, price, place, promotion, people, process and physical evidence. The Place Strategy refers to the ease of consumers accessing services. For this reason, we want to know how the role of place strategy in hospital marketing mix in Indonesia.Methodology: This systematic review uses the PRISMA method. Searching uses Google Scholar and Garuda Ristekdikti electronic databases. Inclusion criteria, research articles, published from 2010 to 2019, and carried out in Indonesia. The keywords are "Marketing Mix", Hospital, Place, and Indonesia. There are 15 articles that qualify for review.Results: Six articles show place strategies affecting hospital marketing. Four articles do not affect. Three articles conclude as seven marketing mix influences each other. Two articles provide recommendations for place strategies for marketing.Conclusion: The effect of place strategy in hospital marketing depends on the external and internal conditions of the hospital. It is necessary to combine and coordinate the strategies contained in the marketing mix, not only place strategies are prioritized so that marketing can be done effectively. Keywords: Marketing mix, Place strategy, Hospital Marketing 

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v6i3.3560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.