STUDI DESKRIPTIF ANALISA PROMOSI LAYANAN RUMAH SAKIT

Joan Tanumihardja, Ni Putu Indra Dewi, Santoso Anindita, Handi Wirawan, I Made Agus Suarsana

Abstract


Layanan kesehatan telah memasuki era persaingan yang mengharuskan rumah sakit untuk dapat menyediakan layanan unggulan guna menarik konsumen (pasien). Rumah sakit perlu menerapkan sistem pemasaran yang efektif sehingga target penjangkauan dan pada akhirnya utilisasi pelayanan dapat tercapai dengan mengan menggunakan teknik komunikasi pemasaran terintegrasi untuk mengkoordinasikan dan mengendalikan berbagai elemen bauran promosi. Dalam manuskrip ini peneliti melakukan analisa promosi layanan rumah sakit dengan menggunakan metode studi deskriptif.

Keywords


Komunikasi Pemasaran, Bauran Pemasaran; Komunikasi Pemasaran Terintegrasi; Promosi

Full Text:

PDF

References


Goddard M. 2015. Competition in Healthcare: Good, Bad or Ugly?. Int J Health Policy Manag. 2015;4(9):567–569. Published 2015 Aug 1. doi:10.15171/ijhpm.2015.144

Fathoni Fathir, et al. 2015. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Ekuitas Merek. Jurnal Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. https://media.neliti.com/media/publications/75697-ID-pengaruh-komunikasi-pemasaran-terpadu-te.pdf Diakses pada 2 Desember 2019.

Lestari, Shinta P. 2015. Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi Dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi Pada Rumah Sakit Islam Lumajang). Jurnal Interaksi, vol.4 no.2: 139-147.

Londhe, Dr.B.R. 2014. Marketing Mix for Next Generation Marketing. Procedia Economics and Finance 11 : 335-340.

Khusna, G.K, et al. 2017. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dunkin Donuts Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, vol.11 no.1:27-36.

Isoraite, Margarita. 2016. Marketing Mix Theoretical Aspects. International Journal Of Research – Granthaalayah vol.4 no.6:25-37.

Wahyuni, Desy. 2019. Strategi Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Mata Pekanbaru Eye Centre (PEBC) Dalam Membangun Brand Awareness. JOM FISIP vol.6 Edisi 1:1-15.

Herfiza, Andina. 2018. Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Islam Malahayati Dalam Meningkatkan Kunjungan Pasien Di Kota Medan. JOM FISIP vol.5 Edisi 1:1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v6i2.3476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.