STRATEGI SEGMENTASI, TARGET DAN POSISI PASAR KLINIK AESTETIK DI RS MULTAZAM MEDIKA

Evie Ni'matunnisa

Abstract


Klinik Aestetik merupakan suatu produk yang mulai dikembangkan baik di klinik mandiri maupun di rumah sakit. Dengan semakin berkembangnya teknologi yang digunakan, membuat masyarakat semakin peduli akan kesehatan kulit sehingga produk layanan kecantikan bisa menjadi salah satu alternatif strategi bisnis yang dapat dikembangkan dan menjadi sumber pendapatan rumah sakit swasta saat ini. Dengan semakin meningkatnya kompetisi antar rumah sakit, penambahan layanan klinik aestetik di RS Multazam Medika diharapkan mampu membawa sesuatu yang baru dalam pengembangan produk pemasaran rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metodologi analisis deskriptif yang hasilnya akan menjadi masukan bagi rumah sakit dalam menentukan strategi bisnis dan segmentasi pasar di RS Multazam sehingga dapat menetukan fokus pemasaran.

Keywords


Klinik Aestetik, Segmentasi Pasar, Strategi Bisnis

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 1988. Dasar-dasar Bisnis dan Pemasaran. Bandung: CV Alfabeta

Ahmad Ahid Mudayana,2010. Analisis Strategi Pemasaran Produk Laparoscopy Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal KESMAS ISSN: 1978-0575

Anisa Ramadhani Kusumastiti. 2017. Analisa Segmentasi Pasar Rumah Sakit Umum Mitra Delima JMMR. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit), 6 (2): 120-127, August 2017. (diunduh tanggal 30 Desember 2018)

Arikunto dan Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basu swastha dan Irawan. 1990. Manajemen Pemsaran Modern. Edisi Kedua. Yogyakarta: Liberty Offset

Evi Febrina Nurpeni. 2015. Rencana Pemasaran Klinik Eksekutif Rumah Sakit Hermina Depok dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Jurnal ARSI/Februari 2015

Kotler, Philip dkk. 2002. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Yogyakarta: Andi

M. Guntur, Effendi. 2010. Transformasi manajemen Pemasaran dan Membangun Citra Negara. Jakarta: Sagung Seto

Asiah Hamzah, 2008. Analisis Penetapan Pasar Sasaran Rumah Sakit Stella Maris Makassar Tahun 2008. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v6i2.2888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.