Analisis Produk Layanan Rumah Sakit dalam Lingkup Bauran Pemasaran

Rahmawati Rahmawati

Abstract


ABSTRAK Rumah sakit sebagai institusi jasa yang besar, dituntut untuk mampu memenuhi pelayanan kesehatan masyarakat dengan baik, hal ini dikarenakan banyak persaingan dan jika tidak memperhatikan tuntutan tersebut maka akan sulit mempertahankan kelangsungan hidupnya. Beberapa terobosan dalam pelayanan kesehatan merupakan suatu keharusan terutama untuk menjembatani jenjang perbedaan sosial dalam pelayanan kesehatan di satu pihak untuk mencari bentuk efisiensi pendanaan yang tepat bagi masyarakat dipihak lain. Untuk itu rumah sakit harus mampu menyusun strategi pemasaran melalui bauran pemasaran yang efektif dan efisien untuk perkembangan rumah sakit itu sendiri. Dalam konteks itu bauran pemasaran menjadi sesuatu perlu menjadi perhatian agar eksistensi rumah sakit baik secara bisnis ataupun non bisnis.ABSTRACTHospitals as large service institutions, are required to be able to fulfill public health services well, this is due to a lot of competition and if they do not pay attention to these demands, it will be difficult to maintain their survival. Some breakthroughs in health services are a necessity especially to bridge the level of social differences in health services on the one hand to find the right form of funding efficiency for the community on the other hand. For this reason, the hospital must be able to develop a marketing strategy through an effective and efficient marketing mix for the development of the hospital itself. In that context, the marketing mix becomes something that needs to be a concern so that the existence of hospitals is either business or non-business.

Keywords


marketing mix; health services; efficiency; hospital

Full Text:

PDF

References


(1) Perry & N. Hammond. (2002). Systematic Review: The Experience of a PhD Student. Psychology Learning and Teaching, 2 (1), 32–35.

(2) Abdul Manap. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

(3) BS. Sabarguna. (2005). Analisis Pemasaran Rumah Sakit. Konsorsium Rumah Sakit Islam Jateng, DIY.

(4) Eka Yunila Fatmasari, Sudiro, dan Septo Pawelas Arso. (2015). Analisis Pengaruh Promotional Mix (Bauran Komunikasi Pemasaran) terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Obstetri dan Ginekologi Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Ibu dan Anak Kurnia Cilegon. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia. Vol. 03 No. 03, Desember.

(5) Endri Hariyanti dan Rosyidah. (2010). Analisis Strategi Pemasaran Pelayanan Skin Medical Center di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Vol. 4.No. 2, Juni. Hal 76 – 143.

(6) Evi Husniati Sya’idah dan Tontowi Jauhari. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri. Vol. 3, No. 1, April.

(7) Mahendro Prasetyo Kusumo dan Susanto. (2016). Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap RS PKU Muhammadiyah Bantul. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan. Vol.12, No. 1, Januari.

(8) Maria Ulfah, Asih Tri Rachmi dan Agung Yuniarinto. (2011). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Rawat Jalan di Rumah Sakit Bina Sehat Jember. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol. 11, No. 3. September.

(9) Masri Saragih, Jek Amidos Pardede, dan Flora Sijabat. (2017). Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien. Idea Nursing Journal. Vol. VIII No. 2.

(10) Mohammad Irham Rifai dan Susanto. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 10, No. 1, March, Hal. 33-38.

(11) Prima Sari Putri, Nur Alam Fajar, dan Misnaniarti. (2011). Penerapan Marketing Mix melalui Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit AR Bunda Prabumulih. Jurnal Ilmu Kesehatan dan Masyarakat. Vol. 2, No. 01 Maret.

(12) Rambat Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta : Salemba Empat.

(13) Rifqi Kafa. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih Jasa Rumah Sakit. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. Vol. VIII, No. 1, Desember.

(14) Sawitri Dyah, dkk. (2016). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Variabel Intervening Kepuasan Pada Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia Vol. 4, No. 1.

(15) Totok Sudarto. (2011). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Kelas VIP (Studi Kasus Pasien di Kota Jember). Balance Economics, Bussiness, Management and Accounting Journal. No. 14 Tahun VII, January.




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v5i1.2876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.