Pengaruh Status Gizi Anak Usia di Bawah Lima Tahun terhadap Nilai Belajar Verbal dan Numerik

R. Djarot Darsono Wahyu Hartanto, Nasrin Kodim

Abstract


Keberhasilan pembangunan suatu bangsa dipengaruhi oleh kualitas Sumber Daya Manusia yang secara esensil ditentukan oleh status gizi. Sekitar 1,3 juta anak dengan gizi buruk diperkirakan berpotensi kehilangan IQ sampai 22 juta poin. Kekurangan gizi pada usia dini diawal daur kehidupan terbukti memberikan dampak yang berat. Penelitian ini bertujuan mengetahui insiden kekurangan gizi pada baduta dan pasca baduta serta pengaruhnya pada prestasi belajar numerik dan verbal pada anak usia sekolah dasar. Penelitian dengan desain kohort retrospektif yang dilakukan pada 1200 sampel anak ini memperlihatkan hasil yang sangat konsisten mendukung penelitian sebelumnya. Semakin dini seorang anak menderita gizi kurang, semakin besar risiko untuk mengalami prestasi belajar yang rendah. Risiko prestasi verbal yang rendah pada anak usia baduta dengan gizi kurang dan setelah baduta adalah 6,5 dan 5 kali lebih tinggi daripada yang dengan gizi baik. Risiko prestasi numerik yang rendah pada anak dengan gizi kurang ketika usia baduta dan setelah baduta 25 dan 15 kali lebih besar daripada yang gizi baik. Prestasi verbal sangat berfluktuasi sesuai dengan status gizi individu sepanjang hayat. Sebaliknya, prestasi numeri, terlihat hanya dipengaruhi oleh status gizi pada usia balita. Gizi yang baik pada anak baduta dan pasca baduta dapat mencegah prestasi belajar yang rendah 44% dan 30%, tetapi untuk potensi belajar numerik, masing-masing dapat mencegah 80% dan 63%. Skor verbal sangat dipengaruhi oleh kondisi atau fluktuasi status gizi pada daur kehidupan, tetapi skor numerik hanya dipengaruhi status gizi individu pada lima tahun pertama kehidupan.

Kata kunci : Status gizi, prestasi belajar

Abstract

The success of national development is determined by availability of qualified human resources, which is essentially determined by nutritional status. About 1.3 milion malnourished children are predicted to lost around 22 million IQ points. Early malnutrition is known to have a great impact on later growth and development. The objective of this study is to investigate the incidence of malnutrition among children age under two years and post two years and their effect on verbal and numeric learning performance. This retrospective cohort study which was conducted on 1200 children shows consistent results that the earlier a child experienced malnutrition the lower the performance. The risk of having low verbal performance among malnourished children were 25 (children age under two years) and 15 times (children more than 2 years) greater compared to those of normally nourished children. Verbal performance is related to longlife nutrition status while numeric performance is more related to the first five-years of life. Good nutrition status could prevent low verbal performance of 44% and 30% for children under 2 year of age and children more than 2 year, respectively and help prevent 80% and 63% of low numeric performance.

Keywords: Nutritional status, learning performance


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21109/kesmas.v3i4.221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.