About the Site

Kesmas Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional atau sebut saja Jurnal Kesmas merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia sejak Agustus 2006. Dari awal berdiri hingga Juni 2012 Jurnal Kesmas terbit dua bulan sekali dan mulai Agustus 2012 Jurnal Kesmas terbit setiap bulan. Jurnal Kesmas tersebar luas di 33 provinsi di Indonesia dan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 83/DIKTI/Kep/2009 tanggal 6 Juli 2009, Jurnal Kesmas diakui sebagai jurnal ilmiah nasional terakreditasi. Kemudian, pada tanggal 24 Juli 2012 diterbitkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 56/DIKTI/Kep/2012 Jurnal Kesmas diakui kembali sebagai jurnal ilmiah nasional terakreditasi.

Jurnal Kesmas dibaca secara luas di seluruh Indonesia oleh para akademisi, profesional dan birokrasi. Para birokrasi kesehatan meliputi Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten dan Kota, rumah sakit pemerintah dan swasta, perguruan tinggi bidang kesehatan baik pemerintah maupun swasta, instansi kesehatan seperti klinik, apotik serta lembaga penelitan bidang kesehatan.

Artikel yang dipublikasi dalam Jurnal Kesmas disajikan dalam bahasa Indonesia yang baku dan mudah dimengerti oleh para pembaca yang mencakup mahasiswa, staf pengajar, profesional, dan birokrasi bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Kesmas dijadikan bahan bacaan dan rujukan yang menyajikan informasi terkini disiplin ilmu kesehatan masyarakat. Disiplin ilmu kesehatan masyarakat yang berkembang pesat tersebut mencakup Epidemiologi, Biostatistik, Gizi Kesehatan Masyarakat, Kebijakan dan Administrasi Kesehatan, Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Kesehatan Lingkungan. Jurnal Kesmas menghimpun artikel ilmiah bidang kesehatan masyarakat baik berupa artikel kebijakan, artikel hasil penelitian, maupun artikel konsep karya tulis para peneliti, profesi, dan pengajar dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia.

About this Publishing System