Hubungan Diabetes Melitus Dengan Hipertensi Pada Populasi Obes Di Indonesia (Analisis Data IFLS-5 Tahun 2014) (Relationship Between Diabetes Mellitus And Hypertension In Obesity Populations In Indonesia (Data Analysis Of IFLS-5 In 2014))

Crysti Mei Manik, Sudarto Ronoatmodjo

Abstract


Prevalensi obes di dunia tinggi. Data 2016 menunjukkan bahwa prevalensi obes meningkat 3 kali lipat yakni lebih dari 650 juta orang. Penderita diabetes melitus (DM) dan hipertensi banyak ditemukan pada populasi obes dan hal ini kemungkinan menunjukkan bahwa ada hubungan antara DM dengan hipertensi pada populasi obes. Di Indonesia prevalensi obes adalah 15.4%, DM 6.9% dan hipertensi 26.5%. Penelitian ini bertujuan melihat apakah ada hubungan DM dengan hipertensi pada populasi obes di Indonesia dengan menggunakan data The Indonesian Family Life Survey kelima (IFLS-5) Tahun 2014. Desain penelitian adalah cross-sectional dengan jumlah sampel 712 orang dan analisis data menggunakan Cox regression. Dari 712 orang obes, 12.1% menderita DM. Pada kelompok obes dengan DM terdapat 84.9% hipertensi. Pada kelompok obes tidak DM terdapat 61.7% hipertensi. Nilai Prevalensi Rasio (PR) 1.3 (95% CI; 1.007-1.684), artinya pada populasi obes dengan DM berisiko terjadi hipertensi sebesar 1.3 kali lipat jika dibandingkan dengan terjadinya hipertensi pada populasi obes tanpa DM setelah di kontrol oleh variabel umur dan jenis kelamin. Proporsi hipertensi pada populasi obes di Indonesia adalah 64.5%, DM 12.1% dan hubungan DM dengan hipertensi bermakna. Berdasarkan hasil penelitian perlu peningkatan kualitas kelengkapan data penelitian, program skrining berat badan, tekanan darah dan gula darah secara rutin di masyarakat melalui posbindu PTM untuk mengurangi risiko terjadinya hipertensi, DM dan obes di masyarakat, penelitian lebih lanjut mengenai hubungan DM dengan hipertensi pada populasi obesitas di Indonesia.

Keywords


Populasi Obes, Hubungan, DM, Hipertensi, IFLS-5.

Full Text:

PDF

References


Yusharmen. Petunjuk Teknis Pengukuran Faktor Risiko Diabetes Mellitus. Jakarta: Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI; 2011.

Setiati S, Alwi I, Sudoyo A, Simadibrata M, Setyohadi B, Syam A. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Ke-6 jilid. Jakarta Pusat: Interna Publishing (Pusat Penerbitan Ilmu Penyakit Dalam) Universitas Indonesia; 2014.

Chan M. A Global Brief on Hypertension; Silent Killer, Global Public Health Crisis; World Health Day 2013. Geneva: World Health Organization; 2013.

Whelton P, Carey R. Guideline For The Prevention, Detection, Evaluation, and Management Of High Blood Pressure In Adults. . American College Of Cardiology Foundation and The American Heart Association; 2017.

Soegondo S, Sukardji K. Hidup Secara Mandiri dengan DM (Kencing Manis, Sakit Gula). Jakarta: Balai Penerbit FKUI; 2008.

Chan M, Roglic G, Barcelo A, Colagiuri S. Global Report On DIabetes. Switzerland: World Health Organization; 2016.

Peter A, Joshua E, Daughter O, Nelson E. Co-Morbidities of Patients with Hypertension Admitted to Amassoma General Hospital, Bayelsa State South-South of Nigeria. Glob J Pharm Pharm Sci. 2017;2(4).

Pappachan J, Chacko E, Arunagirinathan G, Sriraman R. Management of Hypertension and Diabetes in Obesity: Non-Pharmacological Measures. Int J Hypertens. 2011;6.

Zanella M, Kohlman O, Ribeiro A. Treatment of Obesity Hypertension and Diabetes Syndrome. Am Hear Assoc [Internet]. 2001;Brasil. Available from: https://www.ahajournals.org/

Sugerman H, Wolfe L, Sica. DA, Clore J. Diabetes and Hypertension in Severe Obesity and Effects of Gastric Bypass-Induced Weight Loss. Ann Surg. 2003;Vol. 237:751–758.

Soelistijo S, Novida H, Rudijanto A, Soewondo P, Suastika K. Konsensus Pengelolaan dan Pencegahan DM Tipe 2 di Indonesia. Jakarta: PB. Perhimpunan Endokrinologi Indonesia (PERKENI); 2015.

Rahajeng E, Rivai L, Andinisari S. Pedoman Teknis Penemuan dan Tatalaksana Hipertensi. Jakarta: Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta; 2013.

Hastono S. Analisis Data Pada Bidang Kesehatan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada; 2016.

Kleinbaum D., Klein M. Logistic Regression, a self-learning text. 3rd ed. New York: Springer; 2010.

Aljabri K, Bokhari S, Alshareef M, Khan P, Aljabri B. Type 2 Diabetes and Hypertension among Saudi Patients with Obesity. Archives of Diabetes & Obesity. Lupine Publ. 2018;




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/epidkes.v3i1.3164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.