Evaluasi Sistem Informasi Surveilans Malaria (SISMAL) di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Kota Malang

Muhammad Irvan Indrayana, Iwan Ariawan

Abstract

Malaria merupakan salah satu penyakit menular yang memiliki potensi tinggi dalam penyebarluasan penyakit. Berdasarkan dari Badan Pusat Statistik, Jawa Timur memiliki 7.256 kasus malaria suspek dan di kota Malang memiliki 11 kasus suspek pada tahun 2020 dan mayoritas berasal dari kasus impor dimana pasien berasal atau pernah melakukan perjalanan di luar wilayah Kota Malang yang kemudian merasakan gejala dan melakukan pemeriksaan di Kota Malang. Sistem Informasi Surveilans Malaria (SISMAL) adalah instrumen guna melakukan kegiatan pencatatan, pelaporan dan untuk meningkatkan validitas dan kelengkapan dalam pelaporan data malaria yang merupakan salah satu hal penting untuk mendukung terselenggaranya sistem Surveilans yang baik. Sistem Informasi ini digunakan oleh semua pemangku kepentingan, terutama Dinas Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah SISMAL serta penerimaan pengguna di Dinas Kesehatan Kota Malang dan Puskesmas Pandanwangi, Puskesmas Gribig dan Puskesmas Cisadea. Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus serta metode Hot-Fit dengan pengambilan data melalui wawancara dan observasi. Penelitian ini menunjukkan SISMAL dapat menurunkan kesalahan dalam pelaporan dan pencatatan menjadi lebih baik sehingga meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam pekerjaan, meskipun terdapat pengguna yang merasa bahwa penggunaan SISMAL di Puskesmas masih belum merasa terampil dalam menggunakan SISMAL karena jarang digunakan dan belum mendapat pelatihan secara khusus.

Keywords

Malaria, evaluasi, sistem informasi, Hot-Fit, SISMAL

Full Text:

PDF

References

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Infodatin: Malaria. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2016.

WHO. World Malaria Report 2021. Geneva: World Health Organization; 2021.

Dihni VA. Kasus Malaria di Indonesia (2018-2021) [Internet]. Databoks Katadata. 2021 [cited 2022 Nov 2]. Available from: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/20/sebanyak-94610-kasus-malaria-terjadi-di-indonesia-pada-2021

BPS Provinsi Jawa Timur. Jumlah Kasus Penyakit Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Penyakit di Provinsi Jawa Timur, 2020 [Internet]. BPS Provinsi Jawa Timur. 2020 [cited 2022 Nov 2]. Available from: https://jatim.bps.go.id/statictable/2021/09/06/2227/jumlah-kasus-penyakit-menurut-kabupaten-kota-dan-jenis-penyakit-di-provinsi-jawa-timur-2020.html

Desita MY, Riwu YR, Limbu R. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Surveilans Malaria dalam Mendukung Eliminasi Penyakit Malaria di Kabupaten Kupang. Media Kesehat Masy. 2021;3(2):165–74.

Yusof MM, Kuljis J, Papazafeiropoulou A, Stergioulas LK. An evaluation framework for Health Information Systems: human, organization and technology-fit factors (HOT-fit). Int J Med Inform. 2008 Jun;77(6):386–98.

Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Draft Petunjuk Teknis Pencatatan dan Pelaporan Program Malaria Menggunakan Aplikasi SISMAL. Jakarta: Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta; 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.