Analisis Spasial Penyakit Tuberkulosis Paru di Kalimantan Tengah Tahun 2017

Grahyta Dhamayanti, Martya Rahmaniati

Abstract

Pada Tahun 2017 ditemukan jumlah kasus baru TB Paru di Kalimantan Tenggah sebanyak 2033 kasus, lebih banyak bila dibandingkan dengan jumlah penemuan kasus pada tahun 2016 sebanyak 1580 kasus. Tujuan penelitian ini yaitu diketahuinya analisis spasial TB Paru di Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan desain studi ekologi dan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan model analisis spasial. Data kasus TB Paru di Provinsi Kalimantan Tengah diperoleh dari BPS Kalimantan Tengah. Jumlah kasus TB Paru tertinggi ada di Kota Palangka Raya, diikuti Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat. Kepadatan penduduk, rumah tangga pra sejahtera, rumah sehat ber PHBS, sanitasi rumah tangga dan fasilitas pelayanan kesehatan menjadi faktor-faktor penentu terjadinya kasus TB Paru yang bervariasi pada setiap wilayah kabupaten kotanya. Beragamnya faktor penentu kasus TB Paru, sehingga diperlukan intervensi dan program kebijakan untuk menanggulangi TB Paru yang diprioritaskan pada karakteristik masing-masing daerah serta memperhatikan faktor risiko yang paling berkorelasi pada masing-masing wilayah.

Keywords

analisis spasial, tuberkulosis paru, sistem informasi geografis (SIG)

Full Text:

PDF

References

Achmadi UF. Manajemen Penyakit Berbasis Wilayah. Jakarta: Kompas; 2008.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah. Profil Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2017. Palangkaraya: Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah; 2017.

Kelsey JL, Whittemore AS, Evans AS. Methode in Observational Epidemiology: Second Edition. New York: Oxford University Press; 1996.

BKKBN. Batasan Dan Pengertian MDK [Internet]. BKKBN. 2011. Available from: http://aplikasi.bkkbn.go.id/mdk/BatasanMDK.aspx

Kurniawan DA. Hubungan PHBS dengan Kejadian Tuberculosis Paru pada Warga di Kelurahan Jaraksari, Wonosobo, Jawa Tengah. [Yogyakarta]: STIKES Aisyiyah Yogyakarta; 2010.

Simbolon D. Pemetaan dan Analisis Spasial factor Risiko TB Paru di Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi Tahun 2018. [Medan]: Universitas Sumatera Utara; 2018.

Dewi RRK, Selviana. Analisis Spasial dan Gambaran Kejadian TB Paru pada Masyarakat di Wilayah Perbatasan Pontianak. Jurnal Vokasi Kesehatan. 2019;5(1).

Ruswanto B. Analisis Spasial Sebaran Kasus Tuberkulosis Paru Ditinjau dari Faktor Lingkungan Dalam dan Luar Rumah di Kabupaten Pekalongan. [Semarang]: Universitas Diponogoro; 2010.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.