Strategi Pemasaran Pelayanan Home Care Rumah Sakit Umum Bhakti Rahayu Denpasar

I Nyoman Gede Bayu Wiratama Suwedia, Maria Wahyu Daruki

Abstract


ABSTRAK

Perubahan pola penyakit menjadi penyakit degeneratif dan penyakit kronis semakin berkembang belakangan ini dan banyak rumah sakit yang belum mengembangkan pelayanan penyakit kronis. Rumah Sakit umum Bhakti Rahayu memiliki salah satunya layanan Home Care (HC) yang sudah berjalan tetapi belum berkembang dengan baik karena kurangnya pemasaran kepada pasien dengan kategori dan diagnosa penyakit yang dapat dilakukan perawatan HC, sehingga perlu dilakukan pengembangan dan perencanaan strategi dalam pemasaran layanan home care sebagai salah satu pendapatan rumah sakit. Studi ini dilakukan dengan menggunakan pola observasi dan partisipasi; wawancara mendalam pada petugas home care, pasien, dan direktur. Berdasarkan hasil studi, didapatkan informasi bahwa peluang dan potensi pengembangan HC dengan pola penentuan strategi yang tepat dapat membawa kearah yang baik sebagai salah satu pos pendapatan untuk di rumah sakit dengan mengutamakan kepuasan pasien sehingga keinginan pasien untuk membayar dapat terjadi dan pasien merasa nyaman dengan pelayanan yang diberikanevaluasi kualitas pelayanan yang berkelanjtan dan peningkatan skill dan perbaikan produk yang ditawarkan serta harga yang sesuai dapat menjadi nilai tawar yang cukup baik. Maka, dapat disimpulkan bahwa prospek pengembangan pelayanan HC di RS Umum Bhakti Rahayu cukup besar. Alternatif strategi pemasaran pada pasien yang berkunjung dan rawat inap serta menawarkan melalui media sosial dapat menjadi poin yang cukup kuat dalam memasarkan produk yang di tawarkan.

 

ABSTRACT

Changes in the pattern of diseases to degenerative diseases and chronic diseases are growing lately and many hospitals have not yet developed chronic disease services. Bhakti Rahayu General Hospital has one of them Home Care (HC) services that has been running but has not developed well due to the lack of marketing to patients with categories and diagnoses of diseases that can be treated with HC, so it is necessary to develop and plan strategies in marketing home care services as one of the hospital's earnings. This study was conducted using a pattern of observation and participation; in-depth interviews with home care officers, patients and directors. Based on the results of the study, information was obtained that the opportunities and potential for developing HC with a pattern of determining the right strategy can lead to good direction as one of the income posts for the hospital by prioritizing patient satisfaction so that the patient's desire to pay can occur and the patient feels comfortable with the service provided. given an ongoing quality of service and improved skills and product improvements offered and the appropriate price can be a pretty good bargaining value. So, it can be concluded that the prospect of developing HC services in Bhakti Rahayu General Hospital is quite large. Alternative marketing strategies for visiting and hospitalized patients and offering through social media can be a strong enough point in marketing the products offered.


Keywords


home care; marketing; strategy

Full Text:

PDF

References


Kotler P. (2003) Marketing Management 11th Edition. Pearson Prentice Hall. New Jersey.

Schwartz PJ, Blumenfield S, Simon EP. The Interim Homecare Program: An Innovative Discharge Planning Alternative. Health & Social Work. 1990;15 (2):152-60.

Stevens LM, Lynm C, Glass RM. (2002) Home Health Care. JAMA, 2002;287(16) April 24.

Tjiptono F, Chandra G. (2005) Service, Quality & Sat isfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Trisnantoro L. (2005) Aspek Strategis Manajemen Rumah Sakit: Antara Misi Sosial dan Tekanan Pasar. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Wiguna M. (1996) Persepsi Kalangan Medis dan Pasien terhadap Gagasan Produk Pelayanan Kesehatan Rawat Rumah (Home Care) di Jakarta. Majalah Ilmu Fakultas Kedokteran USAKTI, 1996;15(2):1527-45.

Zang SM, Bailey NC. (2004) Home Care Manual: Mak-ing the Transition. Lippincott Williams & Wilkins, Inc, USA




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v6i1.3677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.