Faktor Harga dalam Strategi Pemasaran Rumah Sakit

Silvia Evalina Tarigan, Retno Dewi Sulistyowati, Melanie Vandauli, Mia Mariani, Petra Ade Paramita Lestari, Prisca Gisella

Abstract


Salah satu unsur dari strategi pemasaran adalah marketing mix. Marketing mix semakin berkembang terutama dalam bidang jasa, tidak hanya meliputi 4P, namun mencakup 7P. Konsep 7P terdiri dari (product, price, place, promotion, people, process, dan physical environment) yang digunakan untuk mengambil keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran. Dalam studi literatur ini, khususnya akan dibahas terkait faktor harga dalam strategi pemasaran rumah sakit. Studi literatur ini menggunakan metode analisis dari berbagai sumber seperti buku teks, artikel jurnal dan e-book terkait faktor harga dalam strategi pemasaran rumah sakit. Penetapan harga diklasifikasikan berdasarkan tiga pendekatan antara lain cost oriented pricing, demand oriented pricing, dan competition oriented pricing. Terdapat empat strategi harga dalam pemasaran yaitu premium strategy, over charging strategy, good value strategy, dan economic strategy. Keputusan penetapan harga perusahaan dapat didasarkan pada tujuan pemasaran, strategi bauran pemasaran, dan biaya.

Keywords


Price; Marketing Mix; Marketing Strategy; Hospital

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v6i3.3668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.