ANALISIS PRODUK LAYANAN RAWAT INAP DI RSUD WANGAYA DENPASAR BERDASARKAN STP DAN 4P (PRODUCT, PRICE, PLACE DAN PROMOTION)

Ni Putu Sri Wahyuni

Abstract


Strategi pemasaran jasa pelayanan akan efektif apabila mampu meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menerapkan bauran pemasaran yang terdiri dari 4 P (product, price, place, promotion) dan didukung dengan strategi pemasaran modern STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) sebagai teknik untuk menangkap peluang pasar, sehingga rumah sakit mampu menyajikan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif, yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan tentang suatu keadaan secara objektif, untuk memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi. Data yang digunakan adalah data sekunder yang meliputi data kunjungan pasien rawat inap, data tingkat hunian ruang rawat inap, dan data kepuasan masyarakat di ruang rawat inap. Strategi pemasaran dengan konsep segmentasi, target dan posisi serta didukung oelh bauran pemasaran yang tepat merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Strategi pemasaran pada Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Denpasar sudah cukup baik, hal ini terlihat dari tanggapan pasien rawat inap cukup positif karena telah mendapatkan penjelasan tentang jenis layanan, prosedur layanan dan informasi biaya dari pihak rumah sakit

Keywords


Pelayanan; Strategi Pemasaran; Marketing Mix

Full Text:

PDF

References


Abdul Manaf, (2016), Revolusi Manajemen Pemasaran, Jakarta : Mitra Wacana Media.

Assauri, Soffjan, (2018), Manajemen Bisnis Pemasaran, Jakarta, Rajawali Pers.

Husniati, Evi dan Jauhari, Tantowi, (2018), Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Pelanggan, Jurnal Ekonomi Universitas Kediri, Vol 3, No 1.

Rambat Lupioadi (2013) Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Edisi 3, Jakarta : Salemba Empat.

Rifki Kafa, (2013) Pengaruh Bauran pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih Jasa Rumah Sakit, Jurnal ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. VIII, No 1.

Undang - Undang Nomor 44 Tahun 2009 (2020, Desember 30) tentang Rumah Sakit (online). Available : http://www.hukor.depkes.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v6i3.3664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.