STRATEGI PLACE DALAM PEMASARAN RUMAH SAKIT DI INDONESIA; SYSTEMATIC REVIEW

Herlin Putri Tanjung, Dyani Kusumowardhani, Megadianty Mokoginta, Asriyanti Bandaso, Lili Marliani

Abstract


Rumah sakit harus mempunyai perencanaan strategi pemasaran yang baik, bermutu dan berkualitas, untuk meningkatkan minat pasien menggunakan jasa pelayanannya. Bauran pemasaran merupakan strategi pemasaran terdiri atas product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence. Strategi Place mengacu pada kemudahan konsumen mengakses layanan. Untuk itu ingin diketahui bagaimana peran strategi place dalam bauran pemasaran rumah sakit di Indonesia. Systematic review ini menggunakan metode PRISMA. Penelusuran menggunakan database elektronik Google Scholar dan Garuda Ristekdikti. Kriteria inklusi yaitu artikel penelitian, diterbitkan tahun 2010 sampai tahun 2019, dan dilakukan di Indonesia. Kata kunci adalah “Marketing Mix”, Hospital, Place, dan Indonesia. Terdapat 15 artikel yang memenuhi syarat untuk di review. Enam artikel menunjukkan strategi place mempengaruhi pemasaran rumah sakit. Empat artikel tidak mempengaruhi. Tiga artikel menyimpulkan bahwa ke tujuh bauran pemasaran saling mempengaruhi. Dua artikel memberikan rekomendasi strategi place untuk pemasaran. Pengaruh strategi place dalam pemasaran rumah sakit tergantung pada kondisi eksternal dan internal rumah sakit tersebut. Perlu dilakukan kombinasi dan koordinasi terhadap strategi yang terdapat pada bauran pemasaran tidak hanya strategi place saja yang diprioritaskan agar pemasaran dapat dilakukan dengan efektif.

Keywords


Bauran Pemasaran; Strategi Place; Pemasaran Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Agustine, E. D., & Sulistiadi, W. (2018). Analisis Elemen Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Rumah Sakit: Systematic Review. Jurnal Administrasi Rumah Sakit.

Arismen, & Sulistiadi, W. (2019). Srategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan RSD Kol. Abundjani Bangko di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). DLSU Business&Economics Review, 28, Nomor.

Bur, N., & Suyuti, S. (2019). Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Pemanfaatan Layanan Kesehatan Pasien Umum Rawat Inap RSUD Kota Makassar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9, Nomor 1.

Fajar, N. A., & A.Yosef. (2019). Analisis Determinan Bauran Pemasaran pada Poliklinik Rawat Jalan RSK dr. Rivai Abdullah Palembang. Jurnal Kesehatan, 10, Nomor.

Farantika, D. Y., Witcahyo, E., & Utami, S. (2019). Association between Marketing Mix and Decision Process for Choosing Outpatient Health Services. Unnes Journal of Public Health, 8, Nomor 1.

Heningnurani. (2019). Strategi Pemasaran RSUD H Abdul Manap Kota Jambi. Jurnal Administrasi Rumah Sakit, 5, Nomor 3.

Kahendra, F., & Wibowo. (2019). The Patient Perception about Marketing Mix on Utilization of Inpatient Service at Dolopo Hospital 2017. Aloha International Journal of Management Advancement (AIJMA), 1, Number

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Education Limited.

Latifah. (2019). Pengambilan Keputusan Pasien dalam Pilihan Rumah Sakit Rujukan di RSUD Kota Subulussalam Tahun 2018. Retrieved from http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/16564

Layantara, S. (2016). Evaluasi Perkembangan BBQ Street Menggunakan Teori Marketing Mix 7P terhadap Fenomena Food Truck di Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(2), 242–250.

Leawaty, & Sulistiadi, W. (2018). Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dengan Loyalitas Pelanggan: Systematic Review. Jurnal Administrasi Rumah Sakit.

Mardiah, & Sulistiadi, W. (2019). The Role of Hospital Marketing Mix to the selection of the Hospital Consumer. Proceedings of International Conference on Applied Science and Health, 4.

Napirah, M. R., Rau, M. J., & Hadijah. (2016). The Relationship between Marketing Mix and Patient Loyalty in Intensive Care Unit, Anutapura Public Hospital Palu. Public Health of Indonesia, 2, Nomor 3, 125–137.

Nisa, I., & Mudayana, A. A. (2019). Hubungan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Memilih Unit Rawat Jalan Di Rumah Sakit Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Retrieved November 13, 2019, from http://eprints.uad.ac.id/14768

Nugraha, & Thabrany. (2017). Pemasaran Poli Bedah Estetik Bali Royal Hospital (Bros) Denpasar. Jurnal Administrasi Rumah Sakit, 4,Nomor 1.

Rahmawati. (2018). Analisis Produk Layanan Rumah Sakit dalam Lingkup Bauran Pemasaran. Jurnal Administrasi Rumah Sakit.

Republik Indonesia. (2009). Undang Undang RI No. 44 tentang Rumah Sakit.

Yuliantin, T., Indasa, & Siyoto, S. (2018). Analysis of Marketing Mix Characteristics of Marketing Factor 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Building) to Patient Satisfaction of Inpatient Patient Hospital Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kediri City. Journal for Quality in Public Health, 1, nomor 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v6i3.3560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.