STRATEGI PEMASARAN MODALITAS RADIOLOGI MRI DENGAN METODE ANALISIS SEGMENTASI,TARGET,DAN POSISI DI RS HARAPAN KELUARGA MATARAM

Handi Wirawan, Handi Wirawan

Abstract


Semakin banyaknya rumah sakit di Indonesia, serta semakin tingginya tuntutan masyarakat akan fasilitas kesehatan yang berkualitas dan terjangkau, membuat persaingan industri layanan jasa rumah sakit menjadi sedemikian ketat. Agar dapat bersaing secara lebih efektif, rumah sakit perlu menerapkan strategi pemasaran. Penelitian ini merupakan suatu penelitian di bidang manajemen pemasaran rumah sakit, khususnya mengenai analisis segmen, target, posisi pasar dan diferensiasi produk layanan pada unit rawat inap umum RSHK Mataram.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bukti empiris tentang pengaruh Strategi Segmentasi, Penargetan, dan Positioning Terhadap strategi pemasaran modalitas radiologi mri. RSHK merupakan rumah sakit memiliki teknologi radiologi paling lengkap di Lombok dan yang diunggulkan salah satunya MRI. namun dari sistem serta kegiatan investasi yang dilakukan belum berjalan secara maksimal di RSHK.  Penelitian ini didasarkan pada kondisi dimana setiap pasien yang membutuhkan pemeriksaan penunjang MRI pada indikasi tertentu untuk menegakan diagnosa.


Keywords


STP, strategi pemasaran, radiologi, rumah sakit

Full Text:

PDF

References


• Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 jilid Jakarta: Elangga.

• Sari Dewi Handayani, Segmentasi Targeting Positioning, Hlm.5-6. Diakses Pada Tanggal

Januari 2018, Pukul 21.38 Darim http://saridewihidayani.multiply.com/journal/item/11.

• Azizah. 2013. Analisis Pengaruh Strategi Segmentation, Targeting dan Positioning (STP) Terhadap Penjualan Produk Asuransi Fullnadi. Jurnal. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/7033/1/takdir%20pdf.pdf. Diakses pada tanggal 16 november 2018

• Depkes RI. Standar Pelayanan Rumah Sakit. Edisi II Cetakan kelima, Jakarta, 1999.




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v6i2.3547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.