Analisis Elemen Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Rumah Sakit: Systematic Review

Elisabeth Dewi Agustine, Wahyu Sulistiadi

Abstract


ABSTRAK

Peningkatan jumlah rumah sakit meningkatkan iklim persaingan di bidang pelayanan medis rumah sakit. Rumah Sakit harus mempunyai strategi pemasaran yang tepat untuk mempertahankan pelanggan (pasien) lama. Karena mencari pelanggan baru memelukan biaya yang yang lebih besar dan lebih sulit bila dibandingkan mempertahankan pasien lama. Penggunaan bauran pemasaran pada industri rumah sakit, dapat menjadi alat untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Mengetahui elemen bauran pemasaran yang mempengaruhi loyalitas pelanggan rumah sakit. Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta Analyses (PRISMA) adalah metode berbasis bukti untuk melakukan tinjauan sistematis. 1.Terdapat 33,33 % dari 9 penelitian yang menyebutkan 7 elemen (product, price, place, people, process, physical evidence, promotion) pada bauran pemasaran yang semuanya mempengaruhi loyalitas pasien rumah sakit.2.Pada ke-9 penelitian elemen bukti fisik memberi pengaruh pada loyalitas pasien terhadap rumah sakit, dimana pada 33,33 % penelitian, elemen bukti fisik memberikan pengaruh dominan.3. Dari 5 penelitian yang menemukan elemen bauran pemasaran yang tidak mempengaruhi loyalitas pelanggan, elemen harga dan promosi menempati persentase paling kecil yaitu 20 %. Hal ini menunjukkan elemen harga dan promosi lebih bisa memberikan pengaruh terhadap loyalitas dibandingkan produk, petugas, proses dan tempat. Bauran pemasaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pasien terhadap rumah sakit. Tidak semua dari 7 elemen bauran pemasaran (product, price, place, people, process, physical evidence, promotion) bisa memberikan pengaruh terhadap loyalitas pasien, hal ini tergantung dari kondisi internal maupun eksternal rumah sakit. Rumah sakit harus melakukan evaluasi secara berkelanjutan terhadap ke-7 elemen, agar dengan dilakukannya evaluasi, disertai komunikasi dan koordinasi yang baik diharapkan program-program pemasaran rumah sakit dapat berjalan dengan efektif.

 

ABSTRACT

Increasing the number of hospitals improves the competitive of medical services. Hospitals must have the right marketing strategy to retain old customers and attract new customers. To increase of the hospital customer loyalty, the marketing mix can be use as tool. Aim: To know the marketing mix elements that influence the loyalty of hospital customers. Preferred report items for systematic reviews and meta-analyzes (PRISMA) are evidence-based methods for performing systematic reviews. There are 33.33% of the 9 studies that mention 7 elements (product, price, place, people, process, physical evidence, promotion) in the marketing mix, all of which affect the loyalty of hospital patients. The physical evidence influences the patient's loyalty to the hospital, where physical evidence has a dominant influence in 33.33% of the study. Five among of nine studies founded elements of the marketing mix that did not affect customer loyalty. The prices and promotion elements occupied the lowest percentage of 20%. It showed that the price and promotion elements can influence loyalty more than products, officers, processes and places. Not all 7-element of marketing mixes can influence the loyalty of patients, it’s depends on the internal and external circumstances of the hospital. Continuousing evaluation, communication and coordination are expected to be effective in the hospital marketing program.


Keywords


mix marketing; mix marketing elements; hospital customers loyalty

Full Text:

PDF

References


(1) A brief summary of marketing and how it works (2015). Available at: https://www.cim.co.uk/media/4772/7ps.pdf (Accessed: 20 December 2018).

(2) AH, A. Y., Indar, I. and Arifin, A. (2016) ‘HUBUNGAN ANTARA BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN DI RAWAT INAP RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA’, Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 10(2), pp. 117–123. doi: 10.30597/MKMI.V10I2.503.

(3) Amelia, R. et al. (2014) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR 2013, Jurnal AKK. Available at: https:// media.neliti.com/media/publications/8235-ID-pengaruh-bauran-pemasaran-terhadap-loyalitas-pasien-rawat-jalan-di-rumah-sakit-u.pdf (Accessed: 19 December 2018).

(4) Bahari, C. and Siaga, A. R. (2018) ‘PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT PETROKIMIA GRESIK’, GEMA EKONOMI, 7(1), pp. 10–27. Available at: http://journal.unigres.ac.id/index.php/GemaEkonomi/article/view/728/574 (Accessed: 19 December 2018).

(5) Dewi Wijayanti, S., Yusran Amir, M. and Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, I. (2014) Relationship Marketing Mix with Patient Loyalty in the Outpatient Unit General Hospital Makassar. Available at: http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/1234 56789/10414/SHINTA DEWI WIJAYANTI K11110251.pdf;sequence=1 (Accessed: 19 December 2018).

(6) Kusumo, M. P. (2016) ‘Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul’, Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 5(2), pp. 107–111. doi: 10.18196/jmmr.5113.

(7) Radfan Rumah Sakit Paru Batu Djumahir Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Tita Hariyanti Program Magister Manajemen Rumah Sakit Fakultas Kedokteran, N. (2015) Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Paru Rumah Sakit Paru Batu, JUNI. Available at: http://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/viewFile/763/722 (Accessed: 11 Decem ber 2018).

(8) Rengkuan, S. R. et al. (2015) Hubungan Antara Persepsi Pasien Umum tentang Bauran Pemasaran Jasa dengan Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Jalan RS Advent Manado Correlation between General Patient Perception of Services Marketing Mix with Patients Loyalty in the Outpatient Unit in R. Available at: https:// ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jikmu/article/viewFile/7174/6685 (Accessed: 11 Dece mber 2018).

(9) Sari, C. C. and Andri, S. (2014) ‘PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT AWAL BROS PEKANBARU’, Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 1(2), pp. 1–9. Available at: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/ view/3284 (Accessed: 11 December 2018).

(10) Sembor, P. E. N. et al. (2015) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PASIEN UMUM TENTANG BAURAN PEMASARAN JASA DENGAN LOYALITAS PASIEN DI UNIT RAWAT JALAN RUMAH SAKIT SILOAM MANADO. Available at: http://ejournalhealth.com/index.php/t2/article/viewFile/134/130 (Accessed: 11 Decem ber 2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/arsi.v4i1.2837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.